Cara dan Tips Dahsyat  Mengatasi Kulit Kering

responsive

Banyak dari kita merasa kurang nyaman saat memiliki kulit kering.  Selain membuat  kulit terlihat kusam karena kelembaban yang berkurang juga akan membuat mikroba lebih mudah berkembang dan bisa menyebabkan infeksi jamur. Jika terus berlanjut, kulit kering bisa juga menyebabkan eksim.

Kulit sehat terletak pada kadar air yang terdapat pada kulit. Kelembaban adalah penting, tanpa itu maka lapisan epidermis tidak dapat bertindak secara optimal sebagai penghalang dan melindungi kulit dari infeksi dan efek buruk dari luar, termasuk salah satunya efek buruk sinar matahari.

baca juga : Cara Memutihkan Kulit Wajah dan Tubuh Secara Alami

responsive

Penyebab Kulit Kering

Ketika kelenjar minyak tidak bisa menyediakan pelumas yang cukup untuk menjaga kulit tetap lembut dan halus niscaya kulit akan menjadi kering. Kulit lembut dan halus terjadi karena adanya kelenjar minyak yang ditemukan di bawah kulit kita.

Berikut beberapa kemungkinan penyebab kulit kering:

1#. Terlalu lama di ruangan ber-AC. AC menyebabkan suhu dan kelembaban ruangan menjadi rendah, sehingga tanpa kita sadari kulit akan mengalami penguapan, dan lama-kelamaan kulit akan menjadi kering dan terjadi dehidrasi kulit.

2#. Cuaca kering dan dingin bisa menyebabkan pengeringan kulit sehinggamenjadi bersisik.

3#. Terlalu sering mencuci muka dapat mengakibatkan kelembaban alami hilang.

4#. Pemanas ruangan justru lebih lanjut akan menghilangkan kelembaban dan semakin memperburuk kekeringan kulit.

5#. Bisa juga karena faktor genetik Mungkin juga timbul dkarena kekurangan gizi akibat pola makan yang buruk dan diet yang tidak sehat.

6#. Cuaca ekstrim, mandi air yang terlalu panas, sabun yang kuat, berenang di air yang mengandung klor, bahan kimia dari kosmetik yang kuat.

7#. Kulit kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan kelembaban, misalnya karena usia.

8#. Karena penyakit seperti hipotiroidisme, diabetes, eksim, psoriasis atau seborrhea.

9#. Akibat penggunaan obat-obatan seperti diuretik, antihistamin dan anti spasmodics.

10#. •  Sinar matahari. UVA dan UVB merupakan faktor utama kedua yang menguras kelembapan kulit .

11#. Kurangnya kelembaban adalah penyebab yang cukup untuk menyebabkan kulit kering.

12#. •  Cuaca dingin dan kering musim. Udara kering bisa menyebabkan penguapan pada kulit, sehingga mengakibatkan berkurangnya kelembaban di kulit. Tingkat kelembaban rendah memaksa enzim kulit untuk mencari sumber hidrasi, menyebabkan bercak kering pada kulit.

Tips Merawat Kulit Kering

beberapa hal berikut bisa Anda lakukan untuk merawat  kulit yang kering dan kusam.

  • Minum air putih hangat 7-9 gelas setiap setiap hari.
  • Hindari makan junk food seperti keripik, makanan yang digoreng, dll.
  • Tetap hangat dalam cuaca dingin kering.
  • Tidak duduk di dekat tempat api.
  • Mengkonsumsi makanan segar hangat dengan sedikit lemak, seperti ghee atau minyak zaitun.
  • Masukkan sayuran kuning dan oranye seperti wortel yang kaya anti oksidan
  • Pijat tubuh Anda secara rutin dengan minyak herbal. Minyak herbal ini akan melembutkan dan mencegah kulit kering , serta membantu untuk menjeaga kelembaban antara pori-pori kulit .
  • Tambahkan lapisan tipis minyak kelapa sebelum menyelesaikan mandi dan tepuk kering kulit.
  • Hidari pembersih muka atau kosmetik berbasis alkohol, karena bahan ini akan menghilangkan kelembaban alami kulit. Menjalankan diet seimbang, yang mencakup makanan dari semua kelompok seperti sayuran, buah-buahan, karbohidrat, sereal, susu dan produk susu.
  • Gunakan kain katun yang lembut dengan cara menepuk, Jangan menggosok kulit dengan keras dengan menggunakan handuk bertekstur kasar.
  • Mandi dengan air menggunakan sprayer yang bersih untuk melembabkan kulit Anda . Hindari sabun yang kuat untuk mencuci wajah, karena bisa menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit. Sebaiknya pilih sabun yang mengandung AHA untuk sabun muka, karena dapat membantu melembabkan.

