Jika Kulit Anda Terkena Eksim, Berikut Pencegahan dan Pengobatannya

responsive

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Eksim

Eksim atau yang sering disebut juga dengan dermatitis adalah peradangan pada kulit yang terjadi pada lapisan kulit bagian atas. Eksim bisa memengaruhi setiap area kulit, tetapi biasanya muncul pada lengan dan belakang lutut, dan kambuh secara berkala dan kemudian mereda. Penyakit Eksim  ini sering muncul di kaki, muka dan kepala.

Penyebab eksim bisa berupa rangsangan zat-zat kimia(sabun atau salep) atau karena rangsangan cuaca. Kulit yang terkena eksim biasanya memiliki gejala-gejala antara lain :

responsive
  1. Kulit terasa gatal dan panas serta mungkin parah terutama pada malam hari
  2. Muncul benjolan kecil yang berisi cairan dan muncul kerak di atasnya ketika tergores
  3. Kulit menebal, pecah-pecah atau bersisik
  4. Kulit menjadi sensitif dari goresan
  5. Bagian kulit yang terkena eksim melepuh dan berisi nanah serta berwarna merah kecoklatan

Kulit yang terkena eksim ditandai dengan gatal berkepanjangan dan menggaruknya bisa meningkatkan intensitas gatal, mungkin menyebabkan neurodermatitis. Neurodermatitis merupakan suatu kondisi dimana area kulit yang sudah sering tergores menjadi tebal dan kasar. Menggaruk juga bisa menyebabkan luka permanen atau perubahan warna kulit.

Pada bayi eksim biasanya muncul pada kulit kepala dan wajah. Untuk pengobatan eksim pada bayi dengan cara mengidentifikasi dan menghindari iritasi kulit, menghindari suhu ekstrim, dan memberikan pelumas pada kulit bayi dengan minyak mandi, losion, krim atau salep.

Penyebaran eksim bisa berasal dari sentuhan langsung kulit dengan bahan pengiritasi seperti tumbuhan beracun, karet , logam, perhiasan, parfum dan kosmetik.

Jika kulit Anda terindikasi terkena eksim ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sendiri sebagai pencegahan dan pengobatannya.

Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan jika terkena penyakit eksim:

  1. Identifikasi dan hindari pemicu yang memperburuk peradangan pada kulit. Perubahan yang cepat dalam suhu, keringat dan stres bisa memperburuk kondisi. Hindari kontak langsung dengan produk wol, seperti karpet, selimut dan pakaian serta sabun yang keras dan deterjen.
  2. Oleskan krim anti gatal-gatal atau losion kalamin pada daerah yang terkena eksim. Krim hidrokortison yang mengandung sedikitnya hidrokortison 1 persen, bisa meredakan gatal. Anthihistamin oral, seperti diphenhydramine bisa membantu jika gatal cukup parah.
  3. Hindari menggaruk bila memungkinkan. Tutup daerah gatal jika Anda tidak bisa menahan diri untuk tidak menggaruk. Potong kuku dan gunakan sarung tangan pada malam hari.
  4. Gunakan kompres dingin. Perban eksim untuk membantu melindungi kulit dan mencegah goresan.
  5. Mandi hangat, dengan menaburi air mandi dengan baking soda, oatmeal mentah atau oatmeal koloid atau campurkan anti bakteri dalam air mandi untuk membunuh bakteri yang tumbuh pada kulit.
  6. Pilih sabun ringan tanpa pewarna atau parfum. Pastikan untuk membilas sabun sepenuhnya dari tubuh Anda.
  7. Lembabkan kulit dengan menggunakan minyak atau krim untuk menyegel kelembaban kulit saat masih basah sehabis mandi.perhatian khusus untuk kaki, lengan, punggung, dan sisi tubuh. Jika kulit Anda sudah kering pertimbangkan untuk menggunakan krim pelumas.
  8. Kenakan pakaian katun yang dingin, dan bertekstur halus. Hindari pakaian yang kasar, ketat, gatal atau terbuat dari wol.hal ini akan membantu Anda menghindari iritasi. Kenakan juga pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca atau saat Anda berolahraga untuk menghindari keringat berlebih.

Setelah Anda mengetahui hal-hal  yang bisa dilakukan guna meminimalisir gejala eksim, Anda juga sebaiknya mengetahui ramuan herbal yang bisa membantu Anda mengobati penyakit eksim ini.

Berikut 5 ramuan herbal yang bisa Anda buat untuk mengobati penyakit eksim.

Ramuan Herbal/tradisional  untuk Eksim :

  1. Ramuan Herbal Eksim 1

Bahan : 25  gram daun kecubung dan minyak kelapa secukupnya.

Cara membuat : daun kecubung ditumbuk, lalu ditambahkan minyak kelapascukupnya. Campuran tadi dipanaskan sebentar.

Cara pemakaian :  oleskan campuran tadai selagi hangat dibagian tubuh yang terkena eksim.

  1. Ramuan Tradisional untuk eksim 2

Bahan : 10 gram asam, 5 jari rimpang temulawak, 20 gram gula jawa, 7 lembar daun ngokilo, dan 1 genggam daun sambiloto.

Cara membuat : temulawak dikupas, kemudian dipotong tipis-tipis. Campurkan dengan bahan-bahan lainnya. Campuran bahan tesebut kemudian direbus dalam dua gelas air, dan biarkan ssampai airnya tersisa satu gelas saja. Kemudian saring air rebusan tersebut.

Cara pemakaian : diminum sekaligus selama lima hari berturut-turut. Sehari cukup sekali minum.

  1. Ramuan tradisional eksim 3

Bahan : 1 jari rimpang temulawak, setengah jari asam kawak, dan gula aren secukupnya.

Cara membuat : temulawak dicuci, lalu diiris tipis-tipis. Rebus semua bahan hingga air yang tersisa tinggal setengahnya. Air rebusan disaring.

Cara pemakaian : air rebusan diminum sekaligus. Sehari cukup satu gelas. Setelah lima hari, biasanya luka akibat eksim akan sembuh.

  1. Ramuan herbal eksim 4

Bahan : 1 jari kunyit, 1 sendok makan air kapur sirih dan air jeruk nipis.

Cara membuat : kunyit dicuci sampai bersih, lalu diparut. Tambahkan satu sendok makan air kapur sirih dan lima tetes air jeruk nipis. Setelah semua bahan tercampur rata, remas-remas.

Cara pemakaian : balurkan ramuan tersebut dibagian tubuh yang terkena eksim. Lakukan dua kali sehari sampai luka akibat eksim sebuh.

  1. Ramuan herbal eksim 5

Bahan : 10 gram jahe, 100 gram wortel, dan 60 gram akar alang-alang.

Cara membuat : semua bahan dicuci hingga bersih, kemudian direbus dengan 500 ml air hingga tersisa 200 ml. Air rebusannya disaring.

Cara pemakaian : diminum selagi hangat sebanyak dua kali sehari.

Jika dirasa eksim tersebut sudah sangat menggangu perlu kiranya Anda meminta pertolongan medis. Temui dokter jika Anda merasa tidak nyaman, sulit tidur atau terganggu dari rutinitas hariananda, kulit terasa sakit, Anda menduga kulit Anda terinfeksi, atau Anda sudah mencoba langkah-langkah perawatan sendiri namun tidak kunjung berhasil. Pengobatan dini terhadap eksim sangat penting, karena semakin parah eksim semakin sulit untuk dikendalikan.

Demikian beberapa informasi seputar penyakit eksim dan pencegahannya serta tips yang bisa dilakukan jika terkena penyakit eksim. Semoga bermanfaat.

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Eksim

responsive