Tips Tampil Gaya Sesuai Bentuk Tubuh

responsive

Tips Tampil Gaya Sesuai Bentuk Tubuh

Tubuh akan tampak lebih sempurna dengan busana yang tepat. Cara berbusana mencerminkan kepribadian seseorang. Berbusana luwes dan sesuai bentuk tubuh membuat orang merasa percaya  diri.

Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda-beda dan tidak semua wanita memiliki bentuk tubuh yang ideal. Namun, memiliki bentuk tubuh yang tidak ideal bukan berarti Anda tidak bisa tampil gaya. Anda bisa tetap tampil modis dan gaya jika Anda bisa mensiasati bentuk tubuh. Jadi, pertama yang harus Anda lakukan adalah kenalilah terlebih dahulu karakter tubuh Anda sebelum memilih busana yang tepat.

responsive

Bagaimana cara berbusana yang sesuai dengan bentuk tubuh? Simak tips memilih model busana yang sesuai dengan bentuk tubuh Anda sebagai berikut :

  1. Tubuh Lurus

Bagi yang bertubuh lurus, pilihlah pakaian yang bisa membuat tubuh terlihat lebih berisi dan berbentuk. Beberapa model pakaian yang bisa Anda pilih sebagai berikut :

  1. Jika mengenakan gaun, pilihlah potongan rok yang mengembang.
  2. Kenakan bawahan yang bervolume. Anda bisa menggunakan rok lipat atau dengan rimple sehingga memberi kesan tubuh bagian bawah lebih berisi.
  3. Kenakan kemeja yang dipadu dengan rompi atau vest atau Anda juga bisa menganakan pakaian dengan aksen renda dan lipit.
  4. Anda bisa menggunakan baju dengan detail di beberapa bagian, seperti kerut, frill, dan pita.
  5. Kenakan jaket, atasan atau terusan yang memiliki potongan di pinggang. Anda juga bisa mengenakan ikat pinggang besar atau pita yang diikat di pinggang.
  6. Kenakan atasan dengan ruffles karena bisa mengalihkan perhatian dari bentuk tubuh yang lurus

Bagi Anda yang bertubuh lurus sebaiknya hindari busana sebagai berikut :

  1. Pakaian yang terlalu longgar karena bisa membuat lekuk tubuh semakin tidak terlihat.
  2. Pakaian berbahan ringan dan jatuh karen akan membuat tubuh terlihat semakin lurus
  3. Pakaian yang terlalu ketat karena dapat mempertegas bentuk tubuh yang lurus
  1. Tubuh Dengan Pinggul Besar

bagi Anda yang memiliki tubuh dengan pinggul besar, simaklah tips-tips berbusana sebagai berikut :

  1. Bawahan yang simpel atau tidak banyak detail, seperti rok lurus atau rok pensil yang bisa membuat Anda terlihat seksi
  2. Atasan dengan detail seperti kerah lebar atau bahu agak terbuka untuk mengalihkan perhatian orang dari bagian bawah tubuh Anda.
  3. Bawahan dengan warna-warna gelap akan merampingkan bagian bawah tubuh Anda
  4. Celana panjang pipa lebar dapat mengimbangi bentuk tubuh Anda
  1. Tubuh Mungil

bagi Anda yang memiliki tubuh mungil, pilihlah pakaian yang bisa menonjolkan bentuk tubuh Anda dan tetap pertahankan kerapihannya. Beberapa jenis pakaian yang bisa Anda pilih sebagai berikut:

  1. pilihlah aksesoris yang mempunyai struktur tidak terlalu besar.
  2. kenakan rok dengan panjang selutut agar Anda terlihat lebih tinggi
  3. pakailah sepatu dengan hak sekitar 5 cm

Jenis busana yang harus dihindari oleh Anda yang bertubuh mungil sebagai berikut :

  1. celana dengan model pipa lebar karena Anda akan t erlihat lebih mungil.
  2. Sepatu dengan hak yang terlalu tinggi karena akan mempertegas tinggi tubuh Anda sebenarnya.
  3. pakaian yang berlapis-lapis karena bisa menenggelambakn tubuh mungil Anda
  4. Rok pendek di atas lutut karena bisa membuat Anda terlihat semakin pendek
  1. Tubuh Berbentuk Seperti Apel

Berbentuk tubuh seperti apel  dicirikan dengan bentuknya yang cenderung bulatpendek dan sedikit lebih besar di bagian tengah . beberapa jenis busana yang sesuai dengan bentuk tubuh seperti apel ini adalah sebagai berikut:

  1. Celana yang berpotongan lurus atau celana pensil jik pinggul Anda tidak terlalu besar
  2. Pakaian dengan kerah berbentuk V
  3. Pakaian atas model empire dengan garis potongan empire di bawah dada bisa mengalihkan perhatian dari bagian torso
  1. Tubuh Berbentuk Seperti Pir

Tubuh seperti ini memiliki ciri khas lebih besar di bagian bawah, terutama pinggul dan bokong. Oleh karena itu, siasati dengan mengenakan atasan berwarna lebih cerah daripada bagian bawahnya. Anda bisa memakai jaket yang memiliki potongan bahu yang tegas. Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan tebal dan kaku seperti wol. Sebaliknya, Anda harus menghindari atasan berwarna gelap karena terkesan tubuh bagian bawah semakin besar.

