Tips Perawatan Kulit Berminyak dan Jerawat

responsive

Tips Perawatan Kulit Berminyak dan Jerawat

Memiliki kulit berminyak dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti kulit kusam bahkan jerawat. Kulit berminyak harus dirawat secara khusus agar wajah nampak segar dan cantik. Berikut ini kulitwanita.com akan menghadirkan tips perawatan kulit berminyak dan jerawat yang dapat membantu Anda untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang disebabkan kulit berminyak.

Perawatan sehari-hari untuk kulit berminyak memiliki andil besar dalam kecantikan kulit berminyak. Sperti yang telah diketahui, kelebihan minyak pada kulit berpotensi mendatangkan jerawat yang mengganggu penampilan.

responsive

Tentu Sista tidak mau wajahnya jadi kusam berjerawat. Selain tak sedap di pandang mata, jerawat bisa menurunkan tingkat percaya diri pada wanita yang menderitanya.

Agar kulit bebas jerawat, diperlukan perawatan sehari-hari untuk membuat penampilan Anda nampak segar dan bebas jerawat. Berikut langkah-langkah perawatan kulit berminyak dan jerawat:

#1.  Rajin Mencuci Muka

Mencuci muka dengan teratur adalah langkah wajib untuk mendapatkan kulit bersih segar bebas jerawat. Jika Sista malas mencuci muka, maka besar kemungkinan akan terserang berbagai macam penyakit kulit seperti jerawat, komedo, dan kulit kusam.

Car membersihkan muka adalah dengan rutin mencuci muka dengan facial foam bebas detergen. Kuman-kuman pada kulit akan sirna dengan mencuci muka dengan teratur minimal dua kali sehari pada pagi dan malam hari.

Agar tidak menimbulkan jerawat, jangan menggosok kulit wajah teralu keras saat memakai facial foam karena dapat merusak kulit. Usap dengan lembut busa pembersih agar minyak wajah berkurang dan wajah bebas jerawat.

#2.  Pakai Handuk Kering yang Bersih

Agar potensi jerawat makin berkurang, maka gunakanlah handuk kering untuk mengeringkan muka selepas mencuci muka ataupun mandi. Hal ini dilakukan agar kuman pada handuk tidak menempel di muka saat Anda mengeringkan muka dengan handuk tersebut.

#3. Pilih Kosmetik Untuk Kulit Berminyak

Jangan sembarangan menggunakan produk perawatan dan kosmetik wajah untuk kulit berminyak Anda. Usahakan memakai yang oil free atau bebas minyak sehingga wajah Anda lebih segar bebas minyak. Untuk pelembab, pakailah yang berbahan dasar air.

Meskipun kulit Anda beminyak, tetaplah membutuhkan pelembab wajah untuk menghindari kulit rusak.

baca Juga : Pengin Cantik, Perhatikan Kebersihan Kosmetik Anda

#4.  Bersihkan Wajah Sebelum Tidur dan Sehabis Make Up

Sesaat sebelum tidur, bersihkan wajah Anda dari kotoran dan sisa-sisa make up dengan susu pembersih dan penyegar.

Cara pemakaian yang benar adalah dengan meggunakan susu pembersih, lalu penyegar, baru basuh dengan air dan gunakan facial foam. Hal ini untuk memaksimalkan pembersihan hingga ke pori-pori. Begitupula sehabis acara yang mengharuskan Anda memakai make up. Bersihkan dengan cara yang sama.

#5.  Minum Air Putih yang Cukup

Hidrasi kulit Anda dengan meminum air putih minimal 2 liter per hari agar kulit Anda segar dan sebagai pelarut racun-racun dalam kulit.

#6.  Konsumsi Sayur dan Buah

Kulit yang sehat membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang cukup untuk menutrisi kulit. Cara termudah adalah dengan rajin memakan sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin A. C dan E. Sayur dan buah akan menutrisi kulit terutama kulit berminyak agar nampak sehat dan terhindar dari jerawat.

Baca Juga : Makanan Ini Dapat Membuat Kulit Anda Menjadi Halus

#7.   Tidur yang Cukup

Selain pola makan yang baik, seimbangkan pula dengan tidur yang cukup karena kulit membutuhkan waktu khusus untuk meregenerasi sel-sel yang rusak karena seragan jerawat. Oleh karena itu, istirahatlah yang cukup agar jerawat Anda tidak semakin parah dan cepat mengering.

Demikianlah tips perawatan kulit berminyak dan jerawat untuk Anda yang memiliki masalah kulit berminyak dan jerawat. Semoga bermanfaat! (Indriani Taslim)

responsive