Tips Perawatan Tangan dan Kuku

responsive
Banyak orang telah menyadari bahwa bersih dan cantik kini bukan hanya diwakili oleh wanginya aroma tubuh saja , tetapi juga kuku tangan dan kaki. Jika dahulu wanita memfokuskan perhatian masalah kecantikannya pada wajah, tubuh, dan rambut, sekarang menjadi lebih detail lagi.
Tangan merupakan salah satu anggota tubuh yang sering digunakan. Oleh karena itu, tangan kita harus terawat. Namun, terkadang wanita sering menyepelekan keindahan tangannya. Bagian tangan jarang sekali mendapat sentuhan-sentuhan perawatan kecantikan. Agar tangan kita tetap indah, simak tips-tips perawatan tangan berikut ini.

Tips Perawatan Tangan dan Kuku

Perawatan Tangan
Untuk memperoleh tangan yang halus dan indah, simaklah tips-tips berikut ini
  1. Gunakan sarung tangan saat melakukan pekerjaan-pekerjaan berat, bersentuhan dengan detergen, sabun, atau bahan kimia yang keras. Penggunaan sarung tangan ini dapat mencegah kerusakan kulit tangan dan kuku.
  2. Selalu mencuci tangan setelah beraktivitas. Selanjutnya keringkan dengan kain dan gunakan moisturizer untuk menjaga kelembutan telapak tangan.
Perawatan Kuku
Untuk membuat kuku-kuku Anda terlihat cantik, simaklah tips-tips perawatan kuku berikut ini:
  1. Jangan mengecat kuku setiap hari. Biarkan sesekali kuku bebas bernafas tanpa cat kuku
  2. Minyak zaitun dipercaya dapat memperkuat kuku. Oleskan minyak zaiitun pada kuku setiap ada kesempatan.
  3. Untuk menjaga kekuatan kuku, konsumsilah makanan yang mengandung banyak kalsium dan vitamin A.
  4. Simpan perawatan manicure di tempat tertutup agar tidak terkontaminasi oleh kuman yang dapat menyebabkan infeksi pada kuku.
  5. Saat kuku terasa kering. Rendamlah kuku dalam air hangat selama kurang lebih 10 menit. Sebaiknya perawatan ini dilakukan dua hari sekali.
  6. Pertahankan kuku selalu dalam keadaan lembab, terutama untuk jenis kuku yang mudah patah dan rapuh. Anda bisa menggunakan cara sederhana seperti menggosok-gosokkan kuku pada belimbing wulu atau bawang. Cara ini dapat memperkuat kuku Anda dan sekaligus dapat membersihkan kotoran yang ada di sela-sela kuku.
  7. Agar cat kuku bertahan lama, gunakan krim untuk melembutkan kuku.
  8. Agar kuku terlihat mengilap, bersihkan kuku menggunakan potongan lemon. Selanjutnya pijat-pijatlah kutikula kuku menggunakan hand body lotion paing kental atau gunakan lip balm.
  9. Sebaiknya, lakukan perawatan manikur minimal seminggu sekali agar kuku senantiasa terlihat indah.
Anda dapat melakukan manikur sendiri di rumah dengan cara sebagai berikut:
  1. Sediakan kikir kuku yang memiliki dua fungsi yakni untuk memendekkan dan membentuk kuku
  2. Kikirlah mulai dari bagian sisi kuku menuju puncak bagian tengah.
  3.  Rendam jari dengan menggunakan air hangat yang diberi irisan lemon. Irisan lemon ini memiliki manfaat untuk menghilangkan kotoran pada kuku dan melunakkan kutikula yang sering terdapat di sisi kuku.
  4. Pijatlah kuku Anda ketika sedang direndam.
  5. Oleskan losion khusus untuk kuku pada setiap siku. Setelah itu, bersihkan losion dengan menggunakan lap.
  6. Bersihkan bagian bawah kuku menggunakan alat pembersih kuku. Jangan menggunakan alat pembersih yang terbuat dari metal karena dapat merusak lapisan kuku.
  7. Anda dapat menggosok ujung kuku sedikit meruncing menggunakan kain penggosok atau ampelas.
Cara Mempercantik Kuku dengan Cat Kuku
Cat kuku atau kuteks memiliki fungsi untuk memperindah kuku. Namun, yang perlu diperhatikan dalam penggunaannya cat kuku harus disesuaikan dengan kuku sehingga dapat menghasilkan keindahan yang maksimal.
  1. Bentuk kuku pendek. Bagi Anda yang memiliki kuku pendek sebaiknya hindari penggunaan warna-warna terang untuk cat kuku seperti warna orange. Gunakan kuteks dengan kecoklatan sesuai dengan warna kulit. Warna ini dapat memberi efek kuku menjadi terlihat lebih panjang.
  2. Bentuk kuku lebar. Bagi Anda yang memiliki kuku lebar hindari warna gelap sepereti merah tua atau cokelat. Gunakan warna-warna cerah seperti pink yang lembut untuk memmeriahkan bentuk kuku Anda yang lebar.
  3. Bentuk kuku panjang dan ramping. Jika Anda memiliki bentuk kuku seperti ini, Anda termasuk orang yang beruntung karena warna kuteks apa pun sesuai untuk kuku Anda.
Semoga dengan Tips Perawatan Tangan dan Kuku Anda memiliki gambaran bagaimana merawat tangan dan kuku agar dapat menunjang penampilan.

responsive