Ingin Cantik, Putih, Menawan dan Aman?

responsive

Ingin Cantik, Putih, Menawan dan Aman?

Setiap wanita pasti ingin dibilang cantik. Tapi apa sih kriteria cantik? Setiap orang passti punya pendapat masing-masing. Ada yang bilang tinggi, langsing, putih adalah cantik. Mungkin yang lain punya kriteria bahwa cantik adalah yang molek, padat berisi, hitam manis dan lain sebagainya.

Salah satu kriteria yang lazim bagi orang Indonesia kebanyakan adalah berkulit putih. Hal ini menjadi bidikan berbagai produk kecantikan, yang berlomba-lomba menawarkan produk pemutih. Bahkan di Jepang pun, yang orang-orangnya notabene sudah berkulit putih, produk-produk pemutih kulit masih banyak ditawarkan, dan laris pula.

responsive

Vitamin C Untuk Kecantikan

Vitamin C sering diklaim memiliki efek kecantikan. Vitamin C memang merupakan vitamin yang penting dalam proses pembentukan kolagen, yaitu sejenis protein penyusun jaringan ikat pada kulit, sendi, pembuluh darah, mata, hati, dan berbagai organ tubuh lain. Bagi kulit, pembentukan kolagen ini menyebabkan kulit tidak mudah keriput dan tetap elastis. Jadi memang cukup beralasan penggunaan vitamin C untuk kecantikan, utamanya mencegah kerut-kerut ketuaan. Laroscorbin merupakan vitamin C dengan dosis 1 g/5 ml larutan injeksi. Hanya saja tentu tidak harus dalam bentuk sediaan injeksi. Vitamin C dalam bentuk tablet atau tablet hisap maupun krim bisa digunakan. Bahkan vitamin C yang berasal dari alam seperti dari jeruk, jambu biji, dan lain-lain juga bisa menjadi sumber vitamin C dalam tubuh.

Vitamin C pun memiliki efek untuk mencegah pigmentasi atau pewarnaan kulit. Hal ini karena vitamin C merupakan suatu antioksidan yang kuat yang dapat menangkal proses oksidasi  yang diperlukan dalam pembentukan melanin. Melanin merupakan pigmen yang menyebabkan warna gelap pada kulit yang terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama. Selain itu, vitamin C juga berfungsi sebagai penghambat enzim tirosinase yang berperan juga dalam pembentukan melanin, sehingga berefek mencerahkan kulit.

Apakah vitamin C meningkatkan kadar asam urat? Menurut beberapa literatur vitamin C justru mengurangi kadar asam urat karena bersifat urikosurik. Untuk kasus ini belum bisa dijawab mengapa terjadi kenaikan asam urat selama injeksi dengan vitamin C.

Tationil

Tationil adalah nama paten untuk sediaan glutathion dengan kadar 600 mg/4 ml larutan injeksi. Glutathion sendiri adalah suatu molekul asam amino yang penting dalam tubuh, yang beraksi sebagai antioksidan, peningkat sistem imun, dan detoksifier (pengeluar racun dari dalam tubuh). Ia tersusun dari 3 asam amino non-esensial yaitu sistein, glisin dan asam glutamat. Glutathion terdapat pada semua sel untuk menjag dan mempertahankan sel dari kerusakan, terutama oleh serangan radikal bebas. Jadi fungsi glutathion sebenarnya tidak khusus untuk kecantikan. Bahkan ia juga bisa mencegah kanker, penyakit jantung, penuaan dini, dan penyakit kronis lainnya. Namun, jika dikombinasi dengan vitamin C, memang dikatakan akan meningkatkan ketahanan tubuh, mengurangi kelelahan,, menjaga kulit tetap sehat dan awet muda. Glutathion sebenarnya banyak dijumpai pada makanan seperti asparagus, brokoli, alpokaat, telur, bawang, daging merah dan bayam.

Amankah?

Selama penggunaannya di bawah pengawasan dokter, tentunya dokter sudah memperkirakan dosis yang sesuai dengan kebutuhan pasien. Namun bagaimana pun obat adalah senyawa asing dalam tubuh, yang jika berada dalam kadar berlebihan tentu akan berefek merugikan. Jadi perlu waspada dalam penggunaannya.

Tidak ada yang salah untuk ingin tampil cantik. Tapi jangan sampai keinginan  untuk menjadi cantik membuat kita melupakan risiko kesehatan.(Resep HidupSehat/Prof. Dr. Zullies I, Apt.)

responsive