Jangan Gunakan Produk Perawatan Kulit Ini Secara Bersamaan

responsive

Hati-hati, Jangan Gunakan Produk Perawatan Kulit Ini Secara Bersamaan

Merawat kulit bagi wanita merupakan hal yang sangat penting. Karena keadaan kulit seseorang bisa mencerminkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebagai organ, kulit tidak hanya menutupi tubuh, tetapi juga memberi sistem kekebalan dan membantu mengurangi toksin.

Memiliki kulit yang halus, kencang, dan sehat sebenarnya bukan  hal yang tidak mungkin, selama kita mau melakukan perawatan sejak dini dan menjalankan pola hidup sehat.

responsive

Saat ini terdapat banyak produk perawatan kecantikan kulit yang yang beredar di pasaran. Ada produk kecantikan yang akan bekerja maksimal jika saling dikombinasikan dengan produk lainnya. Tetapi disisi lain, terdapat juga beberapa produk kecantikan yang akan berkurang efektifitasnya saat digunakan bersamaan. Perlu pengetahuan bagi Anda, produk/bahan apa saja yang boleh digabung atau tidak boleh digunakan secara bersamaan saat perawatan kulit.

Artikel menarik lainnya : Cara Ampuh Menghilangkan Komedo

Berikut  daftar komposisi dalam produk yang harus dihindari penggunaannya secara bersamaan agar perawatan kulit  bisa memberikan hasil maksimal.

Salicylic acid dan Glycolic Acid

Salicylic acid memiiki fungsi untuk mengobati jerawat sedang Glycolic Acid berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati tanpa mengharuskan di-crub terlebih dahulu. Kedua acid ini memiliki fungsi dan khasiat yang berbeda pada kulit. Tetapi sangat disarankan untuk tidak menggunakan kedua bahan ini secara bersamaan karena akan memiliki efek kulit menjadi kering. Memang kedua bahan ini sangat bermanfaat bagi perawatan kulit tetapi sangatlah bijak jika Anda tidak menggunakannya sekaligus dalam sekali perawatan.

Benzoil Peroksida dan Hydroquinon

Benzoil peroksida memiliki fungsi sebagai antibiotik topikal yang membunuh Propionibacterium acnes, atau P. acnes, bakteri yang menyebabkan jerawat dan juga menghasilkan peradangan. P. Acnes. Dan juga menurunkan produksi minyak pada kulit. Kelenjar minyak yang terlalu aktif akan berkontribusi terhadap timbulnya jerawat yang akan berubah menjadi benjolan berisi nanah yang bengkak dan merah yang dikenal sebagai jerawat.

Sedangkan Hydroquinon memiiki fungsi untuk menghilangkan bekas-bekas jerawat yang berwarna gelap Hidroquinon merupakan bahan tambahan sebagai pemutih untuk menghilangkan flek atau noda hitam pada wajah. Hidroquinon biasanya terdapat pada kosmetik untuk perawatan seperti pemutih wajah mulai dari krim, losion, dan lainnya. Namun penggunaan hidroquinon perlu dibatasi dan diawasi.

Benzoil Peroksida dan Hydroquinon  sebaiknya jangan digunakan secara bersamaan kaena  efeknya bisa menimbulkan noda di wajah walaupun tidak permanen.  Saran terbaik adalah gunakan kedua bahan tersebut di area kulit yang berbeda untuk menyamarkan noda pada kulit, hindari menggunakan benzoil peroksida di area tersebut jika sudah menggunakan Hydroquinon, begitu juga sebaliknya.

Octinoxate dan Avobenzone

Bahan ini biasa terdapat pada produk tabir surya, ada beberapa pabrikan yang memasukkan keduanya dalam satu produk, Sempatkan untuk melihat ke daftar komposisi sebelum menggunakan produk  sunscreen atau produk ber-SPF.  Octinoxate bisa  menurunkan kerja Avobenzone jika digunakan secara bersamaan, yang tentunya akan  membuat sunscreen menjadi tidak stabil dan tidak bisa memberikan perlindungan secara maksimal pada kulit Anda.

Vitamin C dan Benzoyl Peroxide

Benzoyl peroxide termasuk produk perawatan kulit  yang banyak digunakan dalam perawatan kulit. Sementara itu, produk skin care lain juga banyak yang  mengandung vitamin C . Vitamin C sangat populer karena khasiatnya karena bisa mencegah penuaan dan mampu menjadikan kulit cerah. Benzoil Peroxide selain tidak boleh disandingkan dengan Hydroquinon, juga tidak boleh dipakai bersamaan dengan Vitamin C. Adapun alasannya, obat jerawat ini bisa mengoksidasikan vitamin C sehingga membuatnya tidak berkhasiat. Jika menggunakan benzoyl peroxide, jangan gunakan produk skin care yang mengandung vitamin C, begitu juga sebaliknya.

Sonic Brush dan Eksfolian

Sonic brush memiliki kemampuan mengeksfoliasi secara lembut. Jika Anda telah mengngunakan sonic brush jangan gunakan eksfoliator lainnya. Hal ini akan berakibat pada kehilangan minyak sehat dari kulit wajah yang berakibat kulit menjadi kasar. Saran terbaik gunakan produk eksfoliator salah saatu saja.

Retinoid dan Benzoil Peroksida

Jangan gunakan retinoid dan benzoil peroksida secara bersamaan meskipun bahan ini mampu meredakan jerawat dengan baik, sebaiknya hindari untuk tidak menggunakannya secara bersamaan. Benzoil peroksida dikenal menyebabkan kulit kering. Jadi, menggunakannya bersamaan dengan retinoid dapat menyebabkan kulit Anda menjadi lebih  kering dan mudah iritasi.

Retin A dan eksfolian berbulir

Retin A termasuk bahan untuk produk perawatan kulit yang banyak digunakan para ahli dermatologi karena khasiatnya yang mampu membantu regenerasi kulit, membantu mengatasi kerut, warna kulit yang tidak merata dan kulit kasar secara keseluruhan. Sayangnya, Retin A juga cenderung mengeringkan kulit, membuat kulit mengelupas dan jadi super sensitif. Menggunakan eksfolian berbulir untuk mengangkat serpihan kulit bisa memperburuk kondisi kulit. Lebih baik gunakan waslap halus untuk mengangkat kulit mati secara lembut.

Retin-A dan Toner

Jika menggunakan Retin – A, jangan gunakanbersamaan dengantoner. Gunakan salah satu saja. Penggunaan  secara bersamaan kedua bahan tersebut  bisa membuat kulit kering.

AHA dan Retinoid

AHA atau alpha hidroksi acid, dapat ditemukan di buah-buah tertentu dan di susu. AHA memiliki efek samping yang hampir sama dengan penggunaan retinoid ykni sel kulit menjadi lebih cepat terbentuk, kulit mengalami iritasi dan sensitif.

Retinoid mmerupakan produk turunan dari vitamin A yang biasa digunakan untuk melawan jerawat dan penuaan kulit. Efek samping dari Retinoid adalah, sel kulit mati menjadi lebih cepat terbentuk, kulit juga bisa  mengalami iritasi dan menjadi lebih sensitif. Karena itu, hindari penggunaan kedua produk ini secara bersamaan.

Refensi  : Womenshealthmag, facetofeet

responsive