Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan Lidah Buaya

responsive

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan Lidah Buaya

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang memiliki jerawat baik karena stres atau pengaruh hormon. Jerawat timbul dikarenakan pori-pori kulit yang tersumbat akibat dari kadar minyak yang berlebihan, timbunan sel-sel kulit mati maupun akibat dari bakteri. Daerah di tubuh yang sering muncul jerawat yakni pada wajah, bagian punggung, dada, kulit kepala termasuk juga dibagian daun telinga.

Selain menggunakan pengobatan modern, sebenarnya Anda bisa memanfaatkan salah satu tumbuhan yang ada disekitar Anda untuk menghilangkan jerawat, yakni dengan menggunakan lidah buaya.

responsive

Sudah sejak lama lidah buaya (aloe vera) digunakan sebagai ramuan herbal baik untuk perawatan rambut maupun dalam pengobatan akibat luka bakar dan pengobatan luka lainnya karena memiliki kemampuan sebagai agen inflamasi. Tanaman lidah buaya(Aloe Vera) memiliki sifat antara lain :

  • anti-bakteri
  • anti-inflamasi
  • astringent
  • inhibitor rasa sakit
  • agen untuk mengurangi bekas luka

 

Tak hanya itu, ternyata lidah buaya memiliki manfaat yang luar biasa dalam menghilangkan penyakit jerawat. Berikut adalah beberapa alasan mengapa lidah buaya bisa digunakan untuk mengatasi jerawat di kulit Anda :

  1. Lidah buaya memiliki kandungan zat alami yang dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati yang menjadi penyebab tersumbatnya pori-pori.
  2. Kandungan hormon giberelin dan polisakarida pada lidah buaya memiliki fuungsi sebagai agen anti-bakteri yang membantu membunuh bakteri penyebab jerawat. Anti bakteri ini sangat efektif dalam mengobati jerawat dan mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh gangguan jerawat. Selain itu, kandungan sifat anti-jamur pada tanaman ini dapat mengobati peradangan seperti bisul dan kista pada kulit.
  3. Kandungan lidah buaya membantu perangsangan pertumbuhan sel sehingga membantu menghilangkan kulit rusak serta mempercepat penyembuhan luka dan menghapus bekas luka akibat jerawat.
  4. Magnesium laktat hadir dalam Aloe dapat meringankan rasa gatal akibat Magnesium laktat juga memiliki manfaat yang efektif dalam mengobati ruam kulit dan kulit yang terbakar akibat sengatan matahari.
  1. Kandungan anti-oksidan alami dalam gel daun lidah buaya mampu mengurangi /menghilangkan bekas luka secara efektifm serta membantu mengurangi rasa sakit dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.
  2. lidah buaya mengandung seng, vitamin C dan Vitamin E yang dapat membantu mengurangi bekas luka pada kulit dengan cepat.
  3. Kandungan alami lidah buaya dapat bertindak sebagai inhibitor rasa nyeri dengan jalan mengurangi rasa sakit pada saat hal ini diterapkan pada daerah yang terkena gangguan jerawat.
  1. Kandungan lidah buaya memiliki efek yang menenangkan.

Bagaimanakah cara mengobati jerawat dengan lidah buaya?

Ada beberapa alternatif pengobatan jerawat dengan menggunakan lidah buaya yang bisa Anda praktekan. Berikut ini adalah beberapa cara pengobatan untuk menghilangkan jerawat dengan lidah buaya :

  1. Ambil beberapa daun lidah buaya yang masih segar dan remas-remas untuk menghasilkan ekstrak gel dari daunnya. Balurkan ekstrak gel lidah buaya pada bagian kulit yang mengalami gangguan jerawat. Lakukan sebanyak dua kali sehari selama seminggu hingga jerawat Anda hilang.
  2. Masker lidah buaya

Anda bisa memanfaatkan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat yakni dengan cara menjadikannya sebagai masker untuk kulit yang berjerawat. Bagaimanakah caranya?

  • Pertama ambil daun lidah buaya yang masih dalam keadaan segar.
  • Rebus dengan air beberapa menit
  • Aduk-aduk hingga daun lidah buaya berubah seperti pasta
  • Tambahkan sedikit madu
  • Oleskan pada wajah sebagai masker atau pada bagian kulit lainnya dengan cara menggosoknya secara perlahan.
  • Diamkan kurang lebih selama 20 menit
  • Cuci dengan air dingin hingga bersih.
  • Lakukanlah hal ini secara teratur niscaya kulit Anda akan terbebas dari kulit yang berjerawat
  1. Lidah Buaya Dicampur Dengan Buah Lemok/Jeruk Nipis
  • Daun lidah buaya yang masih segar diremas untuk diambil eksrtak gelnya
  • Anda juga bisa menghaluskan ekstrak gel dengan cara diblender
  • Tambahkan beberapa ekstrak lemon atau jeruk nipis
  • aduk kembali agar tercampur dengan baik
  • Masukkan ramuan tersebut ke dalam lemari es
  • Balurkan losion lidah buaya + lemon pada wajah sebagai masker setiap menjelang tidur.
  • Diamkan masker selama semalam, bersihkan wajah dengan air bersih pagi harinya
  • Lakukan  secara teratur hingga wajah Anda bebas dari gangguan jerawat dan bekas jerawat.
  1. Produk Pembersih Wajah berbahan lidah buaya

Gunakan produk pembersih wajah alami yang menggunakan bahan dasar lidah buaya. Untuk mengurangin gejala dan cara mencegah jerawat datang kembali dikemudian hari. Beberapa produk yang mengandung lidah buaya diantaranya dapat berbentuk lotion, gel, sabun, maupun krim untuk melembabkan wajah dan bagian kulit lainnya yang terkena dampak jerawat. Penggunaan produk ini bertujuan untuk mengurangi jerawat yang disebabkan oleh penumpukan minyak berlebih, melembutkan kulit dan mengurangi munculnya bekas jerawat.

  1. Jus lidah buaya

Ada cara lain untuk mengekstrak gel lidah buaya adalah dengan cara menjadikannya sebagai jus. Jus lidah buaya ini memiliki manfaat untuk :

  • mencegah infeksi jerawat lebih lanjut
  • mengunci pori-pori kulit
  • membersihkan darah
  • mengurangi peradangan

Dengan rutin mengkonsumsi jus lidah buaya sebanyak sekali sehari tidak hanya dapat menyembuhkan jerawat, tetapi juga dapat membantu penyembuhan beberapa jenis penyakit kronis seperti kanker paru-paru, diabetes tipe 2, ulcerative colitis, dan lain sebagainya.

  1. lidah buaya, madu, dan kunyit

campurkan ekstrak gel lidah buaya dengan sedikit kunyit, madu, susu dan beberapa tetes air mawar. Campur ramuan tersebut dengan baik lalu terapkan pasta hasil ramuan pada bagian kulit yang mengalami gangguan jerawat. Diamkan selama kurang lebih 15 hingga 20 menit. Setelah itu bersihkan secara menyeluruh dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk menghilangkan  gangguan jerawat. Selain itu, masker madu juga memiliki manfaat memberikan perlawanan terhadap jerawat

Gunakan lidah buaya yang masih segar untuk diekstrak gel dari daun tanaman ini. Kandungan  alami lidah buaya mengandung nutrisi penting yang sangat efektif untuk mengobati jerawat. Selain itu, hal ini juga dapat menenangkan kulit dari iritasi, peradangan, serta racun-racun berbahaya lainnya.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan Lidah Buaya

responsive