Pengin Cantik, Perhatikan Kebersihan Kosmetik Anda

responsive
kulitwanita.com – Kosmetik dibuat untuk menyempurnakan kecantikan wanita, tetapi bisa juga untuk mengkoreksi kekurangan pada wajah Anda. Kosmetik seharusnya membuat Anda tampil lebih cantik. Namun apa jadinya jika karena kesalahan dalam merawat dan menyimpan alat kosmetika Anda malah membuat jerawat timbul?
Kuas atau spons bedak perlu dijaga kebersihannya karena spons yang kotor dapat menjadi sarana menumpuknya kuman pada kulit wajah Anda. Oleh karena itu, jangan abaikan kebersihan alat kecantikan Anda semisal kuas, spons, bedak dan sebagainya. Bersihkanlah peralatan kecantikan Anda 2 minggu sekali dengan merendamnya dalam air suam-suam kuku.
Cek kosmetik secara berkala. Jangan merasa sayang untuk membuang kosmetik yang telah kadaluarsa. Buang semua produk kosmetik yang sudah berubah warna, tekstur, dan aromanya, serta pecah-pecah membentuk butiran. Hal ini mengindikasikan bahwa kosmetik sudah lama atau kadaluarsa.
Untuk mengetahui kapan kosmetik mengalami kadaluarsa kenali usia umum dari kosmetik Anda
1. Lipstik atau lipgloss memiliki masa kadaluarsa: 2 sampai 3 tahun.
2. Alas bedak : 1 – 2 tahun
3. Bedak : 1 -2 tahun
4. Blush on : 4-6 bulan
5. Maskara : 3-6 bulan
6. Eye shadow : 3-6 bulan
Sering kita lihat banyak dari wanita ketika mengambil kosmetik menggunakan jari. Ini merupakan sebuah kesalahan karena kebiasaan ini dapat menjadi jalan bagi bermasalahnya kulit Anda karena tidak bersihnya kosmetik yang Anda pakai. Usahakanlah untuk tidak mengambil kosmetik dengan jari, terutama untuk pelembab, foundation, dan krim. Sebaliknya gunakan cotton buds atau kapas ketika akan menyentuh produk kosmetik.
Ada juga kesalahan yang sering Anda lakukan yakni memasukkan kembali sisa kosmetik yang awalnya berlebihan Anda keluarkan. Sebaiknya hal ini tidak dilakukan karena bisa menjadi sebab dari timbulnya jerawat dan iritasi kulit. Kosmetik dapat bertahan lebih lama bila disimpan dalam tempat yang sejuk dan tertutup rapat.

responsive