Ini 9 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

responsive

Ini 9 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alam

Apa sih penyebab ketombe dan bagaimana cara menghilangkan ketombe? Ketombe merupakan Disorientasi satu masalah rambut yang lazim dialami oleh semua orang, bagus kaum pria dan ataupun perempuan. Ketombe berasal dari serpihan kecil kulit mati di kulit kepala yang biasanya menyebabkan sensasi gatal. Ketombe Bisa menyebabkan masalah lain, seperti kulit kepala kering dan rambut rontok. Ketombe juga Bisa jadi faktor penyebab timbulnya jerawat.

Apa Penyebab Ketombe?

Ketombe dikarenakan saat Fungi yang disebut Malassezia tumbuh di kulit kepala kita.

responsive

Ada dua jenis ketombe. Pertama ketombe yang dikarenakan di karenakan kulit kepala kering, sementara yang kedua dikarenakan di karenakan produksi minyak Lebih di kulit kepala. Beberapa penyebab lainnya:

– Menyisir rambut dengan cara yang Disorientasi
– Jarang keramas
– Diet buruk
– Stres
– Kondisi medis seperti eksim dan dermatitis seboroik

Apakah Ketombe Menyebabkan Rambut Rontok?

Ketombe biasanya menyebabkan gatal di kulit kepala, dan saat kita menggaruknya, folikel rambut mendapatkan guncangan yang Bisa menyebabkan rambut rontok. Itulah kenapa kebanyakan orang yang menderita ketombe juga mendapatkan rambut rontok.

Apakah Diet Bisa Mencegah dan Mengurangi Ketombe?

Diet seimbang sangat penting untuk Hayati sehat. Selain itu juga Bisa membantu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Berikut merupakan perubahan pola makan yang Bisa kita lakukan untuk mengurangi ketombe:

Sertakan sayuran berdaun hijau, buah-buahan segar, dan kacang-kacangan dalam diet kita. Telur mengandung nutrisi penting seperti protein, zinc, zat besi, vitamin B12, dan asam lemak omega-6 dan semua nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan kulit kepal.

Pastikan kita minum delapan hingga sepuluh gelas air setiap hari. Dan hindari makanan pedas, gorengan, saus tomat, dan minuman bersoda.

Bagaimana Cara Menghilangkan Ketombe dengan cara Alami?

Menjaga kebersihan sangat penting untuk mencegah dan menghilangkan ketombe. Namun keramas rambut setiap hari bukanlah solusi yang tepat untuk masalah ketombe, kenapa? di karenakan Bisa menyebabkan kulit kepala kita kering dan bersisik. bila kita menderita masalah ketombe, cukup keramas tiga kali seminggu, dan pastikan kita memijat kulit kepala dengan minyak alami sebelum keramas. Dan hindari penggunaan hair spray dan gel.

Untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan menghilangkan ketombe, sangat penting untuk melonjakkan sirkulasi darah di kulit kepala. Sisirlah rambut kita dengan cara menyeluruh setiap hari, ini Bisa membantu mengatur Genre darah. Memijat kulit kepala dengan minyak alami Bisa membantu membunuh Fungi penyebab ketombe.

Mengurangi stres juga Bisa membantu menghilangkan ketombe. Pastikan kita tidur 8 sehari dan berolahraga dengan cara teratur.

Selain itu, kita Bisa memakai bahan bahan alami berikut ini untuk menghilangkan ketombe membandel:

1. Yogurt dan Lada

Ragi dalam tubuh kita merupakan penyebab yang memicu peradangan. Hal ini menyebabkan penumpukan ragi di kulit. melonjakkan bakteri bagus dalam sistem pencernaan kita Bisa mengurangi ragi dalam tubuh kita. Dan yogurt merupakan Disorientasi satu sumber terbaik dari bakteri bagus. Yogurt juga Bisa mencegah kulit kepala bersisik dan merica merupakan antijamur.

Cara:
– Ambil 2 sdm lada hitam dan haluskan.
– Tambahkan satu cangkir yoghurt (dadih).
– Aduk rata dan terapkan di kulit kepala (pastikan kita hanya mengoleskannya di kulit kepala dan tak di rambut).
– Biarkan selama satu jam dan setelah itu bilas dengan air.
– Keramas dengan sampo ringan.

Campuran dari yogurt dan lada ini merupakan Disorientasi satu kombinasi terbaik untuk menghilangkan ketombe.

2. Minyak Zaitun

Ada dua cara di mana minyak zaitun Bisa membantu menghilangkan ketombe. Pertama, minyak zaitun melembabkan daerah yang kering di kulit kepala dan mencegahnya  mengelupas. Kedua, minyak zaitun Bisa meresap ke dalam daerah yang tebal dan bersisik di kulit kepala yang menyebabkan masalah ketombe.

Cara:
– Sebelum tidur, pijat kulit kepala kita setiap hari dengan minyak zaitun hangat.
– Pagi harinya, bilas rambut kita dengan sampo ringan.
– Pastikan kita menutupi kepala dengan pembungkus berbahan katun (untuk mencegah rambut terkena debu).

Minyak zaitun, terutama yang hangat, mempunyai konsistensi yang lebih bagus dan efektif untuk mengobati kulit kepala kering dan bersisik.

