Kriteria Kacamata Hitam yang Berkualitas

responsive

Kacamata hitam dulu digunakan mungkin hanya untuk gaya atau style semata. Namun sekarang kacamata hitam sudah menjadi kebutuhan. Kebutuhan akan kesehatan mata. Kacamata hitam punya fungsi yang lebih dari sekadar gaya, saat ini fungsi utama kacamata hitam adalah untuk melindungi mata dari bahaya sinar UV.

Sama seperti kulit, sinar ultraviolet (UV) atau sinar matahari juga dapat membahayakan lensa dan kornea mata. Radiasi UV dapat meningkatkan resiko katarak serta timbulnya Pterygium atau tumbuhnya jaringan putih mata ke dalam kornea mata.

Sinar UV juga dapat meningkatkan resiko timbulnya penyakit Pingueculum atau kelainan mata berupa benjolan dan kekuningan pada jaringan putih mata. Paparan radiasi UV terutama yang berasal dari sinar matahari dapat diatasi dengan menggunakan kacamata hitam.

responsive

Meskipun begitu, tidak semua kacamata hitam bisa digunakan untuk melindungi mata dari bahaya sinar UV. Apalagi sekarang ini, kita bisa dengan mudah mendapatkan kacamata hitam selain di optik.

baca Juga :

Dalam memilih kacamata hitam yang baik untuk kesehatan sebaiknya memenuhi Kriteria berikut:

#.  Simbol UV

Pastikan sekali lagi, ada symbol UV di kacamata hitam yang anda pilih. Biasanya itu berbentuk stiker dengan huruf UV yang dikelilingi gambar sinar matahari. Ada tulisan “100 percent absorption” atau “UV 400” yang artinya kacamata hitam itu bisa memblok gelombang yang lebih pendek dari 400 nm, termasuk sinar UVA dan UVB.

Jika tulisannya tidak mendetail, misalnya hanya “absorbs UV”, sebaiknya anda tidak memilih kacamata hitam itu.

#.  Jangan pedulikan warna

Tak perlu memilih kacamata yang warnanya paling hitam. Semakin gelap kaca, belum tentu semakin ampuh proteksinya. Warna lain seperti biru, hijau, atau bahkan pink sebenarnya punya fungsi yang sama. Warna-warni itu dibuat hanya untuk selera fesyen yang berbeda. Anda bisa menyesuaikan warna dengan lingkungan. Misalnya, kacamata berwarna hijau lebih cocok dipakai saat pagi atau senja.

#.  Bingkai besar

Semakin besar bingkai kaca berarti semakin banyak pula area yang dilindungi. Bingkai besar itu juga berfungsi memblok sinar yang datang dari samping. Ternyata, kacamata berbingkai besar juga membuat mata anda tak lebih mudah kering.

#.  Kualitas bahan

Ada harga, ada barang. Harga kacamata hitam ditentukan pula oleh kualitas bahannya. Kacamata hitam yang bagus terbuat dari kaca optik dengan sedikit distorsi pada bentuknya. Sedangkan kacamata yang harganya lebih murah, biasanya terbuat dari plastik.

#.  Polarisasi

Sebenarnya, anda tak terlalu memerlukan kacamata hitam dengan polarisasi. Itu tak ada kaitannya dengan manfaat melindungi mata. Kacamata yang terpolarisasi diciptakan hanya untuk menghilangkan silau saat mengemudi atau di dalam air.Jika anda mau membeli kacamata sebaiknya di optik-optik yang terpercaya ya agar kriteria kacamata hitam yang baik untuk kesehatan mata di atas dapat terpenuhi. (Wahyu Septi Anggaini)

responsive