Tips Menyembuhkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

responsive
Kulitwanita.com – Umumnya jerawat (acne vulgaris) sering menimpa orang yang memiliki jenis kulit berminyak. Jerawat sering terjadi pada remaja karena pada saat itu produksi kelenjar meningkat akibat pengaruh hormon androgen. Peningkatan kelenjar minyak yang berlebihan akan menyumbat selubung (folikel) rambut sehingga muncul bintil-bintil di permukaan kulit (komedo) yang kemudian berubah menjadi jerawat.
Jerawat adalah suatu keadaan ketika pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat merupakan benjolan mirip bisul kecil di kulit yang berisi lemak. Jika terjadi peradangan, jerawat bisa mengeras dan membentuk kista sehingga sulit sembuh. Jerawat biasanya menyerang pada remaja umur belasan tahun yakni umur 14 s.d 20 tahun meskipun di lapangan kita biasa menjumpai orang dengan umur 30-an tahun pun masih bermasalah dengan jerawat. Gejala yang sering muncul jika terkena jerawat adalah sebagai berikut :
  1. Dibagian kulit, khususnya kulit wajah muncul benjolan (mirip bisul kecil) yang terkadang ujungnya berwarna kuning dan berisi nanah.
  2. Benjolan itu terkadang menyebabkan rasa nyeri atau sedikit gatal
Membuat ramuan herbal untuk menyembuhkan jerawat secara alami :
Ramuan 1
Bahan :
20 kuntum bunga melati, dua jari asam jawa, dua sendok makan sari jeruk nipis dan belerang sebesar kelereng.
Cara membuat :
Bunga melati dan asam jawa dicuci bersih. Campurkan semua bahan tadi dengan belerang. Lalu tumbuk halus. Tambahkan dua sendok makan sari jeruk nipis. Campur ramuan ini sampau rata.
Cara pemakaian :
Oleskan di wajah atau bagian tubuh lain yang berjerawat pada pagi dan malam hari sebelum tidur.
Ramuan 2
Bahan :
5 buah belimbing wuluh dan air garam secukupnya
Cara membuat :
Belimbing wuluh dicuci bersih, lalu ditumbuk halus. Campurkan air garam secukupnya. Lalu diremas-remas.
Cara pemakaian :
Oleskan pada bagian kulit yang berjerawat , dua kali sehari, pagi dan malam hari sebelum tidur
Ramuan 3
Bahan :
1 ons tepung beras, 1 buah biji pinang dibuat bubuk , 3 ruas temu giring, 1 genggam daun kemuning, 1 ons bengkuang, 3 buah mahkota dewa, dan 3 ruas kunyit putih.
Cara membuat :
Langkah awal yang dilakukan adalah membuat tepung beras, dengan cara merendam bera di dalam air selama dua minggu. Air rendaman harus diganti setiap hari. Setelah dua minggu ditiriskan, lalu ditumbuk sampai menjadi tepung.
Bahan lain, kecuali bengkuang dan buah mahkota dewa, dibuat menjadi bubuk atau tepung. Siapkan air rebusan buah mahkota dewa. Campurkan tepung beras dengan air rebusan mahkota dewa, tepung biji pinang, tepung temu giring, tepung daun kemuning, tepung kunyit putih dan air bengkuang. Campuran tersebut diaduk hingga merata, kemudian diangin-anginkan hingga mengering di depan kipas angin dan harus dibolak-balik.
Cara pemakaian :
Bedak dingin tadi dicampurkan denan air mawar secukupnya. Kemudian oleskan seperetei memakai masker ke seluruh wajah.
Ramuan 4
Bahan :
Buah mahkota dewa yang masih hijau
Cara membuat dan memakai:
Buah mahkota dewa yang masih hijau dicuci hingga bersih lalu diparut. Hasil parutannya dapat langsung ditempelkan di wjah yang berjerawat.
Disamping ramuan diatas, Anda dapat juga memanfaatkan daun pepaya dan buah lobak untuk mengobati jerawat :
  1. Pengobatan dengan daun pepaya. Ambil 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua. Jemur daun pepaya tersebut. Lumatkan daun pepaya tersebut dan beri air kemudian diperas untuk diambil sarinya. Lalu, oleskan sari daun pepaya tersebut pada jerawat.
  2. Pengobatan dengan lobak. Cucilah lobak secukupnya kemudian parut lobak tersebut dan diambil airnya. Tambahkan cuka apel sedikit dan campur hingga rata. Oleskan pada jerawa, diamkan hingga mengering. Setelah kering, bersihkan dengan air. Lakukan secara rutin hingga jerawat teratasi.
Semoga dengan ramuan herbal di atas, mba sis dapat menghilangkan jerawat dengan cara alami yang mba sis alami.

responsive