Cara Memilih Shampo Yang Cocok Untuk Rambut

responsive

Cara Memilih Shampo Yang Cocok Untuk Rambut

Wanita memiliki masalah rambut yang berbeda – beda, mulai dari kulit kepala yang berketombe, rambut kering, bercabang, berminyak dan juga patah – patah. Kadang masalah ini menjadi momok tersendiri bagi wanita. Meskipun sudah keramas secara rutin namun tidak mengurangi masalah – masalah tersebut. Namun pernahkah anda bertanya kepada diri anda sendiri, mengapa hal tersebut bisa terjadi ? Ada begitu banyak faktor yang mungkin terjadi, salah satunya adalah pemilihan shampo. Meskipun anda sudah keramas dengan teratur, namun apakah anda yakin shampo anda sesuai denga jenis rambut anda. Baca juga : Tips Rambut Cantik dan Sehat

Di pasaran sudah diedarkan begitu banyak jenis shampo dengan bahan yang berbeda – beda dan tentunya memiliki tingkat kecocokan yang berbeda – beda dengan rambut. Kebanyakan wanita hanya tergiur dengan tawaran yang diberikan shampo tanpa memikirkan tepat atau tidaknya shampo untuk rambut. Padahal sangat penting menyesuaikan shampo dengan jenis rambut. Untuk itu pastikan memilih shampo yang cocok untuk jenis rambut. Ini dia tipsnya :

Kenali tekstur rambut

Hal penting pertama yang harus anda kenali untuk menjadi dasar memilih shampo adalah bagaimanakah tekstur rambut anda. Ada begitu banyak macam tekstur rambut, mulai dari rambut keriting, lurus, rambut dengan batang besar, berbatang tipis, dan juga rambut yang kuat ataupun rapuh. Dengan demikian anda akan tahu jenis shampo mana yang cocok untuk rambut anda. Rambut keriting tidak akan cocok dengan shampo dengan jenis volumizing, karena akan membuatnya semakin mengembang. Shampo dengan jenis ini akan cocok untuk rambut yang tipis, karena akan membutnya semakin berisi dan bervolume. Untuk rambut yang memiliki batang tepat, pilih saja shampo yang membuat rambut tetap lembab namun produksi minyak dalam rambut tidak berlebih.

responsive

Mengenali masalah – masalah rambut

Setiap wanita mengalami masalah rambut yang berbeda – beda. Mulai dari rambut rontok, rambut bercabang, hingga rambut berminyak. Pahami betul masalah rambut pada diri anda, pastikan memilih shampoo sesuai dengan kategori masalah rambut , dan jangan tergiur dengan tawaran shampoo lain yang menawarkan berbagai tawaran dengan kategori – kategori yang dapat memperindah rambut. Misalnya anda memiliki kategori rambut yang rontok, pastikan memilih shampoo yang memang untuk rambut rontok. Jika memanga anda memiliki keinginan untuk memiliki rambut yang tebal, jangan langsung terpancing, karena shampoo yang cocok untuk kategori malah lebih penting untuk mengatasi masalah tersebut. Jika anda memilih shampoo tidak sesuai dengan masalah rambut malah akan memperburuk keadaan rambut saja.

Gaya rambut

Gaya rambut juga mempengaruhi dalam pemilihan shampo, beda gaya beda pula shampoo yang dipilih. Jika anda memiliki rambut bob atau juga rambut yang lurus, pilih saja shampoo yang memiliki kandungan volumizing, yang akan membantu menyempurnakan tampilan anda. Sedangkan anda yang memiliki rambut bergelombang atu keriting, bisa memilih shampoo yang memang khusus untuk keduanya, sehingga rambut akan nampak lebih indah. Untuk rambut yang berwarna, juga harus menyesuaikan , agar warna tidak pudar.

Perlindungan rambut juga sangat penting

Pemilihan shampoo yang tepat akan membuat rambut akan terawat dan juga menjadikan rambut lebih indah. Namun perlindungan rambut juga sangat penting. Gunakan kondisioner dan juga vitamin untuk melindungi rambut dari sinar uv maupun keadaan lingkungan luar. Tentunya anda harus memilih kondisioner dan juga vitamin yang sesuai dengan kategori rambut, biasanya produk shampoo sudah dilengakapi dengan pelindunng rambut tersebut. Ini akan mempermudah anda dalam memilih kondisioner dan vitamin.

Dengan memperhatikan hal – hal di atas rambut anda akan terawat dengan baik dan tentunya akan membuat rambut lebih sehat tanpa harus banyak perawatan, cukup dengan keramas secara teratur.

responsive