Cara Mengatasi Kulit Kering menjadi Lembut

responsive

Mengatasi Kulit Kering

kulitwanita.com – Setiap orang dianugerahi jenis kulit berbeda. Demikian juga dengan kulit wajah. Perawatan kulit wajah sebaiknya dilakukan secara teratur agar kulit wajah terlihat bersih dan halus. Kulit wajah yang bersih dan halus adalah dambaan setiap wanita, tetapi apa jadinya jika wajah Anda memiliki tipe kulit kering?
Suatu kulit dikatakan memiliki jenis kulit kering jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Kulit tampak kusam karena sering mengalami dehidrasi kulit
  2. Memiliki kadar minyak yang rendah dan cenderung sensitif
  3. Kulit terasa kaku atau seperti tertarik sehabis cuci muka
  4. Ada bekas putih ketika kulit digores
  5. Mudah muncul kerutan di sekitar pipi, mata dan bibir
Ada juga cara mudah untuk mengetahui apakah Anda memiliki jenis kulit kering atau tidak cukup dibasahi wajah dan diamkan selama satu jam tanpa mengoleskan produk kecantikan apa pun. Setelah itu, dengan menggunakan tisu, tekan bagian hidung, pipi, dagu dan kening. Jika terdapat serpihan kulit yang terbawa tisu, berarti Anda memiliki kulit wajah kering.
Kulit wajah yang kering sering menjadi hal yang sangat mengganggu sebab jenis kulit ini tidak memancarkan kesegaran. Padahal, kesegaran wajah memberi penampilan yang prima dan menumbuhkan kepercayaan diri . selain ketidaktepatan perawatan, kulit wajah yang kering dapat disebabkan oleh berbagai faktor.
Seseorang memiliki kulit wajah kering memang karena memang jenis tipe kulitnya adalah kering. Tetapi kulit kering juga bisa disebabkan karena kurangnya asupan cairan, dehidrasi karena penyakit, perawatan yang mengeringkan kulit, seperti pemakaian sabun antiseptik, mandi dengan air yang terlalu dingin atau panas, serta suhu lingkungan yang tinggi, dan kelembapan rendah dapat menjadi faktor lain penyebab kulit wajah pada wajah kering.
Untuk menjaga agar kulit tetap lembut, lembab, dan segar, perlu memperhatikan berbagai faktor tersebut. Misalnya, memperhatikan asupan cairan yang cukup setiap hari minum sekitar 8 sampai 10 gelas per hari memberi kecukupan asupan untuk kesegaran kulit.
Mandi dengan air yang terlalu panas atau terlalu dingin juga memberi dampak kesehatan pada kulit. Disarankan menggunakan sabun yang cocok sesuai kulit agar terjadi pelembapan. Selain itu, agar kulit wajah tidak kering hindari sinar matahari secara langsung dan hindari ruangan ber-AC yang terlalu dingin.
Untuk memberi kelembapan pada kulit yang kering, sebaiknya gunakan krim pelembap. Krim pelembap biasanya bekerja menarik air dari sekeliling kulit dan mencegah agar tidak terlalu banyak penguapan. Dalam menggunakan pelembap, perlu diperhatikan saat pengolesan. Saat terbaik menggunakan pelembap adalah segera seusai mandi. Usai mandi kulit masih lembab sehingga pelembap dapat berfungsi secara maksimal.
Dipasaran memang banyak beredar berbagai macam jenis pelembab. Bahan dasar yang digunakan pun sangat beragam, seperti asam laktat, asam glikolat, urea dan lain-lain dalam konsentrasi yang tinggi.
Hentikan pemakaian pelembab jenis tertentu, jika setelah mencoba beberapa waktu belum ada tanda perbaikan pada kulit. Pemakaian pelembab memang terkesan try and error. Namun, beberapa merek pelembab pasti dapat sesuai dengan kulit Anda. Konsultasikan ke ahli atau dokter kulit jika ternyata berbagai pelembab tidak sesuai dengan jenis kulit.

