Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Dan Cepat

responsive

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Dan Cepat

Banyak dari kita merasa begitu putus asa untuk menyembuhkan jerawat dan mengembalikan kulit seperti sebelum terkena jerawat. Tak jarang dari kita melakukan berbagai cara  bahkan terjebak dalam metode berbahaya yang bisa menyebabkan iritasi kulit dan membuat keadaan kulit menjadi lebih buruk lagi. Cobalah pahami kulit Anda, jika kulit bereaksi buruk terhadap produk/metode perawatan kulit yang Anda laukan, ini pertanda Anda harus berhati-hati dan menghentikan penggunaan produk tersebut. Gunakanlah pembersih wajah yang lembut, make up remover, pelembab dan scrub yang bisa menenangkan kulit dan tidak mengiritasi keadaan kulit Anda.

responsive

Ada cara menghilangkan bekas jerawat yang paling cepat yakni dengan pengobatan di klinik kecantikan yang sudah memanfaatkan teknologi canggih seperti mikro dermabrasi. Namun efek samping yang akan Anda dapatkan serta biaya haruslah menjadi bahan pertimbangan jika Anda ingin melakukan perawatan  jenis ini.

Tidaklah mengherankan jika metode alami dengan penggunaan bahan tradisional dalam komposisi bahannya telah menjadi pilihan utama bagi para  penderita jerawat. Penggunaan bahan tradisional dalam menghilangkan bekas jerawat tidak bisa dianggap remeh, karena metode ini tidak meninggalkan akibat efek samping bagi kulit dan kesehatan selama perawatan kulit.

Perlu diperhatikan sebelum melakukan perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat dengan bahan alami, ialah perlunya  mempertimbangkan jenis bekas jerawat yang terjadi pada kulit sehingga perawatan yang akan dilaksanakan dapat membuahkan hasil maksimal.

Berikut beberapa bentuk bekas jerawat yang perlu Anda ketahui sebalum melakukan perawatan tradisional untuk menghilangkan bekas jerawat :

  1. Makula ditandai dengan permukaan kulit yang datar, bintik-bintik merah di mana lesi jerawat pernah berada. Keadaan ini dapat bertahan selama beberapa minggu dan kemudian memudar sendiri.
  2. Bekas luka jaringan ditandai dengan keadaan beberapa jenis jerawat meninggalkan bekas luka yang muncul dan mengangkat pertumbuhan jaringan. Bekas jerawat ini dapat disebut keloid atau bekas luka hipertrofik dan disebabkan oleh kelebihan produksi kolagen pada kulit.
  3. Hilangnya Jaringan – Lebih umum daripada bekas luka jaringan yang terangkat. Bekas jerawat ini disebabkan oleh hilangnya jaringan. Bekas jerawat ini disebut bekas luka fibrosis depresi. Hal ini seperti bekas luka ringan, makula atrofi, atau folikel atrofi makula. Mereka cenderung muncul berbentuk cekung dan terlihat seperti lubang pada kulit.
  4. Perubahan warna kulit ditandai bekas luka jerawat yang telah sembuh membuat kulit berubah warna. Hal ini juga disebut post-inflamasi hiper-pigmentasi. Perubahan warna kulit dapat tetap terlihat selama berbulan-bulan setelah lesi jerawat telah sembuh.

Setelah mengetahui bentuk-bentuk dari bekas jerawat, lantas bagaimanakan cara pengobatan untuk menghilangkan bekas jerawat secara cepat dengan menggunakan bahan tradisional?

Berikut bahan tradisional yang bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat :

  1. Soda Kue

Soda kue tidak hanya populer digunakan untuk keperluan dapur tetapi dikenal juga sebagai untuk menghilangkan bekas jerawat dengan efek pengelupasannya. Baking soda yang dicampur dengan air, dapat digunakan untuk mengangkat lapisan kulit mati dari wajah tanpa menimbulkan efek peradangan digunakan. Cara menggunakan soda kue untuk bekas jerawat adalah sebagai berikut :

  • Siapkan baking soda beberapa sendok teh, campurkan dengan air secukupnya untuk menjadikannya sebagai pasta
  • Pijatlah wajah Anda secara lembut selama 1-2 menit dengan pasta baking soda, fokuslah pada bekas jerawat yang ada di wajah
  • Diamkan pasta baking soda di wajah Anda selama beberapa menit
  • Bersihkan wajah Anda dengan cara mencucinya dengan air hangat
  • Anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pelembab setelah mencuci muka
  • Perawatan ini bisa Anda lakukan selama dua sampai tidak kali dalam seminggu
  1. Lidah Buaya

