8 Ciri-Ciri Cream Pemutih Wajah Berbahaya

responsive

Kenali Ciri-Ciri Ini pada Cream Pemutih Wajah Anda!

Ladies, anda punya cream pemutih wajah di rumah? Kalau anda punya, apakah anda pernah mencari tahu kandungan apa yang ada didalam cream anda tersebut?Jawabannya, pasti tidak. Nyatanya, dari 10 orang hanya 2 orang yang aware dengan keamanan kosmetik mereka.

Banyak yang tak peduli apakah cream pemutih yang mereka pakai sudah terdaftar di BPOM atau belum, yang penting cream tersebut laris manis di pasaran dan bisa memberikan hasil yang cepat.Jika sudah terdaftar pun, bukan berarti produk perawatan wajah atau perawatan kulit tersebut sudah aman.

responsive

Banyak konsumen yang hanya bertanya no. BPOM-nya tapi tidak mengecek ulang di situs resmi BPOM. Padahal di lapangan banyak produsen curang yang mencantumkan No. registrasi BPOM palsu (setelah di cek ternyata tidak terdaftar).Nah ladies, be smart buyer yuk. Jadilah konsumen cerdas.

baca juga : Cara Mengatasi Dampak Buruk AC Pada Kulit

Jika dalam cream pemutih wajah tersebut tidak mencantumkan ingredient ataupun No. BPOM, maka setidaknya kenalilah ciri-ciri kosmetik berbahaya seperti dibawah ini.

#1. Berwarna Mengkilap.

Cream pemutih wajah abal-abal biasanya memiliki warna yang menyolok. Hati-hati terhadap cream yang memiliki warna cerah seperti pink, kuning atau putih yang mengkilat seperti mutiara. Memang warna tidak bisa dijadikan sebagai patokan, tapi menurut pengamatan saya dari cream-cream abal-abal yang dijual bebas berwarna mencolok/tidak wajar. Bandingkan saja dengan cream pemutih yang bersertifikasi BPOM resmi.

#2. Terasa Lengket

Cream pemutih wajah yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri biasanya akan terasa lengket jika digunakan. Selain itu jika didiamkan akan terpisah antara minyak dan unsur padat lainnya. Ini dikarenakan merkuri bersifat homogen/tidak dapat menyatu dengan unsur lainnya.

#3.  Berbau Menyengat

Kosmetik yang mengandung merkuri biasanya berbau menyengat. Ini dikarenakan merkuri cenderung berbau logam. Untuk menyamarkan logam ini, produsen menambahkan parfum yang berbau tajam.

#4.  Kulit Memerah dan Mengalami Iritasi.

Jika anda memakai cream yang mengandung bahan berbahaya seperti merkuri, maka reaksi pertama yang akan anda rasakan adalah kulit yang terasa perih, gatal, panas atau pun memerah. Biasanya, penjual akan mengatakan itu adalah tanda bahwa cream tersebut bekerja memutihkan kulit dari dalam dan penggunaan harus diteruskan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Padahal itu adalah efek bahwa ada bahan dalam cream yang bersifat keras terhadap kulit. Demikian halnya dengan kulit yang memerah dibawah sinar terik matahari. Anda perlu waspada bahwa ada kemungkinan lapisan kulit anda telat rusak akibat kandungan zat berbahaya pada cream anda.

Karena sejatinya kulit memiliki perlindungan tersendiri sehingga tidak akan memerah walaupun terkena sinar matahari yang terik. Meskipun demikian, reaksi ini akan berbeda pada setiap orang. Pada orang yang memiliki imun yang kuat, reaksi ini  tidak akan langsung timbul.

Membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan bisa bertahun-tahun (tergantung imun orang tersebut) hingga reaksi itu timbul. Sedangkan pada orang yang imunnya lemah, tubuhnya akan melakukan penolakan dan muncullah reaksi tersebut.

Sehingga jika anda menggunakan cream abal-abal dan tidak merasakan reaksinya, jangan langsung senang. Anda tetap harus memeriksa no BPOM cream tersebut untuk memastikan apakah cream tersebut aman untuk digunakan atau tidak.

#5. Kulit Putih dalam Waktu Singkat.

Anda perlu menghentikan pemakaian jika hanya dalam beberapa hari pemakaian kulit anda langsung berubah putih mulus tanpa noda. Itu adalah efek dari merkuri dan hidroquinnon yang terkandung dalam cream pemutih wajah anda.

Cream pemutih yang aman biasanya memerlukan waktu yang cukup lama untuk menunjukkan hasil, karena kulit memiliki siklus sendiri, itupun berlangsung dalam beberapa minggu. Bukan dalam waktu singkat(dalam hitungan hari)

Cream yang berbahaya juga biasanya membuat kulit putih pucat, bahkan lama-lama keabu-abuan. Sedangkan cream yang aman akan membuat kulit anda putih normal/putih merona layaknya kulit yang tidak pernah terkena sinar matahari.

#6. Membuat Ketergantungan

Jika anda menghentikan pemakaian, lalu timbul masalah seperti jerawat atau kulit menggelap, maka itu pertanda cream wajah anda mengandung bahan berbahaya. Penghentian pemakaian juga akan menimbulkan bintik-bintik hitam di wajah.

#7. Pori-pori Tampak Mengecil dan Halus

Ini diakibatkan lapisan terluar kulit wajah kita telah tergerus oleh logam merkuri sehingga sepintas telihat pori-pori mengecil dan halus.Untuk mengujinya, anda bisa merasakan dengan mencobanya dibawah sinar matahari.

Maka kulit anda akan terasa terbakar, gatal disertai kemerahan. Ini menandakan  kulit anda sudah tidak mendapat perlindungan dari melanin yang berfungsi menjaga kulit kita dari sinar radiasi matahari.

Pada produk yang benar, penggunaan pada siang hari selalu menggunakan SPF sehingga pada siang hari anda tidak akan merasakan iritasi seperti terbakar atau gatal disertai kemerahan.

#8. Kerusakan Kulit

Jika anda menggunakan cream pemutih wajah berbahaya, maka jerawat tidak akan timbul sama sekali di wajah anda. Wajah anda akan sangat mulus, kinclong dan bersih. Hal ini diakibatkan lapisan kulit epidermis anda telah rusak, sehingga tidak mengandung melanin & protein yang melindungi kulit dari paparan radiasi matahari. Oleh karena itu, jasad renik maupun kuman bahkan nyamuk tidak akan menyukai kulit yang sudah tercemar merkuri.

Sayangi kulit dan kesehatan anda dari ancaman kosmetika berbahaya. Itulah tadi 8 ciri-ciri cream pemutih wajah yang berbahaya. Jika cream anda memiliki salah satu ciri-ciri diatas maka anda perlu berhenti menggunakannya sebelum bahan-bahan tersebut menumpuk di kulit anda dan menimbulkan masalah kesehatan yang akut. Jika sudah demikian, tentunya biaya perawatan anda akan lebih banyak dibandingkan dengan harga cream abal-abal itu sendiri.

Jadilah konsumen yang cerdas dengan memilih kosmetik yang aman. Sayangilah kulit anda, terutama kesehatan anda di masa yang akan datang.Jangan lupa dishare ya ladieess kalau menurut anda artikel ini bermanfaat, supaya wanita-wanita diluar sana lebih cermat dan teliti terhadap produk kosmetik.

Disarikan dari berbagai sumber

responsive