Tips Perawatan Kulit Kering dan Gatal

responsive

Tips Perawatan Kulit Kering dan Gatal – Kulit kering dan gatal dapat menjadi masalah yang runyam jika sampai menyerang Anda. Nggak lucu kan, kalau wanita secantik Anda harus sibuk garuk-garuk kulit yang kering karena rasa gatal? Ih, nggak banget kan? Apalagi jika Anda sedang berada di muka umum. Alhasil, kulit kering Anda akan semakin buruk penampakannya karena bersisik.

Baca Juga : Perawatan Kulit Wajah Kering dan Gatal karena Sensitif

Merawat kulit agar tidak bersisik memang membutuhkan ketelatenan. Perawatan haruslah konsisten setiap hari supaya kulit halus dan lembab serta tidak menimbulkan rasa gatal. Agar hari-hari Anda menyenangkan tanpa terganggu kulit gatal, maka ada baiknya Anda menyimak tips perawatan kulit kering dan gatal berikut ini.

responsive

1. Gunakan Pelembab Usai Mandi

Langkah pertama untuk mengatasi kulit kering dan gatal adalah dengan membubuhkan pelembab seperti body lotion ke seluruh tubuh. Untuk wajah, gunakan pelembab yang cocok sesuai dengan jenis kulit kering.

2. Hindari Mandi Air Panas

Hal yang dapat memicu kekeringan kulit adalah mandi air panas. Mungkin ini karena Anda tinggal di daerah pegunugan yang dingin atau karena cuaca buruk dan alasan kesehatan. Usahakan saat mandi dengan air panas, kurangi suhu (hingga hangat-hangat kuku) sehingga tidak membuat kulit menjadi kering dan bersisik. Gunakan body shower yang tidak terlalu keras bahannya.

3. Hindari AC

Bekerja dalam ruangan ber-AC setiap hari dapat menyebabkan kulit menjadi semakin kering. Ini karena kulit kehilangan kelembabannya sehingga kulitpun bersisik dan gatal. Hindari berada di ruangan AC terlalu lama. Bila terpaksa, Anda dapat mengecilkan AC atau memakai pakaian yang cukup tebal sehingga dapat melindungi kulit Anda dari kekeringan.

4. Gunakan Pelembab Ekstra

Pelembab biasa saja tidak cukup untuk membuat kulit kering menjadi lembab. Anda bisa memberikan pelembab ekstra dengan krim yang mengandung minyak esensial seperti minyak zaitun dan minyak almond. Kedua jenis minyak tersebut baik untuk kesehatan kulit Anda.

5. Hidrasi! Hidrasi!

Ya, cara terbaik untuk membuat kulit Anda menjadi lembab adalah dengan melakukan hidrasi kulit. Caranya adalah dengan minum air putih sesuai anjuran minimal 8 gelas per hari. Jangan malas minum! Untuk memaksimalkan hidrasi, maka Anda bisa mengonsumsi makana yang mengandung banyak air seperti buah-buahan tropis (semangka, melon, belimbing, dan lain-lain). Kandungan air dalam buah tersebut dapat membuat kulit Anda terhidrasi dengan baik.

6. Produk Perawatan Khusus Kulit Kering

Jika Anda memiliki kulit kering, maka gunakanlah produk-produk perawatan kulit khusus untuk kulit kering. Biasanya produk kecantikan tersebut berbahan dasar minyak untuk membuat kulit Anda jauh lebih lembab. Lakukan perawatan rutin setiap hari agar terasa hasilnya.

7. Gunakan Pelindung Kulit

Khusus kulit bersisik dan gatal, gunakanlah pelindung kulirt seperti pakaian lengan panjang, celana panjang, jaket dan sarung tangan. Pelindung tersebut akan menghindarkan kulit dari kerusakan dan kekeringan, serta menghalangi jamur yang menempel.

8. Masker Alpukat

Alpukat dapat membuat kulit kering menjadi lembab. Gunakan alpukat yang sudah dihaluskan dan ditambahkan madu untuk masker kulit. Lakukan teratur seminggu sekali. Kulit Anda akan terasa lembab, berkilau dan bebas gatal.

Nah, itulah beberapa tips perawatan kulit kering dan gatal ala Shopious. Jika Anda telaten merawat kulit, apapun jenis kulit Anda akan tampak sehat dan berseri. Jadi, jangan malas-malas untuk melakukan perawatan kulit kering.

Dapatkan tips-tips menarik lainnya dari Kulitwanita ya, Girls! Selamat mencoba!

responsive