Tips Cegah Jerawat di Musim Kemarau

responsive

Tips Cegah Jerawat di Musim Kemarau

BMKG memperkirakan bahwa musim kemarau tahun ini akan berakhir pada awal bulan Oktober 2015. Periode musim kemarau yang panjang cukup membuat masalah bagi kulit kita. Tidak hanya dengan panasnya cuaca, debu dan kotoran juga lebih banyak saat musim kemarau ini. Salah satu  masalah kulit yang sering timbul akibat faktor cuaca adalah  kulit kering. Kondisi kulit kering  inilah yang membutuhkan ekstra perhatian dari kita. Karena saat kulit wajah mengering, wajah menjadi tidak nyaman sebab timbul  beberapa kulit yang terkelupas dan membuat wajah menjadi kusam.

Jerawat bisa dengan mudah timbul atau bahkan meradang lebih parah di musim kemarau sebab musim kemarau ini membuat kulit menjadi sangat berminyak, cepat kotor, serta sering berhadapan dengan  debu yang terbang dibawa angin. Minyak berlebihan, debu dan kotoran merupakan faktor-faktor yang bisa menyebabkan  jerawat bertambah parah, namun Anda tentunya tidak bisa menghindari hal tersebut bila sedang menghadapi musim kemarau dengan hanya berdiam diri di dalam ruangan tanpa melakukan kondisi outdoor apapun. Pada umumnya, jerawat bisa muncul  pada pemilik kulit berminyak maupun kulit kering, namun musim kemarau merupakan salah satu kondisi dimana para pemilik kedua jenis kulit ini  tidak dapat menghindari semua faktor tersebut.

responsive

baca juga :

Lalu, bagaimana cara mencegah jerawat saat musim kemarau ini :

Ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mencegah jerawat saat musim kemarau, diantaranya :

  1. Hapus makeup secara sempurna dan gunakan sabun muka berbahan salycylic, perhatikan selalu kebersihan wajah.
  2. Segeralah cuci muka setelah Anda beraktifitas di luar ruangan. Jangan menunggu keringat dan debu menempel lebih lama pada wajah;
  3. Hindari menggosok wajah secara kasar saat mencuci muka untuk menghindari iritasi kulit;
  4. Hindari terlalu sering memegang wajah khususnya saat tangan kotor;
  5. Gunakan make-up berlabel non-comedogenic
  6. Hindari paparan sinar matahari secara langsung dan berlangsung lama yang bisa berakibat timbulnya masalah pada kulit;
  7. Lakukan tes hormon pada dokter kulit;
  8. Gunakan masker anti jerawat seminggu sekali;
  9. Jaga kebersihan rambut dengan shampo anti ketombe karena dahi juga bisa timbul jerawat akibat rambut yang berketombe;
  10. Perbanyaklah makan sayur untuk membuat kulit kita lebih sehat dan segar;
  11. Jangan gunakan pakaian ketat dan berlapis-lapis karena akan menimbulkan jerawat pada punggung.
  12. Perbanyaklah minum air putih;
  13. Hindari paparan AC secara berlebihan;
  14. Olahraga rutin

Tips memilih Kosmetik bagi wajah berjerawat saat musim kemarau

Bagi wanita, kosmetik merupakan hal yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari bagaimanapun keadaannya meskipun kulit kita sedang bermasalah. Apalagi bagi wanita karir yang selalu mengutamakan penampilan dalam kegiatannya. Berikut adalah beberapa tips memilih dan memakai kosmetik agar kulit berjerawat tidak menjadi semakin bermasalah saati musim kemarau :

  1. Pilih bedak dan alas bedak bermineral. Kosmetik jenis ini tidak pori-pori tersumbat, ringan dan cenderung lebih tahan lama sehingga anda tidak perlu melapisi kulit wajah berkali-kali dalam sehari; ketika makeup anda luntur, anda akan tanpa sadar menebalkannya sehingga lama-kelamaan pori-pori kulit menjadi tersumbat.
  2. Belilah bedak wajah khusus yang biasanya dijual di apotik atau bedak dari produk terpercaya untuk kulit berjerawat, jika kosmetik bermineral terlalu mahal.
  3. Hindari penggunaan kosmetik yang tebal pada wajah Anda terutama saat berada di luar ruangan;
  4. Gunakan kertas penyerap minyak untuk menyerap minyak berlebih daripada menggunakan tisu sebab serpihan tisu akan melekat di wajah

Tips Memilih Produk Kecantikan Saat kemarau

Produk perawatan kulit adalah hal  dalam menunjang  kecantikan, namun bagi wanita berjerawat membutuhkan tips dan trik dalam memilih dan memakai produk perawatan agar jerawat tidak semakin parah terutama di musim kemarau :

  1. Gunakan sabun wajah yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit Anda. bila kulit Anda berjenis kulit yang berminyak, pilihlah sabun wajah untuk kulit berminyak. Bila kulit anda bertipe kulit kering, pilihlah  yang formulanya lembut. Bila anda tidak yakin harus memilih yang mana atau memiliki masalah jerawat cukup parah sebaiknya membeli produk yang memang khusus untuk kulit berjerawat.
  2. Bersihkan kulit wajah dengan sabun hanya secukupnya yaitu bila wajah anda sangat kotor dan berminyak atau sehabis memakai kosmetik. Untuk pagi hari setelah bangun tidur, cukup basuh wajah dengan air hangat; ini supaya minyak alami di wajah tidak terkikis sehingga menimbulkan iritasi terutama jika kulit wajah anda sensitif.
  3. Gunakan pelembab wajah berbentuk losion bukan berbentuk krim sebab losion lebih ringan daripada krim. Atau belilah pelembab wajah yang di labelnya tercantum khusus untuk kulit berjerawat. Pelembab wajah diperlukan untuk melembabkan dan menjaga agar kulit tidak kering.
  4. Gunakan masker yang berfungsi menyerap minyak yang bisa dipakai seminggu sekali.

Tips Tradisional perawatan Kulit Saat Musim Kemarau

Selain perawatan di atas, Anda bisa memakai alpukat untuk mengatasi kulit kering saat musim kemarau caranya Konsumsilah jus alpukat dua kali sehari secara rutin sampai kulit menjadi segar kembali. Mengkonsumsi jus alpukat dipercaya sebagai cara mengobati kulit kering dari dalam tubuh. Namun bagi Anda yang sedang diet, jangan campurkan alpukat dengan gula. Cukuplah blender alpukat dengan sedikit air saja

Selain dibuat jus, Anda bisa menggunakan alpukat sebagai masker alpukat. Hal ini dipercaya menjadi salah satu cara mengobati alpukat dari luar kulit. Pertama, siapkan 1 buah alpukat kemudian sisihkan dagingnya. Blender daging alpukat atau bisa juga dengan ditumbuk tetapi perhatikan kebersihan alat untuk memblender atau menumbuk . Cuci wajah Anda sampai bersih dengan menggunakan sabun atau milk cleanser dan keringkan dengan handuk.  Kemudian Oleskan alpukat pada wajah Anda  yang kering. Dan diamkan  sekitar 30 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

responsive