3. Cuka

Cuka Bisa membunuh Fungi dan bakteri di kulit kepala. Selain itu juga membantu dalam mengobati kulit kering dan mengurangi ketombe. Kandungan asam dalam cuka mengurangi gatal di kulit kepala dan mencegah pengelupasan.

Cara:
– Pijat kulit kepala kita dengan cuka, dengan cara lembut dan mendalam.
– Pastikan cuka tak masuk ke dalam mata.
– Cara terbaik untuk memakai cuka merupakan pertama didihkan 2 cangkir cuka. Setelah itu biarkan dingin, campurkan 1/8 cuka dengan 1 cangkir air dan gunakan sebelum keramas.

Kandungan asam dalam cuka Bisa membantu menghilangkan ketombe lebih efektif daripada kebanyakan produk lain yang mengklaim Bisa menyembuhkan ketombe.

4. Baking Soda

Baking soda dikenal mampu mengurangi Fungi yang terlalu aktif yang Bisa menyebabkan ketombe.

Scrub baking soda merupakan exfoliant ringan yang membantu menghilangkan kulit mati. Minyak berlebih di kulit kepala juga Bisa dikurangi dengan Donasi baking soda.

Cara:
– Tambahkan 1 sdt baking soda di sampo favorit kita. Cuci rambut kita seperti biasa.
– Serpihan yang menempel di kulit kepala kita sebagian besar Bisa dihilangkan dengan hanya sekali keramas memakai campuran baking soda.

Baking soda membantu menghilangkan kulit mati, sehingga kulit kepala Bisa menghasilkan minyak alami.

5. Air Lemon dan Minyak Kelapa

Disorientasi satu penyebab masalah ketombe merupakan ketidakseimbangan pH dalam kulit kepala. Keasaman air lemon Bisa membantu menyeimbangkan pH kulit kepala dengan demikian menghilangkan ketombe. Minyak kelapa mengandung zat pendingin dan anti bakteri.

Cara:
– Peras 1/2 lemon tambahkan 5 tetes minyak kelapa.
– Oleskan campuran tersebut dengan lembut di kulit kepala kita dan biarkan selama sekitar setengah jam.
– Cuci memakai sampo ringan.

6. Lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai sifat antibakteri alami dan sifat fungisida. Selain itu juga mempunyai karakteristik enzim proteolitik; yang berarti Bisa memecah protein, termasuk sel-sel kulit mati. Lidah buaya bertindak sebagai exfoliant dengan menghapus kulit mati sehingga tak muncul sebagai ketombe.

Cara:
– Ambil gel lidah buaya, pijatkan ke kulit kepala kita.
– Biarkan selama sekitar lima belas menit.
– Cuci dengan sampo ringan.
– Terapkan dengan cara teratur untuk hasil terbaik.

Lidah buaya tak hanya membantu membersihkan kulit kepala, akan tetapi juga menyembuhkan dan menyegarkan.

7. Apel

Apel mentah mengandung procyanidin B-2, senyawa alami yang Bisa membantu melonjakkan pertumbuhan rambut. Kalau ketombe tak diobati, di akhirnya Bisa menyebabkan rambut rontok, buah apel berperan menjaga rambut kita tetap sehat.

Cara:
– Campurkan 2 sdm air apel dengan 2 sdm air, terapkan ke kulit kepala kita.
– Diamkan selama sekitar lima belas menit dan setelah itu cuci dengan sampo ringan.

8. Jahe

Jahe mengandung sifat anti-inflamasi dan juga Bisa merangsang pertumbuhan rambut. apabila jahe dicampur dengan minyak, Bisa melonjakkan sirkulasi darah di kulit kepala. Komponen aktif dari jahe seperti minyak atsiri membantu mencegah ketombe.

Cara:

– Tuang sekitar empat ons minyak wijen ke dalam cangkir kecil tambahkan minyak jahe secukupnya.
– Pijat lembut kulit kepala kita dengan minyak.
– Biarkan selama 10-15 menit, setelah itu cuci dengan sampo ringan.

Minyak jahe, apabila dikombinasikan dengan minyak alami seperti minyak wijen, Bisa menjadi bahan terbaik untuk menyembuhkan ketombe dan melonjakkan kesehatan rambut.

9. Daun Selasih

Daun selasih atau basil merupakan Disorientasi satu dari demikian banyak bahan alami yang Bisa menyembuhkan ketombe. mempunyai sifat antibakteri dan antijamur, membantu menghilangkan ketombe dan juga melonjakkan kesehatan kulit kepala.

Kombinasi daun selasih dengan bubuk amla Bisa menjadi obat yang sangat efektif untuk ketombe.

Cara:

– Campurkan daun selasih dengan bubuk alma, aduk hingga berbentuk pasta.
– Terapkan di rambut kita dan biarkan selama setengah jam.
– Setelah itu, bilas rambut dengan air Higienis.

Tips Mencegah Ketombe

Seperti Perkataan pepatah, mencegah lebih bagus dari di mengobati. Berikut ini tips mencegah ketombe atau dalam bahasa melayu sering disebut kelemumur.

Selain keramas teratur, mengelola stres juga penting untuk mencegah ketombe. Stres Bisa memicu ketombe dan menyebabkan ketombe tambah parah.

Kurangi pemakain hair spray dan styling gel. Produk ini Bisa menyebabkan kulit kepala berminyak.

Makan makanan yang sehat. Nutrisi seperti zinc, vitamin B dan asam lemak esensial Bisa membantu mencegah ketombe.

responsive