Tips Perawatan Rambut untuk Wanita berhijab

responsive

Rambut adalah item yang sangat berharga bagi tubuh, bahkan bisa dibilang rambut adalah mahkota dari tubuh manusia, khususnya seorang wanita. Agar rambut tetap sehat harus dilakukan perawatan yang benar. Namun beberapa wanita mengeluh dengan perawatan rambut yang dianggap sulit.

Apalagi seorang wanita yang berhijab, perawatan rambut juga harus diperhatikan dengan saksama. Perawatan yang salah akan membuat rambut menjadi tidak sehat, misalnya saja rambut akan rontok dan juga akan timbul ketombe.

Baca Juga :

responsive

Memang ada beberapa hal yang perlu wanita berhijab perhatikan agar rambut dan kulit kepala tetap sehat. Untuk lebih lanjutnya, berikut ini akan kita bahas beberapa tips perawatan rambut agar tetap sehat dan indah bagi Anda yang berhijab :

#1. Rambut dalam keadaan kering.

Usahakan ketika berhijab rambut Anda dalam keadaan kering. Setelah keramas jangan langsung pakai hijab. Dengan rambut yang basah saat pakai hijab memungkinkan akan timbul bau tidak sedap, ketombe, dan gatal –gatal pada kulit kepala. Selain itu, rambut yang basah juga akan lebih mudah rontok karena terlalu banyak gesekan. Untuk itu jika terburu – buru keringkan dulu rambut Anda dengan hair drier.

#2. Pilih hijab dengan bahan yang mudah menyerap keringat.

Bahan hijab yang Anda bisa pilih adalah hijab berbahan katun, karena katun adalah kain yang mudah menyerap keringat. Sebagai alternatif lain, Anda bisa memilih hijab dengan bahan kaos. Rambut yang dibalut dengan hijab akan membuat kulit kepala dan rambut akan berkeringat. Untuk itu penting memilih hijab yang berbahan dasar dari kain yang mudah menyerap keringat.

#3. Jangan gunakan hijab yang berlapis banyak.

Trend model hijab yang bermacam – macam membuat semua hijaber ingin mencobanya. Ada beberapa dari model hijab tersebut mengharuskan kita untuk menggunakan hijab yang berlapis – lapis. Hindari hal semacam ini, gunakan maksimal empat lapis saja. Ini bertujuan untuk memberi sirkulasi udara pada rambut dan kulit kepala Anda.

#4. Jangan ikat rambut terlalu kencang.

Bagi yang memiliki rambut panjang, memang sudah pasti akan mengganggu pemakaian hijab jika tidak diikat. Meskipun begitu, jangan mengikatnya terlalu kencang, karena akan membuat rambut jadi mudah patah.

#5. Hindari pemakaian hijab yang berwarna gelap.

Hijab yang berwarna gelap akan lebih mudah menyerap panas. Untuk itu hindari pemakaian hijab warna hitam, apalagi keadaan cuaca yang panas. Panas yang diserap oleh hijab dengan warna hitam akan membuat rambut dan kulit kepala makin menjadi lembab dan akan memuat rambut cepat rusak.

#6. Keramaslah dengan teratur.

Pilihlah shampoo yang sesuai dengan rambut Anda, keramaslah dengan teratur dua hari sekali agar rambut bersih. Dengan rambut yang bersih akan membuat resiko kerusakan rambut menjadi kecil.

#7. Istirahatkan rambut.

Ketika dirumah dan tidak mengenakan hijab adalah kesempatan untuk mengistirahatkan rambut Anda. Caranya adalah biarkan rambut teruarai tanpa adanya pengikat. Cara ini sangat efektif untuk mengistirahatkan rambut agar rambut bisa bernafas dengan leluasa. Dengan perlakuan ini akan mebuat rambut tidak mudah rontok dan juga mencegah timbulnya ketombe.

#8. Konsumsilah makan yang rendah lemak.

Perawatan yang dilakukan tidak cukup jika dilakukan hanya dari luar saja. Penting juga merawat rambut dari dalam. Caranya adalah mengkonsumsi makanan yang rendah lemak namun yang kaya akan protein, vitamin B- 6, B 12, dan vitamin C serta zat besi yang ampuh dalam menutrisi rambut secara alami. Makanan – makanan tersebut antara lain bayam, kacang – kacangan, dan pisang serta makanan sehat lainnya. (Siti Zulaika)

Pencarian Terkait:

responsive