Tips Perawatan Alami Untuk Kulit Kering

  1. Minum air putih minimal 8 gelas dalam satu har. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh. Jika cairan tubuh terpenuhi, maka kulit juga akan senantiasa lembab.
  2. Campurkan kuning telur, air mawar, air jeruk nipis, minyak zaitun dan jus jeruk ( masing-masing 1 sendok) secara menyeluruh.
  3. Oleskan campuran ini di wajah Anda pada pagi hari dan mencucinya kembali setelah 20 menit.
  4. Masker dari madu, telur, minyak zaitun dan air mawar sangat baik untuk kulit kering . Menerapkan pelembab herbal lembut di seluruh tubuh Anda .
  5. Krim susu. Simpanlah secangkir krim susu dalam lemari es selama satu jam. Ketika sudah terasa dingin, pijatkan krim ini pada kulit yang kering. Lakukan pijatan dari bawah ke atas sampai mengering. Saat krim sudah tersa mengeluarkan minyak, bersihkan terlebih dahulu krim yang menempel pada hidung menggunakan kapas basah. Setelah setengah jam bersihkan wajah Anda dan ulangi pada hari berikutnya bila perlu.
  6. Tingkatkan kelembaban kulit dengan menerapkan gel herbal alami yang kaya akan aloe vera dan minyak esensial.
  7. Konsumsi teh herbal yang mengandung tumbuh-tumbuhan akan menyeimbangkan kelembaban kulit
  8. Gunakan lidah buaya dengan cara mengoleskan lendir lidah buaya pada wajah kemudian tunggu sekitar 15 menit dan yang terakhir bilas hingga bersih.
  9. Tomat kaya akan vitamin C yang berguna untuk kesehatan kulit. Hancurkan tomat sampai halus, lalu pakaikan pada hidung Anda. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas wajah Anda menggunakan air dingin. Ulangi cara ini jika Anda perlu.
  10. Masker jeruk. Ini merupakan obat yang sangat baik, tapi tidak dianjurkan untuk mereka yang mempunyai kulit sensitif. Yang harus Anda lakukan yaitu pakailah masker jeruk pada hidung. Tunggu sampai kering kemudian bersihkan dengan air dingin. Cara ini mungkin akan membuat kulit Anda sedikit terasa panas, jadi Anda harus hati-hati saat menggunakan masker ini, dan pastikan untuk jangan terlalu banyak memakainya
  11. Masker pisang dan minyak zaitun. Haluskan satu buah pisang yang sudah matang kemudian berikan 2-3 tetes minyak zaitun. Setelah tercampur rata tinggal oleskan pada wajah anda. Diamkan beberapa saat sampai mengering lalu bersihkan wajah dengan air.
  12. Masker alpukat dan madu. Caranya dengan menghaluskan buah alpukat yang sudah matang lalu mencampurkannya dengan 1 sendok makan madu murni. Setelah tercampur rata kemudian oleskan pada wajah selama 15-30 menit. Langkah terakhir yakni membilas wajah dengan air sampai bersih.

baca juga : Rahasia Cantikmu Ada Pada Kunyit

Demikian beberapa tips cara mengatasi kulit kering yang dapat anda coba. Beberapa masker alami diatas patut diterapkan secara rutin apabila kulit wajah anda kering dan kusam. Pemakaian pelembab atau body lotion dapat anda terapkan apabila kulit tangan dan kaki kering. Semoga bermanfaat dan semoga kulit anda jadi lembab.

responsive