Bagaimana cara Mengatasi Kulit Kering menjadi Lembut?

Cara Merawat Kulit Kering
  1. Jangan mandi terlalu lama, apalagi menggunakan shower pancuran;
  2. Jangan menggunakan air kran atau sabun muka untuk membersihkan wajah. Keduanya akan menyebabkan kulit wajah semakin kering. Gunakan krim pembersih yang lembab untuk membersihkan wajah;
  3. Pijatlah dengan minyak atau serum pelembab setiap malam untuk membantu merangsang kelenjar sebum menghasilkan lebih banyak minyak;
  4. Gunakan krim mata dalam jumlah banyak pada area yang mengelilingi mata, tempat garis-garis tipis akan terbentuk;
  5. Jika harus menggunakan air hangat untuk mandi, mandilah sesegera mungkin dengan menggunakan sedikit sabun;
  6. Pilihlah sabun dengan pH rendah atau banyak minyaknya agar tidak membuat kulit kering;
  7. Taburkan bedak bubuk atau minyak khusus yang berfungsi sebagai pelembab ke dalam air mandi;
  8. Seusai mandi, keringkan tubuh dengan cara menepuk-nepukkan handuk saja;
  9. Hindari menggunakan astrinogen, toner, atau lotion pasca cukur yang mengandung alkohol karena bisa membuat kulit semakin kering;
  10. Jangan menggosokkan handuk ke kulit;
  11. Oleskan minyak atau krim segera setelah kulit kering;
  12. Gunakan pelembab berbahan dasar minyak;
  13. Hindari krim ringan yang mudah menguap karena kebanyakan hanya mengandung air;
  14. Hindari memakai krim atau losion yang mengandung alkohol;
  15. Gunakan alat pelembab udara agar suhu dalam rummah tetap sejuk, dan
  16. Ketika mencuci piring atau perabot dapur lainnya yang menggunakan cairan pembersih kuat, lindungi tangan Anda dengan memakai sarung tangan yang terbuat
    dari karet.
Tips Mencegah Penyebab Kulit Kering
Kulit yang terlihat kering kadang dapat sampai seperti berkerak disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu faktor penyebab tersering adalah paparan dari udara yang dingin, entah berasal dari cuaca atau dari penyejuk ruangan yang selalu menerpa kulit.
Kulit yang sehat, selain terlihat lebih halus, lembut, jug terbebas dari masalah atau gangguan kulit seperti jerawat, kulit pecah-pecah, hiper pigmentasi (warna kehitaman pada kulit), dan lain sebagainya.
Beberapa tips berikut mungkin dapat Anda coba untuk mencegah kekeringan pada kulit:
  1. Jangan sering-sering membersihkan kulit atau membilasnya. Bila kita terlalu sering membersihkan kulit, apalagi dengan menggunakan sabun, kulit akan kehilangan kelembaban alaminya sehingga kulit menjadi kering.
  2. Gunakan pelembab setiap hari. Bila kulit Anda sensitif, gunakan pelembab yang tidak mengandung parfum atau lanolin. Untuk kulit normal cenderung kering gunakan krim pelembab.
  3. Hindari udara yang terlalu dingin, yang dapat menyebabkan kulit bertambah kering.
  4. Berolahragalah sekitar 30 menit, tiga kai dalam seminggu. Selain membuat sehat, juga akan membuat kulit terlihat segar.
  5. Gunakan tabir surya jika berada di ruangan terbuka. Gunakan tabir surya yang memiliki SPF sekurang 15.
  6. Untuk pencegahan bibir kering, dapat digunakan pelembab bibir untuk mencegah bibir kering dan pecah-pecah.
  7. Minum yang banyak sekitar 2 sampai 3 liter per hari, akan membuat kulit Anda tidak kusam.
  8. Bila dengan cara-cara di atas kulit Anda masih saja terlihat kering. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit.(Meita Sandra/Resep Rahasia Perawatan Kulit)

responsive