Kesalahan-Kesalahan Dalam Perawatan Kecantikan

responsive
Kulitwanita.com – Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh wanita dalam melakukan perawatan kecantikan. Sehingga bukannya menjadikan Anda bertambah cantik, namun malah sebaliknya menjadi penyakit pada diri Anda. Hal ini dapat terjadi karena adanya kesalahan pada saat melakukan perawatan kecantikan seperti kesalahan memilih kosmetik, atau ketidakcocokan jenis perawatan, jenis kulit dan sebagainya.
  • Salah Memilih Kosmetik

Kosmetik merupakan senjata andalan bagi wanita agar tampil cantik. Banyak wanita berdandan secara berlebihan dengan kosmetik mereka. Penggunaan kosmetik yang tidak tepat dapat mengakibatkan kerusakan pada wajah Anda. Tinggalkan kebiasaan-kebiasaan salah Anda seperti tidak mengecek kadaluarsa kosmetik yang tertera pada kemasan, tidak memperhatikan kebersihan kosmetik seperti mengambil kosmetik dengan jari, atau memasukan kembali sisa kosmetik yang berlebih yang dapat menyebabkan jerawat dan iritasi kulit. Perhatikan, sebaiknya Anda membuang semua produk kosmetik jika produk yang Anda gunakan sudah berubah warna, tekstur, dan aromanya. Perhatikan selalu agar ketika menyentuh produk menggunakan cotton buds atau kapas. Atau tuangkan sedikit ke telapak tangan baru kemudian dioleskan ke wajah.

Perhatikan pemilihan kosmetik. Saat ini banyak sekali ditemukan produk-produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya. Sebuah kosmetik dikatakan mengandung bahan berbahaya jika dalam komposisinya ditengarai mengandung rodamin-B, merkuri, dan hidroquinon. Bahan-bahan inilah yang ditengarai dapat menimbulkan efek negatif pada kesehatan kulit Anda. Telitilah sebelum membeli kosmetik, Karena ketiga bahan tersebut sering ditemukan pada kosmetik yang terdapat di pasaran. Memang, ketiga bahan kimia tersebut memiliki fungsi ketika ditambahkan pada kosmetik tetapi menjaga kesehatan kulit Anda jauh lebih besar manfaatnya daripada menggunakan produk yang mengandung bahan berbahaya.
Rodamin-B, dipercaya dapat meninggalkan kesan rona merah dan tahan lama pada pipi dan bibir. Biasanya bahan rodamin-B ini terkandung dalam produk kosmetik perona pipi atau blush on dan lipstik. Padahal rodamin-B merupakan zat pewarna sintetis yang lebih banyak digunakan di industssri tekstil. Zat kimia ini tentu seharusnya tidak boleh ada dalam produk kosmetik karena rodamin-B ini bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker).
Merkuri memiliki manfaat menimbulkan efek mencerahkan dan mengilapkan penampilan kulit. Sehingga produk-produk kecantikan yang mengandung merkuri biasanya terdapat dalam produk bedak, perona mata atau eye shadow, dan bermacam-macam krim pemutih kulit. Merkuri juga sering disebut sebagi whitening agents. Inilah sebab mengapa banyak produsen kosmetik memasukkan merkuri dalam komposisi produk mereka karena merkuri dapat memberikan kesan kulit lebih putih .bersinar bagi penggunanya
Hidroquinon merupakan bahan tambahan sebagai pemutih untuk menghilangkan flek atau noda hitam pada wajah. Hidroquinon biasanya terdapat pada kosmetik untuk perawatan seperti pemutih wajah mulai dari krim, losion, dan lainnya. Namun penggunaan hidroquinon perlu dibatasi dan diawasi.
  • Mengabaikan Kebersihan Alat Kecantikan
Kuas atau spons bedak yang kotor akan menumpukkan kuman pada wajah kulit dan menimbulkan jerawat. Bersihkan dua minggu sekali dengan menggunakan air suam-suam kuku.
