Tips Perawatan Kulit Kepala Rusak

responsive

Kulit kepala adalah bagian kepala yang memerlukan perawatan khusus. Apalagi bagi yang memiliki masalah dengan kulit kepala, perawatan kulit kepala rusak adalah hal wajib yang harus kamu lakukan agar kepalamu menjadi sehat.

Baca Juga :  5 Kebiasaan yang Harus Diwaspadai agar Rambut Tidak Rontok

Kulit kepala rusak dapat mengakibatkan masalah yang serius baik bagi kulit kepala itu sendiri maupun rambut. Faktor kenyamanan juga dapat terganggu jika kamu mengalami masalah kulit kepala. Kali ini, Shopious akan memberikan tips perawatan kulit kepala rusak untuk kamu. Semoga bermanfaat!

responsive

1. Hindari Kerusakan

Kulit kepala yang rusak disebabkan banyak hal, antara lain perlakuan sehari-hari yang dapat merusak kulit kepala. Penggunaan hairdryer, shampo yang tidak cocok, sisir yang tidak tepat, dan sebagainya dapat memicu kulit kepala menjadi rusak. Selain itu, kekurangan vitamin dan mineral juga dapat merusak kulit kepala.

2. Atasi Ketombe

Ketombe dapat menyerang kulit kepala kapan saja. Ketombe datang karena infeksi jamur di kulit kepala. Ketombe membuat kulit kepala menjadi gatal tak tertahankan serta pengelupasan kulit kepala. Gunakan shampo yang mengandung selenium untuk mengatasi kulit kepala gatal akibat ketombe.

3. Hidari Keramas dengan Air Panas

Air panas dapat mengurangi minyak alami rambut sehingga rambut menjadi kering. Jika kamu memiliki masalah kulit kepala, maka sebisa mungkin gunakanlah air dingin untuk mengguyur kepala dan rambut saat keramas.

Baca Juga : Tips keramas Yang baik dan Benar Pada Rambut Anda

4. Kurangi Pemakaian Produk Berbahan Kimia

Agar kerusakan mereda, kurangilah penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan kimia seperti shampo, kondisioner, masker rambut, dan tonik. Alih-alih memakai bahan kimia, kamu dapat menggantinya dengan bahan alami yang aman bagi rambut. Gunakan shampo yang ringan agar tidak membuat kulit kepala bereaksi. Ketombe disebabkan oleh penggunaan shampo yang tidak tepat atau tidak cocok dengan jenis rmabut Anda.

5. Menggunakan Minyak Alami

Kulit kepala yang rusak dapat diatasi dengan melakukan massage/pemijatan dengan menggunakan minyak alami. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk memberikan kelembaban pada kulit kepala. Caranya, tuang minyak zaitun di telapak tangan, kemudian balurkan ke atas kulit kepala. ratakan sambil dipijat ringan. Urut pelan-pelan dan diamkan beberapa saat. Bilas dengan air atau keramas dengan shampo.

Baca Juga : Rambut Lembut Berkat Masker Rambut Alami

6. Konsumsi Banyak Air Putih

Kekurangan air putih bisa mengakibatkan kulit kepala menjadi kering. Konsumsilah air putih minimal 2 liter per hari agar kulit kepala Anda sehat. Ingat, kekurangan cairan dapat membuat kulit menjadi kering, termasuk kulit kepala Anda. Kelembaban kulit dapat terjaga denan baik apabila asupan cairan mencukupi. So, jangan malas minum ya!

7. Perbanyak Buah dan Sayur

Seperti yang sudah disinggung di atas, kekurangan vitamin dan mineral dapat membuat kulit kepala rentan mengalami kerusakan. Perbanyak konsumsi buah dan sayur supaya nutrisi tercukupi. Buah-buahan yang mengandung selenium seperti pisang dapat melindungi kulit kepala dari kerusakan.

8. Melindungi Kepala dari Panas dan Debu

Salahs atu penyebab terjadinya kerusakan adalah paparan sinar matahari, polusi dan kuman dari luar. Oleh karena itu, jaga kepala dan rambut kamu dari paparan sinar matahari langsug serta kuman-kuman degan menggunakan topi, scarf atau hijab. Hal ini mengurangi resiko kulit kepala rusak.

9. Kurangi Stress

Kulit kepala rusak dapat dipicu oleh stress berlebih. Kurangilah stress agar kulit kepalamu membaik.

Nah, sahabat blog kulit wanita, demikian tips perawatan kulit kepala rusak dari blog Kulit Wanita. Sahabat blog kulitwanita dapat membaca tips-tips perawatan kecantikan dan tips fashion lainnya di blog ini. Selamat mencoba! (Indriani Taslim)

responsive