Solusi Jitu Jerawat yang Tidak Kunjung Sembuh

responsive

Solusi Jitu  Jerawat yang Tidak Kunjung Sembuh

Jerawat merupakan gangguan kulit yang timbul akibat terjadinya penyumbatan pada pori -pori kulit yang disebabkan oleh minyak berlebihan dan juga sel kulit mati. Jerawat yang berupa bintik merah atau benjolan kecil, merupakan  jerawat yang masih terbilang ringan, sedang  jerawat yang sudah parah maka  bisa menutupi seluruh kulit wajah. Bahkan pada kondisi  yang sangat parah, jerawat bisa berukuran besar dank eras atau biasa disebut dengan istilah jerawat batu. Tak jarang pula, jerawat yang sudah parah dapat disertai cairan nanah di dalamnya.

Jerawat memang  masalah biasa tetapi selalu saja akan  menyita perhatian utama kita. Tidak ada seorang pun yang mengalami dewasa tanpa pernah berjerawat pada kulitnya. Tidak sedikit Anda yang sampai putus asa karena jerawat yang membandel ini dan terus muncul meski sudah diobati. Bahkan ada orang yang sudah menghabiskan perhatiannya guna menjalani  perawatan dan pengobatan namun jerawat yang dideritanya tidak kunjung sembuh juga. sebelum mencari tahu solusi terbaik untuk mengatasi jerawat yang Anda derita, terlebih dahulu Anda perlu mencari tahu secara jelas masalah penyebab Anda berjerawat dan mengapa tidak kunjung juga walau sudah dilakukan perawatan.

responsive

Faktor yang menyebabkan  Jerawat tidak Kunjung Sembuh

Jerawat tidak pernah pandang umur dan bisa bebas bermunculan di mana pun. Tetapi tentu ada penyebabnya. Inilah beberapa penyebab yang mengundang datangnya jerawat pada kulit wajah:

  1. Adanya faktor keturunan/genetik

Faktor genetik menjadi penyebab timbulnya jerawat pada kulit yang  sukar dihindari. Jika orang tua memiliki masalah jerawat pada kulitnya maka kemungkinan Anda juga  akan memiliki kesempatan besar juga  berjerawat akibat faktor keturunan atau genetik. Jika Anda berjerawat akibat adanya faktor genetik, langkah terbaik adalah selalu berkonsultasi ke dokter spesialis kulit secara rutin untuk mendapatkan perawatan terbaik bagi kulit Anda. Jangan pernah menggunakan perawatan/produk tanpa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit agar kulit Anda tidak bertambah parah jerawatnya.

  1. Kenali Jenis Kulit Anda

Mengenali jenis kulit sangatlah penting karena kulit setiap manusia berbeda-beda. Ada empat jenis kulit yang umum yaitu kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, dan kulit kombinasi. Cara mengenali jenis kulit bisa dengan memperhatikan kulit wajah kita sendiri di cermin. Atau berkonsultasi ke dokter kecantikan.

  1. Salah memakai Produk Perawatan Kulit /skin care

Gunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jangan sembarangan saat Anda memutuskan membeli produk perawatan kulit, jika salah menggunakan produk perawatan malah akan berakibat jerawat yang bertambah parah.

  1. Tidak menjaga kebersihan dan kebiasaan

Jerawat bisa timbul akibat kurangnya kita menjaga kebersihan diri ataupun lainnya. Kebersihan sponge, brush, towel, dan lainnya. Ada satu yang sering dilupakan yaitu kebersihan bantal tidur. Jangan lupa juga untuk tidur teratur, hindari polusi. membersihkan wajah dua kali sehari, dan pengatura pola hidup sehat.

  1. Kenali Jenis Jerawat Anda

Untuk mengetahui alasan mengapa jerawat tidak kunjung sembuh, sebaiknya anda mengenali berbagai jenis jerawat. Jerawat batu, jerawat karena hormon, jerawat karena debu  harus ditangani dengan cara berbeda.

  1. Perhatikan produk kecantikan Anda

Anda mungkin tidak menyadari bahwa produk kecantikan mulai dari ujung rambut, kulit, dan tubuh juga dapat menjadi penyebab jerawat yang tidak kunjung sembuh, untuk itu anda wajib memikirkan penggunaan dari produk tersebut.

Untuk mengatasi masalah jerawat paling mudah adalah dengan  pergi ke dokter kecantikan. Namun hal ini tentunya akan  memerlukan biaya yang tidak murah apa lagi jika  jerawat yang Anda derita cukup bandel.  Ada banyak cara atau solusi yang bisa dilakukan dan tentunya jauh lebih ekonomis.

Solusi Jitu  Jika Jerawat Tidak Kunjung Sembuh

Setelah Anda mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan jerawat sulit hilang dari wajah Anda meski sudah berulang kali melakukan pengobatan, kini Anda bisa mencoba beberapa solusi jitu untuk mengatasi masalah jerawat.

  1. Lakukan diet sehat

Lakukan diet sehat dengan menghindari makanan berminyak dan minuman yang manis. Makanan pedas juga perlu dihindari sebab dapat memicu produksi keringat yang bisa menimbulkan sebum wajah.

  1. Gunakan pelembab ber-SPF

Meski beraaktivitas di dalam ruangan, kulit kita juga butuh perlindungan dari sinar matahari yang dapat masuk melalui celah jendela dan memantul dari lantai. Gunakan pelembab yang mengandung SPF minimal 30 dan maksimal 50. Selain mengatasi jerawat agar tidak meradang, wajah juga akan terhindar dari kusam.

  1. Hindari terlalu sering menyentuh wajah

Kebersihan tangan perlu dijaga. Karena sebagian besar kita sering terlalu sibuk dengan menyentuh wajah. Saran terbaik adalah jangan terlalu sering menyentuh wajah agar jerawat tidak betah berada di wajah kita.

  1. Gunakan bahan – bahan alami

Selain dengan perawatan kulit  yang cocok dengan kulit, rawatlah wajah Anda dengan menggunakan bahan -bahan alami. Bahan alami Ini juga bisa menjadi solusi mudah untuk mengatasi jerawat di wajah. Di antaranya: dengan mengonsumsi atau menjadikannya sebagai masker seperti kentang, tomat, lemon ataupu olive oil.

  1. Banyak Minum Air Putih

Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari karena air putih akan melembabkan kulit dan menghilangkan racun – racun baik racun dalam tubuh maupun racun di kulit kita.

Semoga setelah Anda mengetahui penyebab dan solusi untuk mengatasi kulit yang berjerawat Anda bisa  dengan mudah mengatasi jerawat yang membandel dan saran terbaik adalah tetap menjaga pola hidup sehat.

responsive