Ketiak Hitam? No Way!

responsive

Ketiak Hitam? No Way!

Sebagai seorang wanita, penampilan memang sesuatu yang tak bisa diremehkan. Dari ujung kepala sampai ujung kaki, ditawarkan aneka perawatan untuk menunjang penampilan ini. Salah satunya yang menunjang penampilan cantik yaitu ketiak. (baca juga : Inilah Tips Memutihkan Ketiak Secara Alami)

Ketiak menghitam merupakan masalah, karena menyebabkan wanita kurang percaya diri, terutama saat memakai baju tanpa lengan. Sebenarnya, apa sih yang bikin ketiak jadi hitam?

Mencukur dan Mencabut

Kedua perilaku di atas dapat membuat ketiak jadi hitam. Saat mencukur ketiak, kurang lebih 1/3 bagian yang ikut terangkat adalah kulit. Alhasil kulit ketiak menjadi kasar, dan rentan iritasi. Anda bisa memperhatikan kulit ketiak menjadi agak kering karena kehilangan kelembaban, permukaannya tidak rata, warna kulit sedikit kemerahan, kulit ketiak terasa gatal dan perih, serta munculnya jerawat-jerawat kecil pada ketiak.

responsive

Produk beralkohol

Terlalu sering menggunakan produk kosmetik yang mengandung alkohol dapat menyebabkan iritasi pada kulit ketiak. Terutama apabila sesudah dicukur atau dicabut lalu diaplikasikan produk kosmetik yang beralkohol maka kulit ketiak bisa menghitam.

Gara-gara produk kosmetik

Produk kosmetik seperti sabun, parfum, dan lain sebagainya dapat memicu ketiak jadi hitam. Terutama apabila ada gesekan yang terjadi pada ketiak dan ketiak menjadi iritasi. Bahan-bahan tersebut justru memperparah kondisi kulit ketiak.

Anti ketiak hitam

Agar terhindar dari ketiak hitam, inilah yang harus anda lakukan:

  1. Waxing ketiak, sehingga bulu terangkat sempurna dan tidak terjadi iritasi di kulit ketiak.
  2. memilih produk kosmetik (sabun dan parfum) dengan kandungan alcohol yang rendah.
  3. Memilih deodorant less alcohol dan berfungsi untuk memutihkan ketiak.

Terus bagaimana apabila kondisi kulit ketiak sudah menghitam?

Seorang pengguna Youtube dari channel iamvanessae bercerita bahwa dia memiliki ketiak yang cerah dengan cara alami. Ada 3 hal yang dia lakukan untuk membuat kulit ketiaknya mulus dan tidak gelap. Inilah tips yang dia bagi:

#1.  Jangan Pakai Pisau Cukur

Untuk menghilangkan bulu halus di ketiak, mencukur adalah cara yang mudah dan praktis. Namun mencukur akan membuat lapisan kulit paling luar terkikis. Hal tersebut bisa membuat kulit ketiak iritasi dan rentan berubah warna, palagi jika setelah bercukur langsung memakai deodorant. Maka lempar alat cukur anda, gantilah dengan pinset. Rasanya mungkin akan sedikit sakit dan agak lama mencabut satu persatu bulu, namun permukaan kulit tidak akan menipis. (baca juga : 7 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara Permanen)

#2.  Ganti Deodorant Dengan Air Jeruk Nipis

Salah satu penyebab kulit ketiak hitam adalah penggunaan deodorant atau antiperspirant yang terus menerus. Karena itu iamvanessae menyarankan agar anda berhenti memakainya. Lalu bagaimana agar tidak bau badan? Pakai perasan air jeruk nipis. Selain bisa membuat kulit lebih cerah, air jeruk nipis juga bisa mengatasi bau badan secara alami. Ini juga lebih sehat dibandingkan pakai deodorant.

#3.  Scrub Ketiak Dengan Air Jeruk Nipis, Madu dan Gula Pasir

Untuk mengangkat sel kulit mati di ketiak pakai bahan-bahan alami. Campur 1 sdt madu, 1 sdt air jeruk nipis dan gula pasir secukupnya aduk hingga rata. Saat mandi, gunakan scrub tersebut di bagian ketiak. Tak perlu keras menggosoknya, cukup beri pijatan lembut, sebab kulit ketiak sangat sensitif. Bilas ketiak anda dan keringkan dengan handuk bersih. Lakukan ini seminggu sekali.

Selamat mencoba, hasil akan nampak setelah rutin dilakukan selama 1 bulan. Ketiak Hitam? No way!

(Khalila Indriana)

Pencarian Terkait:

responsive