Tips dan Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

responsive

Kulitwanita.com – Jerawat adalah permasalahan yang umum terjadi pada kulit. Hampir semua orang pernah mengalaminya. Berbagai tips dan cara menghilangkan jerawat pasti sangat diburu demi mendapatkan wajah mulus, halus dan bersih dari jerawat.

Sebenarnya cara menghilangkan jerawat ini tidak selalu harus pakai cara modern seperti yang sering kita jumpai dipusat kecantikan. Beberapa cara alami yang mudah dan murah namun efektif layak kita coba untuk mengusir jerawat dari muka.

Berikut ini beberapa tips dan cara menghilangkan jerawat yang bisa anda coba, murah, mudah dan efektif.

#1. Mencuci wajah 2 kali sehari

responsive

Tips dan cara menghilangkan jerawat secara alami yang pertama adalah dengan selalu menjaga kebersihan wajah. Caranya adalah mencuci wajah secara teratur untuk menghlangkan kelebihan minyak. Dalam sehari bisa dilakukan sebanyak dua kali cuci muka.

Hal yang perlu diingat adalah saat mencuci muka jangan terlalu berlebihan. Apalagi bila kita terlalu sering menggosok muka. Aktivitas tersebut perlu dibatasi karena akan menimbulkan masalah baru pada kulit wajah.

Dengan terlalu seringnya mencuci dan menggosok wajah, justru produksi minyak akan meningkat. Dengan minyak berlebih, bukannya jerawat menjadi hilang malahan timbul masalah baru pada kulit.

#2. Sesuaikan kosmetik dengan jenis kulit

Perlu mengetahui dengan pasti apa jenis kulit anda. Hal tersebut untuk mendapatkan perawatan secara tepat dan akurat. Bila kulilt berminyak maka pakailah kosmetik yang memang diperuntukkan bagi pemilik kulit berminyak. Sebaliknya bila kulit kering gunakan kosmetik untuk kulit kering. Jangan sampai salah ataupun terbalik.

Dengan adanya perawatan dan penggunaan kosmetik untuk wajah secara tepat maka diharapkan masalah pada wajah seperti jerawat dapat berkurang.

#3. Sebisa mungkin hindari kosmetik yang berminyak

Secara alami, kulit wajah kita akan memproduksi minyak. Hal tersebut adalah proses alami yang bahkan tetap ada pada kulit kering sekalipun. Ada baiknya bila anda menghindari pemakaian kosmetik dengan kandungan minyak yang tinggi.

Kosmetik berminya akan membuat wajah menjadi lengket, akibatnya debu maupun kotoran menjadi gampang menempel. Jika wajah sudah kotor sudah pasti akan menjadi tempat bakteri dan kuman penyebab timbulnya jerawat.

#4. Keringkan muka dengan handuk atau kain bersih setelah cuci muka

Hal ini juga penting dalam langkah menghilangkan jerawat dari muka kita. Bakteri penyebab jerawat juga menyukai tempat yang lembab serta hangat. Jadi bila ingin terhindar dari masalah kulit karena jerawat, biasakanlah mengeringkan wajah setelah terkena air.

#5. Minum air putih

Air putih sangat penting bagi tubuh. Selain karena sebagian besar tubuh terdiri atas air, kebiasaan minum air putih juga sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah. Dalam satu hari setidaknya minum 2 liter air agar selalu sehat, cantik dan juga segar.

#6. Gunakan pelembab

Pelembab juga diperlukan terutama untuk kulit yang kering dan pecah-pecah. Perlu diingat bahwa pelembab yang digunakan bukanlah pelembab yang mengandung minyak secara berlebih. Pilihlah kosmetik yang menggunakan bahan dasar air. Selain aman juga bagus untuk kesehatan kulit.

#7. Bersihkan kulit wajah sebelum tidur.

Saat tidur adalah waktu regenerasi kulit yang paling baik. Saat menjelang tidur, bersihkan wajah dari sisa kotoran atau make up.

#8. Istirahat yang cukup dan teratur

Kulit juga membutuhkan waktu istirahat. Dengan tidur yang cukup, maka waktu yang dipunyai kulit untuk regenerasi menjadi lebih lama. Saat tidur, racun dan juga zat yang berbahaya akan dikeluarkan dari tubuh.

Baca Juga :

Cara Mencegah Tumbuhnya Jerawat di Wajah

Lakukan Tips Sederhana Ini Jika Jerawat Muncul Di Punggung

3 Cream Obat Penghilang Jerawat dan Bekas Jerawat Yang Bisa Dibeli Di Apotik

Demikian beberapa Tips cara menghilangkan jerawat secara mudah dan aman untuk diikuti. Jika melakukan tips di atas secara disiplin dan teratur, bukanlah hal yang mustahil masalah jerawat pada kulit akan menghilang. Kulit akan kembali menjadi mulus dan cantik. Selamat mencoba, semoga tips menghilangkan jerawat ini bermanfaat.

responsive