Ramuan Ampuh Mengobati Jerawat Batu dari Daun Mengkudu

responsive

Ramuan Ampuh Mengobati Jerawat Batu dari Daun Mengkudu

Mengkudu atau yang sering disebut dengan noni memiliki beragam manfaat terutama daunnya untuk mengobati jerawat dan untuk melangsingkan tubuh. Selain itu daun mengkudu juga banyak digunakan dalam kesehatan diantaranya sebagai peningkat daya tahan tubuh, analgesik, anti inflamasi, pelawan kuman, pengontrol dan penstabil tekanan darah, pencegah hipertensi, demam, batuk, sakit perut, menghilangkan sisik pada kaki, mengobati kanker, melawan perut kembung, mengobati ambeien serta memperlancar pencernaan.

Senyawa Aktif Dalam Buah mengudu

responsive

Dalam buah mengkudu yang sudah masak terdapat gum arab dan berbagai jenis glukosa yang berfungsi sebagai daya anti tumor dan menstimulasikan terhadap kekebalan tubuh. Buah mengkudu juga memiliki kandungan Aerta yakni semacam senyawa aktif yang berfungsi merangsang pineal guna mengeluarkan serotonin dan endorphin ( morfin dalam tubuh ) yang banyak digunakan sebagai bahan utama dalam terapi bagi pengguna narkoba.

Dalam buah mengkudu terdapat senyawa antiseptik dan antibakteria pathogen yaitu Eschericia colli, Salmonella dan Staphylococcus aureus. Sebagaimana dijelaskan dalam penelitian Ester dari Fakultas Farmasi UGM pada tahun 1992.

Selain kandungan daari buah mengkudu tersebut, berikut kandungan lainnya yang terdapat dalam tanaman mengkudu baik dari buah maupun daun mengkudu:

– Mengkudu mengandung zat nutrisi yang secara keseluruhan mengkudu adalah salah satu buah dengan makanan bergizi lengkap dan menyehatkan walaupun sebagian orang masih enggan mengkonsumsinya karena rasa dan bau yang kurang sedap dari buah pace ini. Zat nutrisi yang juga sangat dibutuhkan oleh tubuh terdapat dalam buah mengkudu seperti : protein, vitamin, dan mineral penting lainnya, paling mudah didapat adalah dari buah mengkudu ini sebagaimana dikutip dari situs mengkudu.org.

  • Xeronine dan Proxeronine merupakan salah satu alkaloid penting yang banyak mengandung bahan pembentuk (precursor) yaitu proxeronine dalam jumlah besar. proxeronine adalah sejenis asam nukleat sperti koloid-koloid lainnya. Xeronine diserap sel-sel tubuh untuk menangkal protein-protein yang tidak aktif, mengatur strukur dan membentuk sel yang aktif.
  • Unsur kimia alami lainnya yang terdapat dalam mengkudu adalah : xeronine, plant sterois, alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.
  • Zat anti kanker sangat efektif untuk melawan sel-sel tidak normal dan dapat mengendalikan bakteri pathogen ( mematikan ) seperti : Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus. Zat-zat aktif yang terkandung dalam sari buah mengkudu itu dapat mematikan bakteri penyebab infeksi, seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, Staphylococcus aureus, Bacillus subtilis, dan Escherichia coli.
  • Terpenoid yaitu zat yang membantu dalam proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel tubuh
  • Selenium merupakan salah satu mineral tinggi yang dimiliki mengkudu dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh.
  • Scolopetin merupakan senyawa yang sangat efektif untuk anti peradangan dan anti alergi

Secara khusus konsumsi yang tepat terhadap buah dan daun mengkudu ini dapat meningkatkan produksi hormon insulin yang berfunsi untuk mengendalikan dan mengontrol kadar gula dalam darah. Buah dan daun mengkudu sangatlah kaya dengan kandungan anti oksidan untuk menangkal radikal bebas yang dapat menguatkan daya tahan tubuh.

Daun Mengkudu untuk Mengobati Jerawat

baca juga :

Daun mengkudu ternyata sangat ampuh untuk mengatasi jerawat batu yang membandel. Apa sih rahasianya? Ternyata dalam daun mengkudu terdapat kandungan alami yang sangat ampun melawan kuman penyebab jerawat diantaranya :

  • Zat antibakteri daun mengkudu, melemah kuman penyebab jerawat.
  • Colopetin mengatasi peradangan pada jerawat dan merupakan pencegahan terhadap alergi
  • Peremajaan kulit yang terkena jerawat batu ini menggunakan kandungan zat terpenes daun mengkudu
  • Kandungan terpenoidnya memberikan pemulihan sel-sel kulit yang telah rusak karena jerawat. Kombinasi bahan aktif pada daun mengkudu inilah yang memberikan penyembuhan dan sekaligus pemulihan kulit wajah akibat penyakit jerawat batu tersebut.

Bagaimana cara mengolah Daun Mengkudu sebagai obat Jerawat batu?

Ramuan Ampuh Mengobati Jerawat Batu dari Daun Mengkudu

Jerawat batu memiliki karakteristik yang berbeda dengan jerawat lainnya, disamping itu cara menghilangkan bekas jerawat batujuga susah akibat terbentuknya  lubang pada wajah.

Salah satu alternatif untuk menyembuhkan jerawat batu adalah pergi ke dokter spesialis kulit yang tentunya memerlukan biaya yang cukup besar. Namun Anda tidak perlu berkecil haati karena dengan memnafaatkan daun mengkudu ternyata Anda pun bisa terbebas dari Jerawat batu ini.

Berikut cara pembuatan ramuan pengusir jerawat batu berbahan daun mengkudu:

  1. Siapkan beberapa pucuk daun mengkudu (5-8 lembar) kemudian cuci bersih dengan air mengalir;
  2. Tumbuh hingga halus dan tambahkan minyak zaitun 5-7 tetes dan sedikit garam;
  3. Campur ketiga bahan tersebut hingga rata;
  4. hilangkan nanah jerawat dengan memencet jerawat menggunakan jari tangan (cuci tangan terlebih dahulu dengan cairan antisseptik) jangan menggunakan kuku;
  5. cuci muka dengan air hangat kemudian keringkan dengan handuk halus dan lembut;
  6. Bubuhkan/usapkan ramuan daun mengkudu tersebutpada jerawat yang telah dihilangkan nanahnya secara merata;
  7. Hindari ramuan terkena kulit yang tidak berjerawat;
  8. Tunggu beberapa saat sampai ramuan meresap ke dalam kulit dan mengering kira-kira 20-30 menit
  9. Bersihkan muka dan bilas dengan air bersih;
  10. Ulangi 2-3 kali sehari sampai jerawat mengering

Cukup mudahkan membuat ramuan ampuh untuk mengobati jerawat batu berbahan alami dari daun mengkudu tersebut? Selamat mencoba ladies!

responsive