  • Tidur Tanpa Membersihkan Make Up
Make up yang tidak dibersihkan dapat menyumbat pori, menimbulkan jerawat, dan iritasi pada mata. Kulit butuh waktu untuk memperbaiki sel-sel. Namun, karena pori-pori tersumbat , proses ini menjadi terhambat sehingga membuat kulit menjadi kusam. Selain itu, tidak membersihkan kulit wajah dalam waktu 24 jam sangat tidak baik bagi kulit Anda. Kulit butuh bernapas sehingga make up yang menutupi pori-pori kulit perlu dibersihkan. Untuk itu, bersihkan wajah dari make up sebelum 24 jam sejak pemakaiannya. Gunakan sabun khusus wajah jangan gunakan
sabun mandi! Sabun mandi yang bersifat alkalis (basa) bisa membuat lapisan paling atas dari kulit ari yang berfungsi sebagai pelindung wajah terkelupas.Akibatnya, jika cairan sabun ini masuk ke kulit , bisa terjadi iritasi dengan tanda-tanda kulit merah, gatal, kering, dan bersisik. Sabun yang baik untuk wajah adalah yang memiliki pH (tingkat keasaman) netral atau sama dengan pH kulit (biasanya tingkat pH tertera pada kemasan).
  • Menggosok Wajah Dengan Scrub Secara Berlebihan
Menggosok wajah dengan scrub secara berlebihan akan membuat resiko kulit menjadi kering dan menghilangkan lapisan kulit yang paling atas. Ketika Anda menggosok kulit yang butuh kelembaban, kulit akan merespon seakan-akan ia terluka, dan akibatnya kulit memproduksi lebih banyak minyak, yang akhirnya menyebabkan timbulnya jerawat. Saaran terbaik hanya gunakan spons atau scrub wajah satu atau dua kali dalam seminggu.
  • Mengoleskan Pelembab Secara Berlebihan
Penguapan cairan dalam kulit dapat dicegah dengan pelembab kulit, tetapi mengoleskan pelembab kulit secara berlebihan dengan harapan agar kulit menjadi semakin terlindungi justru akan mebuat pori-poori kulit wajah tersumbat sehingga rentan timbulnya jerawat. Untuk mengetahui apakah pemakaian pelembab berlebihan atau tidak, cek setelah 15 menit pemakaian jika kulit muka masih terlihat berminyak ini pertanda bahwa pelembab tidak terserap dengan baik oleh kulit. Disamping itu, kulit wajah terlihat sembab.
  • Memencet Jerawat
Kebiasaan memencet jerawat justru akan memperparah kondisi jerawat. Ketika wajah sedang berjerawat disarankan menggunakan purifying mask, atau masker yang mampu mengangkat kotoran wajah secara mendalam. Masker ini umumnya berbahab dasar lumpur (mud mask) atau tanah liat (clay mask) yang efektif untuk mengangkat kotoran serta minyak di wajah. Bisa juga menggunakan masker wajah yang mengandung bahan aktif pembasmi jerawat alias medicated mask. Anda juga bisa membiarkan jerawat menghilang dengan sendirinya dengan menunggu hingga menjadi matang. Anda bisa mengeluarkan sumbatan dari jerawat yang matang dengan lembut. Caranya celupkan kapas ke dalam teh chamomile. Tempelkan selama mungkin pada kulit yang berjerawat untuk melembutkannya. Balut ujung jari yang sudah dicuci dengan tisu bersih dan tekan pelan daerah sekitar jerawat sampai isinya keluar. Oleskan antiseptik atau krim jerawat setelahnya.
  • Mengandalkan SPF yang terdapat Pada Foundation
Untuk mengukur kadar SPF di laboratorium, ahli kimia mencampur 2 mg produk foundation ber –SPF ke setiap cm persegi dari kulit. Itu sama dengan jumlah setengah sendok teh untuk seluruh wajah Anda. Anda mungkin tidak menggunakan foundation sebanyak itu (foundation ber- SPF) dan jika ya, harap hentikan. Lebih baik Anda mengaplikasikan tabir surya ber-SPF, tunggu beberapa menit agar menyerap ke kulit wajah, lalu lanjutkan dengan foundation tanpa SPF.
  • Terlalu Dekat Ke Cermin Saat Mencabut Alis
Jika Anda terlalu dekat ke cermin saat mencabut alis, Anda akan kehilangan perspektif atas bentuk alis Anda.Bentuk alis yang wajar dan tampak bagus adalah yang dimulai dari sudut dalam dari mata Anda.
