Lakukan Tips Sederhana Ini Jika Jerawat Muncul Di Punggung

responsive

Lakukan Tips Sederhana Ini Jika Jerawat Muncul Di Punggung

Jerawat memang penyakit yang sangat menyebalkan. Meskipun tidak menyebabkan kematian namun banyak kasus yang menyebabkan penderita mengakhiri hidupnya karena frustasi dengan jerawat yang di derita. Jerawat tidak hanya menyerang bagian wajah namun ada pula yang terjadi pada bagian punggung dan kepala. Meskipun tidak berada di bagian wajah, jerawat yang muncul di bagian punggung pun perlu disembuhkan.

Jerawat yang muncul di area punggung terjadi karena dipicu oleh tekanan beban yang besar di area punggung seperti memikul tas atau bisa disebabkan oleh pengaruh cuaca panas dan pakaian ketat yang dikenakan.

responsive

Untuk mencegah jerawat muncul di area punggung, sebaiknya lakukan hal-hal berikut:

Segera Mandi setelah beraktifitas

Usahakan untuk segera mandi setelah Anda melakukan aktivitas yang menimbulkan banyak keringat. Anda juga bisa menggunakan  produk yang mengandung asam salisilat untuk membantu menyegarkan kulit dan membuang minyak berlebih. Jangan lupa cuci rambut dan bilas hingga bersih sehingga tidak ada lagi conditioner shampo yang tertinggal.

Kenakan Pakaian Longgar

Cara terbaik untuk mencegah jerawat muncul di area punggung adalah dengan mengenakan pakaian longgar. Pakaian sempit membuat kulit sulit bernafas dengan baik dan menambah beban dan gesekan pada punggung yang menjadi pemicu munculnya jerawat di area tersebut. pilih baju dari kain berserat alami atau kain yang bisa menjaga kulit tidak lembab.

Pilihlah Tas Pinggang daripada Tas Punggung

Untuk menghidari reesiko jerawat di area punggung pakailah tas selempang atau tas pinggang. Ada beberapa kasus jerawat muncul di punggung akibat dari pemakaian tas tersebut.

Jangan Gosok Punggung Berlebihan

Anda tak perlu menggosok punggung secara berlebihan untuk mencegah punggung berjerawat. Yang perlu Anda lakukan adalah selalu menjaga punggung Anda tetap bersih. Gunakan sabun yang ringan guna membersihkan minyak yang berlebihan pada permukaan sel kulit mati di bagian punggung. oleskan juga krim yang mengandung benzoil peroksida pada area punggung yang berjerawat.

Jangan Memencet Jerawat

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh orang yang sedang berjerawat adalah dengan memencetnya. Perlu diketahui, memencet jerawat bukanlah cara yang tepat untuk menyingkirkan jerawat. Memencet jerawat malah akan membuat jerawat semakin membandel dan timbul peradangan kulit serta membuat nanah masuk lebih dalam ke dalam kulit. Jika kulit Anda kering, gunakan pelembap non-comedogenic. Kulit yang terlalu kering bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Hindari Penggunaan Air Panas dan Dingin

Hindarilah penggunaan air panas atau dingin saat mandi. gunakan air dengan suhu sedang atau hangat saat mandi. air yang terlalu panas dan terlalu dingin bisa memperburuk masalah kulit jika digunakan.

Ganti Sprei Secara Rutin

Ada alasan penting mengapa Anda harus mengganti sprei secara teratur. Karena semakin lama sprei tidak Anda ganti maka akan semakin banyak keringat,sebum, kulit mati, dan kuman yang bersarang di dalam sprei tersebut.

Lakukan Pengobatan Mandiri

Untuk melakukan pengobatan mandiri terhadap jerawat yang muncul di area punggung Anda bisa menggunakan bahan yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat tanpa resep dokter seperti benzoil peroksida, asam salisilat, dan sulfur. Ingatl, perawatan ini khusus hanya untuk jerawat yang berkategori ringan.

Anda juga bisa mengatasi jerawat yang muncul di punggung dengan cara alami. Berikut ini, ada beberapa cara tradisional untuk menghilangkan jerawat pada punggung:

  1. Minyak zaitun. Oleskan satu sendok makan minyak zaitun pada sehelai kain bersih, kemudian tepuk-tepuk pada punggung yang berjerawat secara merata.
  2. Mandi dengan rebusan air kemangi. Caranya mudah, rebus kemangi dan campurkan air rebusannya dengan air biasa pada ember.
  3. Masker tomat. Blender tomat, daun mint, dan yoghurt. Oleskan secara merata pada punggung yang berjerawat. Biarkan sampai kering, lalu bilas dengan air bersih.
  4. Gunakan scrub beras. Campurkan scrub beras dengan perasan dua buah lemon kemudian balurkan ke punggung yang berjerawat, tapi hati-hati agar jerawat tidak pecah.
  5. Gunakan masker mentimun dan putih telur. Caranya, blender mentimun yang telah dipotong-potong kemudian kocok putih telur sampai terlihat kaku. Campurkan jus mentimun dengan putih telur yang telah dikocok, kemudian balurkan pada punggung Anda.

Semoga dengan memperhatikan hal-hal tersebut di atas, punggung Anda terbebas dari masalah jerawat.

responsive