Kenali 4 Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Timbulnya Kantung Mata

responsive

Kenali 4 Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Timbulnya Kantung Mata

Mata sebagai salah satu organ penting memiliki peran menunjang Anda saat  beraktivitas . Selain itu mata juga  memiliki peranan penting dalam menunjang penampilan Anda. Bisa Anda bayangkan ketika Anda sudah tampil modis dan trendi namun hanya gara-gara area sekitar mata terdapat lingkar mata yang terlihat lebih hal ini akan menjadikan Anda  terlihat lebih tua dari umur Anda yang sebenarnya. Anda juga akan terlihat layaknya orang yang baru saja bangun tidur. Tentu saja hal ini akan menyusahkan Anda ketika Anda harus berpenampilan menarik.

Kebanyakan orang berpikiran bahwa kantung mata terjadi saat Anda mengalami masalah dengan tidur/kurang tidur. Apa jadinya jika Anda sudah memiliki tidur cukup tetapi kantung mata tetap terlihat? Jika kantung mata tetap muncul padahal Anda sudah memiliki tidur cukup, alangkah baiknya Anda me-review kebiasaan-kebiasaan yang bisa menyebabkan timbulnya kantung mata.

responsive

Artikel Menarik Lainnya :

Tips Hilangkan Lingkar Hitam di Bawah Mata

Seperti dilansir dari laman  shopious.com ada 4 alasan yang menyebabkan kantung mata muncul meski Anda sudah memiliki tidur yang cukup, diantaranya sebagai berikut :

  1. Garam

Perhatikanlah asupan garam agar jangan sampai berlebih agar kecantikan Anda selalu terjaga. Diet tinggi natrium akan membuat air dalam tubuh tertimbun dalam satu area salah satunya adalah kantung mata.

  1. Keramas dan Pembersihan Muka Tidak sempurna

salah satu penyebab umum terjadinya dermatitis kelopak mata adalah shampo, kondisioner dan cairan pembersih muka yang tertinggal di daerah kelopak mata saat Anda keramas dan membersihkan muka. Kesimpulan ini berdasarkan keterangan dari Matthew Zirwas, MD, director dari The Contact Dermatitis Center di Ohio State University Wexner Medical Center. Kantung mata juga terjadi karena timbulnya peradangan (Dermatitis). Lakukanlah pembersihan  sisa make-up dan shampoo sampai benar-benar bersih setiap selesai keramas dan memakai make-up terutama saat Anda menggunakan eyeshadow dan maskara yang mengandung bahan pengawet dan pewangi yang tentu saja bisa  memburuk kantung mata Anda.

  1. Berat Badan Turun Secara Drastis

Untuk menghindari timbulnya kantung mata, sebaiknya Anda menghindari diet ekstrim yang akan membuat berat badan Anda turun secara drastis dalam waktu singkat. Jikapun Anda ingin melakukan diet, lakukanlah diet secara sehat yang tidak mengharuskan Anda meminum pil-pil diet agar berat badan Anda turun. Jika Anda mengalami penurunan bobot tubuh secara signifikan, lihatlah apa yang akan terjadi pada area pipi, volume pipi akan turun secara drastis yang tentu saja akan mengganggu transisi dari mata hingga pipi. Hal inilah yang menjadi penyebab timbulnya kantung mata.

  1. Terlalu sering Menggunakan Produk Perawatan Kulit

Retinol, asam salicylic, asam glycolic dan kandungan lain pada produk perawatan kulit  yang Anda  gunakan bisa menyebabkan timbulnya kantung mata. Hal ini berdasarkan pendapat Ellen Marmur, MD, associate clinical professor of dermatology and genetics and genomic research di Mt. Sinai Medical Center. Penggunaan produk perawatan kulit yang terlalu dekat dengan area halus di bawah mata kita bisa menyebabkan peradangan, iritasi yang bisa  menyebabkan pembuluh darah bocor dan merembes ke daerah terdekat ke permukaan kulit.

Jika kantung mata sudah terlihat pada mata Anda apa yang perlu dilakukan? Untuk mengatasi kantong mata, pijatlah secara lembut di daerah berkantung menggunakan jari tengah dari arah ujung dalam menuju ke ujung luar. Pijatlah dengan gerakan memutar. Selain itu, gunakan tabir surya untuk sehari-hari. Kantong mata ini muncul akibat adanya timbunan lemak berlebihan di dalam kulit yang berada di bawah mata.

Selain itu Anda bisa mencoba tips berikut untuk menghilangkan lingkar mata Anda yakni :

  1. Masak dua cangkir air hingga panas, tapi jangan sampai mendidih;
  2. Masukkan kain lembut ke air tersebut hingga hangat saat disentuh tangan;
  3. Lalu, tempelkan kain ke mata selama 15 menit;
  4. Setelah 15 menit, pindahkan;
  5. Tepuk-tepuk ringan kulit kelopak mata yang telah kering.
  6. Lalu oleskan krim mata.

Alternatif lain untuk menyejukkan mata Anda adalah dengan memotong tipis kentang dan letakkan di mata selama beberapa menit. Kentang mengandung enzim dan pigmen pencerah kulit yang berguna untuk mengurangi lingkaran hitam di sekitar mata..

Demikian informasi seputar penyebab munculnya kantung mata beserta tips dan cara menghilangkannya.

responsive