  1. Tubuh Dengan Payudara yang Besar

Bagian Anda yang memiliki payudara besar, janganlah merasa risih atau minder dengan bentuk payudara Anda. Anda tetap bisa tampil percaya diri jika mengenakan busana yang tepat seperti berikut:

  1. Bra yang tepat sesuai dengan bentuk payudara Anda sehingga bisa menampilkan kesan langsing
  2. Atasan dengan kerah bentuk V agar tubuh terlihat jenjang dan untuk mengalihkan perhatian dari dada. Sebaiknya kenakan t anktop di dalamnya untuk menutupi belahan dada.
  3. Jaket atau kaos dari bahan katun yang dapat melekat sempurna pada tubuh sehingga terkesan tubuh bagian atas lebih langsing
  4. Atassan yang berwarna gelap dan bawahan berwarna lebih cerah untuk menyeimbangkan bentuk tubuh.
  1. Tubuh Berbentuk jam Pasir

Bentuk tubuh seperti jam pasir sangat dimpi-impikan oleh setiap wanita. Bentuk tubuh seperti ini dikatakan sangat idel. Bagian tubuh mengecil di pinggang bisa Anda jadikan aset untuk tampil gaya. Beberapa jenis busana yang bisa Anda kenakan untuk tampil lebih menawan bagi Anda pemilih tubuh berbentuk seperti jam pasir adalah sebagai berikut :

  1. gaun dengan potongan rok berbentuk A-line untuk memusatkan perhatian pada pinggang yang langsing
  2. pakaian dengan lekukan di pinggang akan memaksimalkan lekukan pinggang Anda
  3. pakaian berbahan stretch akan membuat Anda terlihat lebih seksi

meskipun bentuk tubuh seperti jam pasir merupakan bentuk tubuh yang idel, tetapi tidak semua jenis pakaian pantas Anda kenakan. Beberapa jenis pakaian yang harus dihindari sebagai berikut :

  1. atasan yang sangat longgar karena bisa membuat tubuh terlihat besar dab lurus
  2. rajutan yang bermotif karena bisa membuat tubuh terlihat gemuk dan besar di bagian dada dan bokong
  3. stretch yang terlalu ketat karena bisa membuat penampilan Anda terlihat murah.

Selain berbusana sesuai bentuk tubuh, pemilihan warna busana juga harus diperhatikan. Sebenarnya, setiap orang sah-sah saja memakai pakaian warna apa pun. Namun, tidak semua warna cocok dengan warna kulit Anda.

  • Kulit Putih

Jika Anda berkulit putih, pilihlah warna yang lembut dan pastel. Misalnya, biru terang, cokelat muda, putih, dan beige. Kunci utamanya, pakaian yang Anda kenakan harus berwarna terang dan bersih. Sebaliknya, Anda harus menghindari warna ungu, merah, oranye dan kuning.

  • Kulit Sawo matang

Bagi Anda yang memiliki kulit sawo matang atau agak kecokelatan, pilihlah warna yang merupakan perpaduan antara warna gelap dan warna terang. Misalnya burgundi, beige, navy, dan pink. Anda harus menghindari warna merah dan cokelat gelap.

  • Kulit Gelap

Bagi Anda yang memiliki kulit yang berwarna gelap, sebaiknya Anda justru memilih pakaian yang warnanya kontras dengan warna kulit Anda. Misalnya, pink, putih, dan abu-abu.anda harus menghindari warna –warna gelap, seperti cokelat gelap, hitam, magenta dan hijau daun.

Itulah warna yang cocok bagi kulit Anda. Anda harus berhati-hati dalam memilih warna pakaian. Kesalahan dalam memilih warna bisa menyebabkan penampilan Anda menjadi kurang menarik karena hal-hal berikut :

  1. Kulit menjadi terlihat kusam dan dekil
  2. Bayangannya dapat memmbuat kesan yang salah tentang besarnya pipi Anda.
  3. Warna gigi terlihat lebih kuning. (wigati HO/Tampil cantik&anggun)

responsive