Tips Hilangkan Lingkar Hitam di Bawah Mata

responsive
Tips Hilangkan Lingkar Hitam di Mata
kulitwanita.com – Lingkar mata yang terlihat lebih gelap akan mengganggu penampilan Anda. Anda akan terlihat lebih tua dari umur Anda yang sebenarnya, Anda juga akan terlihat layaknya orang yang baru saja bangun tidur. Hal ini akan menyusahkan Anda ketika Anda harus berpenampilan menarik.
Penyebab kantung mata dan lingkaran hitam (mata panda)
Mari sekarang kita bahas lebih rinci apa saja yang menjadi penyebab lingkar hitam di mata
  • Keturunan – Faktor warisan dari orang tuanya. Tapi bukan berarti kita tidak bisa melakukan sesuatu untuk menghilangkan mata panda dan kantong mata. Tapi anda juga harus siap untuk tidak terlalu berhasil ketika mencoba untuk menyingkirkan mereka.
  • Pertambahan usia – Pada umumnya, pertambahan usia menjadi penyebab utama timbulnya mata panda dan kantong mata. Ketika umur bertambah, kulit kehilangan cadangan kolagen dan lemak sehingga rongga mata bagian bawah akan terlihat cekung Sehingga pembuluh darah di bawah mata menjadi semakin jelas terlihat dan memicu timbulnya warna gelap dan kantong mata.
  • Alergi – Alergi tertentu dapat menyebabkan bertambahnya aliran darah ke daerah sinus.Bahkan bisa muncul sejak usia anak-anak. Biasanya alergi kulit ini menyebabkan gatal di sekitar mata, yang bila digaruk maka akan menyebabkan kulit menjadi gelap sebagai mekanisme perlindungan tubuh.
  • Kurang tidur – Jika Anda sudah berada di bawah banyak stres, atau Anda menderita insomnia atau apnea tidur, kulit Anda akan mencerminkan kurangnya Anda tidur.
  • Menangis – Terlalu sering dan lama menangis akan menyebabkan cairan terperangkap di bagian bawah mata.
  • Hidung tersumbat – hidung tersumbat dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata karena pembuluh dan jaringan darah di bagian hidung membesar karena cairan sehingga, menyebabkan urat darah halus dibawah mata menjadi gelap.
  • Penyimpangan pigmentasi –  Kelebihan pigmentasi bisa menjadi penyebab timbulnya lingkaran hitam di bawah mata. Apabila ketika ditekan warna hitamnya tidak hilang, mungkin ada yang tidak beres dengan kondisi pigmennya.
  • Dehidrasi – Kekurangan cairan akan menyebabkan gangguan sirkulasi darah, yang secara signifikan dapat mempengaruhi pembuluh darah di bawah mata. Akhirnya, kantung dan mata panda mulai muncul di bawah mata Anda.
  • Paparan sinar matahari  – Walaupun bukan merupakan faktor terpenting yang menyebabkan lingkaran hitam, namun aktifitas di ruangan yang terlalu lama di bawah paparan sinar ultra violet dapat meningkatkan produksi melanin.
  • Gaya Hidup – Gaya hidup yang tidak sehat, asupan gizi yang kurang, minuman beralkohol, minum kopi, merokok, dan kurang olahraga semua bisa menimbulkan pelebaran pembuluh darah dan perubahan warna di bawah mata.
  • Khusus untuk ibu hamil atau ketika menstruasi, kulit akan lebih pucat karena kekurangan zat besi. Akibatnya pembuluh darah akan lebih terlihat dari permukaan kulit, dan bisa saja disalah artikan sebagai lingkaran hitam. Untuk mengatasinya konsumsilah sayuran hijau (misalnya bayam), daging, unggas, ikan, kacang-kacangan roti gandum dan pasta yang diperkaya zat besi.

Salah satu tips untuk menghilangkan lingkaran hitam pada mata yang biasa disebut dengan mata panda ini adalah dengan istirahat yang cukup, yaitu biasakan tidur selama delapan jam sehari. Selain dapat mencegah lingkaran hitam pada mata, kebiasan ini bisa membuat tubuh anda selalu fit.

Berikut adalah tips untuk menghilangkan lingkar mata Anda.
  1. Masak dua cangkir air hingga panas, tapi jangan sampai mendidih;
  2. Masukkan kain lembut ke air tersebut hingga hangat saat disentuh tangan;
  3. Lalu, tempelkan kain ke mata selama 15 menit;
  4. Setelah 15 menit, pindahkan;
  5. Tepuk-tepuk ringan kulit kelopak mata yang telah kering.
  6. Lalu oleskan krim mata.
Alternatif lain untuk menyejukkan mata Anda adalah dengan memotong tipis kentang dan letakkan di mata selama beberapa menit. Kentang mengandung enzim dan pigmen pencerah kulit yang berguna untuk mengurangi lingkaran hitam di sekitar mata.

responsive