  • Menyikat Rambut Saat masih Basah
Menyikat rambut saat rambut masih basah akan mengakibatkan rambut yang sehat maupu yang rusak tertarik dan rontok pada saat itu juga sehingga lama kelamaan bisa terjadi kebotakan pada rambut.
  • Menggarisi Bibir Sebelum Memakai Lipstik
Cara yang benar untuk memakai lip liner dan lipstik adalah mengaplikasikan lipstik terlebih dahulu, lalu gunakan lip liner untuk membingkai garis bibir.
  • Memompa Maskara Untuk Mendapatkan Cairan Lebih Banyak
Apakah Anda sering memompa maskara berkali-kali dengan stiknya agar Anda bisa mendapatkan cairan yang lebih banyak? Sebenarnya, cara ini takkan berhasil. Di dalam setiap tabung maskara terdapat semacam wiper yang mengukur ketepatan jumlah cairan maskara setiap Anda menarik stik keluar dari tabung. Jadi, tak peduli berapa kali Anda memompa stik maskara Anda, jumlah maskara yang menempel di kuasnya tetap sama. Anda sebaiknya berhenti melakukan kebiasaan ini karena memompa membuat udara masuk ke dalam tabung dan dapat merusak formula cairan maskara , akibatnya cairan maskara sulit menempeldi bulu mata saat diaplikasikan.
  • Terlalu Menghindari Lemak
Asupan lemak diperlukan agar kulit tidak tidak jadi kering, bersisik dan rambut bercabang. Anda dapat mengonsumsi lemat nabati untukmendapatkan kulit indah tanpa khawatir akan gemuk.
  • Lupa Berolahraga
Olahraga tak hanya baik bagi tubuh, tetapi juga dapat membuat kulit berseri karena meningkatnya aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk kulit. Anda dapat berolahraga dengan murah, mudah, namun memberi manfaat yang luar biasa bagi tubuh dan kesehatan Anda. Sesuaikan olahraga yang akan Anda lakukan dengan usia dan kondisi tubuh guna menghindari kemungkinan tubuh terbebani dan menimbulkan kelelahan, cedera otot, tulang, dan persendian.
  • Kurang Tidur
Tidur sangat penting untuk kulit. Selama tidur, enzim-enzim perbaikan bekerja memperbaiki kerusakan, mengurangi toksin, dan mendistribusikan nutrisi ke sel-sel tubuh. Memang, bagi sebagian wanita ada yang mengalami kesulitan tidur. Hal itu bisa disebabkan karena terlalu banyak pikiran atau keadaan yang tidak mendukung.
  • Model Potongan Rambut Yang Monoton
Mempertahankan model potongan rambut selamma bertahun-tahun merupakan hal yang tidak tepat. Sebaiknya, lakukan perubahan kecil pada potongan rambut agar penampilan Anda lebih segar secara keseluruhan.
  • Menyemprotkan Parfum di Pergelangan Tangan
Jika Anda mengenakan arloji atau gelang, wewangian akan berbaur dengan aroma dari aksesori Anda. Lebih baik, semprotkan parfum pada titik denyut nadi di leher karena daerah ini lebih hangat dan akan membantu menyebarkan wewangian.
  • Menyemprotkan Parfum Langsung Ke Rambut
Parfum biasanya mengandung alkohol, yang akan membuat rambut Anda kering. Kalau Anda ingin rambut Anda berbau wangi seperti parfum favorit Anda, semprotkan parfum ke telapak tanga, tepukkan kedua telapak tangan beberapa kali sampai alkoholnya menguap, lalu sisirkan jemari tangan ke rambut Anda. Atau semprotkan wewangian ke ujung-ujung jemari Anda, lambaikan tangan selama beberapa detik, lalu tekan-tekan di rambut. (Aqila Smart/Perawatan Modern untuk Kecantikan Wanita)
Semoga dengan memahami Kesalahan-Kesalahan Dalam Perawatan Kecantikan ini dapat mendapatkan keindahan kulit yang Anda inginkan.

responsive