Lidah buaya yang dibuat ramuan dapat menenangkan kulit yang bengkak tetapi dapat juga digunakan untuk membantu meregenerasi jaringan kulit yang rusak akibat jerawat dan meningkatkan proses penyembuhan jerawat. Alasan inilah yang menjadikan ramuan dari dasar lidah buaya sebagai ramuan untuk menghilangkan bekas jerawat.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawat :

  1. Ambil daun lidah buaya kemudian kupas kulit hijau bagian luarnya
  2. Ambil gel di bawah kulit hijau lidah buaya dan balurkan pada bekas luka jerawat Anda
  3. Biarkan selama sekitar setengah jam
  4. Bilas dengan air hingga bersih

Oleskan gel lidah buaya ini sebanyak dua kali sehari guna  mendapatkan hasil yang maksimal selama beberapa hari. Dengan perawatan ini tidak hanya bekas jerawat Anda yang menjadi berkurang, tetapi kulit Anda juga akan lebih cerah bersinar dan semakin kencang.

  1. Lemon

Buah lemon dapat digunakan sebagai cara paling ampuh dan cepat untuk mengatasi bekas jerawat yang membandel di wajah Anda. Vitamin C yang terdapat dalam buah lemon ini dapat membantu membentuk kolagen dalam kulit serta mencerahkan wajah.

Cara menggunakan buah lemon untuk menghilangkan bekas jerawat :

  1. Siapkan 1 buah lemon segar
  2. Peras air lemon
  3. Usapkan air lemon tersebut pada kapas
  4. Tempelkan pada kulit bekas jerawat
  5. Diamkan ramuan ini pada kulit selama 15 sampai 30 menit
  6. Bilas dengan air hangat.

Lakukanlah perawatan ini dalam  beberapa hari secara rutin untuk melihat hasil akhirnya.

  1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan minyak yang paling ramah untuk kulit, dalam minyak zaitun terkandung seluruh vitamin (A, D, E, C, B1 dan B2), besi dan antioksidan. Sifat anti-inflamasi pada minyak zaitun bisa membantu menghilangkan bekas jerawat.

Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk bekas jerawat, dengan cara menerapkan minyak zaitun ini pada bekas luka sebelum tidur.

bahan yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut ini :

  • Minyak zaitun
  • Air Hangat
  • kain bersih atau handuk

cara menggunakan :

  1. Ambil sedikit minyak zaitun dan pijat lembut pada permukaan wajah. Fokuskan pada bekas jerawat
  2. Pijatlah selama beberapa menit hingga terasa semua minyak telah terserap oleh kulit
  3. Ambil handuk bersih atau kain dan celupkan ke dalam air hangat
  4. Letakkan kain basah hangat pada wajah, untuk mendapatkan uap
  5. Hapus minyak yang masih menempel di wajah dengan menggunakan kain lainnya
  6. Setelah 1 sampai 2 menit bilas wajah dengan air biasa hingga bersih
  1. Tomat

Tomat sangat baik untuk menghilangkan bekas luka di wajah. Ada dua pilihan cara  yang bisa dilakukan,

cara yang pertama :

  1. Ambil tomat merah matang dan potong menjadi beberapa bagian
  2. Hancurkan potongan tomat dan buat menjadi bubur tomat
  3. Terapkan bubur tomat ini pada wajah dan biarkan selama 15-20 menit
  4. Cuci wajah hingga bersih
  5. Ulangi perawatan ini setiap hari ini untuk satu atau dua minggu

Metode kedua adalah dengan menggunakan tomat sebagai masker untuk kulit berjerawat. Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • 2 buah tomat
  • 1 buah timun
  • 2 buah Alpukat

Cara pembuatannya :

  1. Dapatkan sari dari buah tomat
  2. Parut mentimun dan alpukat dan peras buahnya
  3. Campur semua bahan
  4. Oleskan pada wajah
  5. Biarkan selama 15-20 menit
  6. Cuci wajah dengan air hingga bersih

Demikian beberapa cara menghilangkan bekas jerawat di wajah dengan menggunakan bahan alami yang ada disekitar kita. Tidak hanya mudah tetapi aman, bukan?

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Dan Cepat

responsive