Tips Agar Telapak Kaki Tidak Berbau

responsive

Tips Agar Telapak Kaki Tidak Berbau

Keindahan kaki merupakan salah satu daya tarik dari seorang wanita. Oleh karena itu kaki juga perlu mendapatkan perawatan yang intensif agar kesehatannya tetap terjaga.
Aroma kurang sedap yang timbul dari telapak kaki akan menimbulkan kurangnya rasa percaya diri. Telapak kaki yang sering berkeringat terkadang akan mengeluarkan bau yang kurang sedap. Menurut podiatrist/ahli penyakit kaki, Josep Stern, orang rata-rata memiliki masing-masing 120 ribu kelenjar keringat di kedua telapak kakinya. Seperti halnya keringat pada bagian tubuh Anda, keringat kaki aslinya tidaj berbau. Tetapi akibat keringat yang keluar secara berlebihan dan bereaksi dengan bakteri lah yang menyebabkan kaki berbau.

Tips agar kaki tidak bau

Menurut American College of Foot dan Ankle Surgeons, masalah bau pada kaki sejatinya disebabkan oleh bakteri dan jamur dalam sepatu, yang masuk lewat kulit. Penyebab bau kaki adalah keringat yang bercampur dengan bakteri dan jamur pada kaki. Oleh karena itu, selain bau biasanya disertai dengan gatal. Penyebabnya, misalnya jarang mencuci kaki, jarang membersihkan sepatu dan kaos kaki yang akhirnya menjadi sarang bakteri.Oleh karena itu, lakukan perawatan berikut untuk menjaga kesehatan telapak kaki seperti dikutip dari buku Tampil Cantik dan Anggun (Wigati HO) .
  1. Selalu menjaga kebersihan kaki, terutama di bagian-bagian tertutup yang sering berkeringat misalnya di sela-sela jari . bersihkan menggunakan sabun atau bedak khusus antijamur dan bakteri.
  2. Keringkan kaki setelah dicuci.
  3. Selalu menggunakan alas kaki untuk menghindari kuman menempel di telapak kaki.
  4. Selalu mengganti kaos kaki setelah beraktivitas dan gunakan kaos kaki yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat sepferti katun.
  5. Sediakan beberapa pasang sepatu untuk kegiatan yang berbeda
  6. Jangan memakai sepatu atau sandal yang terbuat dari plastik karena akan membuat kaki selalu berkeringat.
  7. Hindari makanan pedas karena akan merangsang pengeluaran keringat. Kaki yang berkeringat akan dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri dan jamur. Dan hal inilah yang membuat kaki menjadi bau.
  8. Jika kaki Anda berkeringat terlalu berlebihan, untuk menguranginya sebaiknya rendam kaki Anda secara bergantian selama 20 menit dengan air hangat dan dingin.
  9. Anda dapat menggunakan resep tradisional untuk menghilangkan bau tidak sedap pada kaki. Caranya dengan menyeduh teh dalam 5 gelas air hangat. Selanjutnya, gunakan air teh tersebut untuk merendam kaki kurang lebih selama 10 menit.

demikian tips Agar Telapak Kaki Tidak Berbau yang dapat Anda praktekan, agar penampilan tetap prima setiap saat

responsive