Cara Perawatan Wajah Kulit Kering Secara Alami

responsive

Kulit kering adalah salah satu masalah kulit yang tak bisa dibiarkan. Apalagi jika kulit kering ini berada pada wajah Ladies semua. Sayang banget kan Ladies, jika kecantikan wajahmu harus berkurang gara-gara kulit kering? Namun tak usah khawatir, kulit kering dapat diatasi dengan ramuan alami lho, Ladies.

Kulitwanita.com akan memberikan tips cara perawatan wajah kulit kering secara alami yang dapat kamu aplikasikan dalam perawatan kecantikan sehari-hari. Apa saja tipsnya? Simak artikel ini sampai selesai ya!

1. Minum Banyak Air Putih

Air adalah pelembab alami dari kulit kering. Jika kamu memiliki jenis kulit kering, minumlah air putih secara teratur minimal 8 gelas per hari atau setara dengan 2 liter air. Konsumsi air putih secara teratur akan membuat kulitmu lembab alami dari dalam.

responsive

2. Hindari Mandi Air Panas

Air panas dapat mengurangi kelembaban kulit. Apalagi jika kulitmu memang sudah kering, mandilah dengan air dingin. Namun jika tak memungkinkan (harus menggunakan air panas) maka usahakan suhunya jangan terlalu panas. Setelah mandi, basuhlah wajahmu dengan air dingin atau usap dengan toner.

3. Gunakan Pelembab

Kulit kering wajib diolesi pelembab tiap hari. Bubuhkan pelembab sesering mungkin agar wajah kamu tak bersisik. Pemakaian lotion pelembab ini sebaiknya sesaat setelah mandi atau mencuci muka ketika kulit masih lembab (karena air). Pilih lotion yang berbahan dasar air. Lotion yang berbahan dasar air akan menstabilkan kadar air dalam kulit dan ringan di kulit.

4. Pakai Minyak Zaitun

Perawatan kulit kering selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun berfungsi sebagai pelembab alami yang baik untuk kesehatan kulit wajah kamu. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan wajah dari debu dan kotoran
  • Tuangkan minyak zaitun di telapak tangan yang bersih
  • Oleskan minyak zaitun ke wajah, pijat dngan gerakan memutar
  • Oleskan ke seluruh wajah hingga semuanya terbalur sempurna
  • Diamkan kurang lebih setengah jam
  • Basuh dengan air hangat
  • Bilas kembali dengan air biasa/dingin
  • Lap dengan handuk kering
  • Gunakan minyak zaitun seminggu 1-3 kali

5. Gunakan Masker Wortel

Wortel dipercaya dapat mengembalikan kelembaban alami kulit. Gunakan wortel sebagai masker dengan cara menghancurkan wortel dengan blendr. Gunakan wortel sebagai masker, diamkan beberapa lama, kemudian bilas dengan air. Kulit Anda akan lebih segar dan lembab, karena nutrisi dalam wortel dapat terserap ke dalam kulit.

6. Asupan Vitamin yang Cukup

Vitamin A, C, dan E dapat membantu kulit menjadi segar, lembab dan kenyal. Konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A dan C seperti pepaya, jeruk, dan sebagainya untuk memenuhi asupan vitamin. Biji-bijian seperti gandum dan biji bunga matahari mengandung vitamin E yang dapat menjaga elastisitas kulit. Konsumsilah vitamin A, C dan E tambahan dalam bentuk suplemen agar dapat menolong kulit kering .

7. Hindari Sinar Matahari Langsung dan Paparan AC

Sinar amatahari dapat memperparah kulit kering. Gunakan tabir surya dan pelindung seperti topi, payung dan sebagainya. Kemudian hindari terlalu lama di dalam ruangan ber-AC. Jika terpaksa berada di ruangan ber-Ac, usahakan memakai lotion pelembab agar kulit tidak semakin kering.

Baca Juga :

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kamu terapkan untuk cara perawatan wajah kulit kering secara alami. Kulit kering dapat membuat penampilanmu menjadi tak sempurna. Maka dari itu, rajinlah merawat kulitmu supaya halus, segar dan bercahaya. Selamat mencoba! (Indriani Taslim)

responsive