Langkah Mudah Mencerahkan dan Memutihkan Wajah Dengan Air Cucian Beras

adsense-fallback

Langkah Mudah Mencerahkan dan Memutihkan  Wajah Dengan Air Cucian Beras

kulitwanita.com – Air bekas cucian beras atau yang sering disebut dengan ‘leri’  sering dibuang percuma tidak dimanfaatkan.  Padahal kandungan nutrisi beras yang tertinggi terdapat pada bagian kulit ari.  Dan nutrisi pada kulit ari inilah yang hilang selama proses penggilingan dan mencuci beras. Banyak nutrisi yang hilang saat proses mencuci beras yakni sekitar 80%  vitamin B1, 70% vitamin B3, 90% vitamin B6, 505 mangan (Mn), 50% Fosfor, 60% Zat Besi (Fe), 100% serat, dan asam lemak esensial.

Jika Anda perhatikan saat mencuci beras pada saat mencuci pertama kali, air akan berwarna putih keruh. Warna keruh ini terjadi karena lapisan terluar dari bers ikut terkikis. Meskipun banyak nutrisi yang hilang , namun pada bagian kulit ari masih terdapat sisa-sisa nutrisi yang bermanfaat. Bagia Anda wanita yang mendambakan kulit yang bening dan cerah tidaklah harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli produk pemutih yang berharga cukup mahal, Anda bisa memanfaatkan air cucian beras.

adsense-fallback

Dalam Beras terdapat oryzanol yang memiliki kemampuan untuk menangkal radiasi dari sinar UV ke kulit. Kandungan inilah yang sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit Anda.

Jika Anda biasa mencuci muka dengan air beras secara teratur niscaya secara bertahap, kulit muka Anda akan menjadi lebih bercahaya dan flek hitam pun akan semakin memudar Keriput dan noda hitam pada wajah juga akan hilang.

Berikut manfaat air cucian beras untuk kesehatan dan kecantikan kulit

  1. Memudarkan noda hitam

Untuk memudarkan noda hitam Anda bisamenambahkan kunyit kedalam air cucian beras

  1. Menyembuhkan jerawat

Penggunaan air beras untuk cuci muka dapat membantu mengurangi produksi jerawat tetapi ada hal yang harus diperhatikan agar kulit Anda tidak menjadi kering.

  1. Mengatasi komedo membandel

Gunakan air beras dengan suhu  suam-suam kuku untuk mencuci muka biarkan hingga kering. Setelah itu, gosok komedo dengan lembut menggunakan handuk halus

  1. Memudarkan warna coklat kulit setelah berjemur

Pakailah kapas atau handuk lembut untuk mengoleskan air beras di tubuh Anda selama 20 menit. Anda juga dapat menggunakan tomat sebagai campurannya. Setelah selesai, segeralah mandi untuk menghilangkan sisa-sisanya. Tips diatas digunakan untuk mengatsi Kulit yang kecoklatan setelah berjemur di bawah terik matahari.

  1. Mengencangkan kulit

Air beras bisa membantu Anda  mengencangkan kulit yang mulai mengendur terutama sehabis diet dan mengalami penurunan berat badan.

  1. Mengurangi keriput

Anda bisa mengatasi keriput di sudut mata dengan menggunakan air beras.

 baca juga :

Dua Cara Memanfaatkan air cucian beras untuk wajah dan kulit  :

  • Cara pertama – Campurkan air dan beras . siapkan seperempat kilogram beras, aduk merata air dengan beras dan saring beras sehingga didapatkan air cucian saja. Ulangi selama tiga kali dan simpan air yang disaring tersebut kedalam wadah. Gunakan air ini setiap saat untuk mencuci muka setiap saat. Jika disimpan di dalam kulkas, air cucian beras ini bisa bertahan selama satu minggu .
  • Cara kedua – masukkan beras ke dalam kain katun kemudian tumbuk secara pelan hingga beras hancur. Beras dalam kain yang hancur masukkan ke dalam air hangat kemudian usapkan ke bagian wajah Anda. Setelah itu bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.

Langkah –Langkah Praktis Mencuci Wajah Dengan Air Cucian Beras

bagaimana cara yang tepat untuk mencuci muka dengan air beras? Berikut langkah-langkah praktis mencuci wajah dengan air beras seperti dilansir oleh boldsky.com :

Langkah Pertama

Siapkan mangkuk sebagai tempat menampung beras kemudian isi dengan beras. Cuci bersih beras dan buang air yang pertama  untuk membuang kotoran dan bahan kimia yang ada pada beras tersebut.

Langkah Kedua

Tambahkan air bersih kembali dan rendam beras selama 30 menit. Kemudian pisahkan air dengan beras.

Langkah Ketiga

usapkan pada wajah Anda air rendaman beras tersebut. Pijat secara lembut selama kurang lebih 6 menit menggunakan jari.

Langkah Keempat

Cuci wajah Anda dengan air bersih kemudian keringkan dengan handuk dengan cara menepuk-tepukan secara lembut pada kulit wajah Anda.

Masker Air Cucian Beras

Selain dengan cara diatas, Anda pun bisa membuat masker dari beras untuk mencerahkan wajah dengan menghilangkan noda-noda bekas jerawat, komedo, dan kotoran di permukaan kulit, berikut langkah-langkahnya :

Cara praktis membuat masker dari beras:

  1. Cuci beras dengan air bersih dengan sedikit air agar air hasil cucian beras yang dihasilkan putih dan kental untuk digunakan sebagai masker.
  2. Tiriskan beras dan air cuciannya, pisahkan air dengan wadah berbeda yang nantinya akan digunakan sebagai masker.
  3. Bersihkan wajah terlebih dahulu untuk membuang kotoran yang menempel di muka.
  4. Lumuri wajah dengan air cucian beras secara merata.
  5. diamkan selama 10-15 menit hingga wajah terasa sedikit kaku karena air cucian beras mengendap di kulit.
  6. Lakukan metode ini secara rutin minimal 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal

Mudahkan embuat makser dengan air cucian beras? Semoga dengan artikel Langkah Mudah Mencerahkan dan Memutihkan  Wajah Dengan Air Cucian Beras, Anda mendapatkan kulit indah menawan.

adsense-fallback