Tips mengatasi keluhan Stretch mark saat kehamilan

responsive

Tips mengatasi keluhan Stretch mark saat kehamilan

Stretch mark adalah gurat putih (kadang juga berwarna cokelat muda atau semu kemerahan) yang biasanya muncul di daerah sekitar perut, payudara, lengan atas, pinggul, bokong, pantat dan paha. Stretch mark ini diakibatkan oleh melebarnya jaringan kulit karena secara tiba-tiba harus menyangga beban tambahan. Guratan-guratan ini memang mengganggu penampilan sehingga kulit tampak tidak mulus lagi.  Untuk perawatan Stretch mark, Anda perlu waktu karena Stretch mark tidak bisa hilang secara total tetapi setidaknya berkurang. Penggunaan pelembab, seperti minyak zaitun ataupun minyak vitamin E selama dan sesudah kehamilan. Sebenarnya guratan Stretch mark akan hilang dengan sendirinya pasca persalinan. Ini berarti Anda harus menunggu sampai 9 bulan untuk mendapatkan kulit Anda bebas dari guratan Stretch mark.

Guna menghindari risiko timbulnya stretch mark, Anda seyogyanya menjaga berat badan karena pada masa-masa kehamilan berat tubuh akan naik secara drastis. Stretch mark juga disebabkan karena pada masa kehamilan ukuran janin yang semakin besar di perut. Selain itu, meningkatnya hormon kehamilan juga menjadi penyebab lain timbulnya guratan saat hamil. Pada saat hamil, naiknya hormon menyebabkan kulit menyimpan lebih banyak lemak untuk melindungi janin sehingga terjadi penumpukan lemak.  Tidak semua wanita hamil mengalami mengalami Stretch mark, ada beberapa wanita karena kandungan genetiknya tidak mengalami stretch mark.

responsive

Untuk mengatasi Stretch mark, Anda bisa melakukan beberapa hal diantaranya sebagai berikut :

  1. Jaga berat badan saat hamil, penambahan berat badan normal adalah 11 kg dari umur 0 bulan sampai 9 bulan. Lakukan diet dengan membatasi asupan kalori berlebihan;
  2. Jaga kelembaban kulit, terutama kulit perut, payudara, dan bagian lainnya yang cenderung mengering dengan mengoleskan pelembab/ losion khusus yang mengandung kolagen untuk membantu mengembalikan elastisitas kulit di masa kehamilan, misal minyak zaitun, baby oil atau minyak kacang almond. Lakukan hal ini setelah mandi dan dua kali sehari;

Minyak zaitun sudah terkenal manfaatnya untuk kecantikan, warnanya yang bening dan berkilau kaya dengan vitamin A, B1, B2, C, D, E, K dan Zat besi. Oleskan pada perut  dan bagian tubuh yang rentan mengalami peregangan saat hamil.

  1. Mengoles krim antistreatchmarks sejak awal kehamilan untuk membantu mengurangi munculnya stretch mark sekaligus melembabkan kulit secara intensif.. Konsultasikan kepada dokter kandungan terlebih dahulu tentang produk yang akan digunakan;
  2. Oleskan minyak cendana pada kulit dua kali sehari pada pagi dan sore hari agar kulit terhindar dari kekeringan. Minyak cendana berfungsi memberikan nutrisi pad kulit , melancarkan sirkulasi darah, menjaga kelembapan kulit, dan merelaksasi kulit.
  3. Jangan menggaruk-garuk kulit saat gatal karena hal ini bisa meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan, bahkan pascapersalinan sekalipun. Sebaiknya gunakan baju yang longgar dan menyerap keringat, misalnya kain dari bahan katun. Hal ini dapat mengurangi risiko timbulnya gatal-gatal
  4. Guratan Stretch mark juga bisa berkurang dengan bantuan ampas kopi hitam. Caranya siapkan ampas kopi hitam secukupnya, lalu gosokkan perlahan pada tubuh yang terdapat Stretch mark. Pijat perlahan selama 5 menit. Bungkus bagian yang sudah digosok tadi dengan cara membungkusnya dengan plastik khusus (dapat dibeli di supermarket biasanya digunakan untuk penutup makanan), biarkan selama 15 menit sampai mengering. Bersihkan sisa bubuk kopi yang masih tersisa , dan basuh dengan handuk hangat. Lakukan perawatan secara ini rutin selama dua kali sepekan untuk hasil lebih maksimal.
  5. Lakukan olahraga secara teratur guna melancarkan sirkulasi darah dan oksigen. Aktifitas ini akan memperkuat otot perut dan melancarkan peredaran darah di perut sehingga membuat serat kolagen. Pilih olahraga ringan, seperti jalan kaki atau berenang. Lakukan olahraga ini dua kali seminggu.
  6. Jalani hidup sehat dengan pola makan seimbang, minumair putih yang cukup, kurangi konsumsi lemak, namun perbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya kandungan antioksidan.
  7. Ikutlah senam hamil
  8. Lulur dan pijatan ringan juga dapat meminimalkan stretch mark.
  9. Gunakan minyak zaitun. Minyak zaitun sudah sejak lama terkenal manfaatnya untuk kecantikan. Warnanya yang bening dan berkilau kaya akan vitamin A, B1, B2, C, D, E, K dan Zat besi. Oleskan pada perut dan bagian tubuh yang rentan mengalami peregangan saat hamil.

Demikian beberapa hal yang bisa Anda lakukan guna menghindari stretch mark . selamat mencoba.

responsive