Perawatan Kulit Wajah Kering dan Gatal karena Sensitif

responsive

Hai, Ladies. Wajah merupakan bagian yang cukup penting untuk diperhatikan, terutama bagi para wanita yang mendambakan penampilan yang menarik. Namun, beberapa wanita mungkin memiliki jenis kulit wajah yang sensitif. Sehingga, cukup sulit mengatasi efek samping dari beberapa produk kecantikan yang digunakan. Ciri-ciri kulit yang sensitif adalah mudah gatal-gatal, merah-merah dan kering. Ada juga yang reaksinya berupa munculnya benjolan pada kulit. Banyak yang memiliki anggapan bahwa kulit sensitif yakni kulit yang muadh berjerawat, padahal tidak seperti demikian.

Rata-rata penderita kulit sensitif merupakan yang pernah memakai krim berbahaya. Contohnya adalah krim pemutih wajah. Tidak semua penderita kulit sensitif cocok dengan produk yang digunakan untuk penanganan masalah kulit wajah untuk perawatan mengatasi jerawat, menghilangkan noda hitam maupun memutihkan wajah.

So, jangan sampai deh Anda mengalami maslah seperti ini Ladies. Karena, seringkali penanganan setelahnya sangat sulit dilakukan dan harus dengan kehati-hatian. Kali ini Shopious akan berbagi tips Perawatan Kulit Wajah Kering dan Gatal karena Sensitif. Yuk kita simak!

responsive

Langkah 1: Lakukan Pembersihan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan dalam merawat kulit sensitif adalah pembersihan dengan cleanser atau sabun khusus wajah. Namun, karena kulit Anda sensitif, Anda perlu menggunakan sabun khusus wajah yang sensitif. Jangan asal pakai sembarang produk.

Sabun konvensional bisa saja merusak minyak kulit esensial dan menimbulkan efek kering dan iritasi pada kulit wajah. Maka dari itu, sebaiknya Anda menggunakan sabun kecantikan khusus untuk perawatan wajah yang tidak mengandung bahan-bahan kimia yang keras misalnya detergen. Hindari juga produk yang mengandung acid/asam dan yang menggunakan wewangian. Lebih baik lagi, jika Anda mencoba bahan alami yang cocok bagi kulit sensitif Anda.

Sebaiknya, Anda tidak terlalu sering menggunakan scrub wajah. Cukup gunakan sekali perminggu. Scrub berfungsi mengelupaskan sel kulit mati, untuk kasus kulit sensitif  penggunaan scrub harus dibatasi. Gunakan sabun wajah yang lembut di kulit. Terlalu banyak scrubbing akan membuat kulit kering.

Langkah 2: Gunakan Pelembab

Pelembab dapat Anda gunakan setelah melakukan pembersihan. Pelembab berfungsi untuk mengembalikan kelembaban kulit wajah Anda yang hilang saat pembersihan. Hal ini menjaga kulit wajah Anda agar tidak kering dan gatal karena hilangnya kelembaban kulit anda.

Seperti halnya pembersih wajah, Anda perlu memilih pelembab yang cocok untuk kulit wajah Anda. Cobalah menguji beberapa produk di sebagian kulit sebelum menggunakannya secara keseluruhan. Anda dapat memilih pelembab berupa salep, krim atau lotion. Sebaiknya Anda memilih yang formulanya ringan untuk kulit wajah. Berhati-hatilah dengan produk yang mengandung wewangian agar kulit sensitif Anda tidak iritasi dan alergi.baca juga : Tips Perawatan Kulit Berminyak dan Jerawat

Langkah 3: Hindari Paparan Sinar Matahari

Selain pembersihan dan penggunaan pelembab, kulit sensitif juga sangat peka terhadap paparan sinar matahari. Seperti yang kita ketahui, sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan pada kulit wajah, penuaan kulit, iritasi bahkan menyebabkan kanker kulit. Anda bisa mengantisipasinya dengan menggunakan produk pelembab atau sunblock sebelum bepergian keluar ruangan.

Ada dua jenis ultra violet (UV) dari matahari  yang dapat merusak kulit yang perlu Anda ketahui. Pertama Sinar UV A yang menembus jauh ke dalam kulit. Sedangkan sinar UV B membuat kulit wajah terasa terbakar. Kebanyakan tabir surya hanya melindungi kulit Anda dari sinar UV B ini. Maka dari itu, ANda perlu memeriksa komposisi produk yang dapat melindungi Anda dari sinar UV A seperti zinc oxide, titanium dioksida dan Parsol 1789 (avobenzone).

Sun Protection Factor, atau SPF, juga harus menjadi bahan pertimbangan ketika memilih sunblok. SPF akan membantu anda mengetahui jika kulit memiliki cukup perlindungan terhadap sinar UVB. Pilih tabir surya yang tidak mengandung wewangian, bahan asam dan minyak. Dermatologists merekomendasikan menggunakan tabir surya setiap hari, menerapkan satu ons (29,5 mL) setiap dua jam. Jika anda berkeringat atau pergi ke kolam renang, anda perlu menggunakan tabir surya lebih sering.

Baca juga : Cara Perawatan Wajah Kulit Kering Secara Alami

Nah, Ladies itu tadi tips Perawatan Kulit Wajah Kering dan Gatal karena Sensitif. Semoga bermanfaat, salam cantik!

(Khalila Indriana)

responsive