7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memakai Soft Lens

responsive

7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memakai Soft Lens.

Softlens mempunyai fungsi utama seperti kaca mata , yaitu membantu memperjelas penglihatan untuk mereka yang memiliki masalah penglihatan. Bedanya adalah , jika kaca mata digunakan di luar mata, soft lens langsung pada lensa mata.

Di zaman yang modern ini, selain memiliki fungsi untuk memperjelas penglihatan softlens juga memiliki fingsi untuk lebih memperindah dan mempercantik tampilan mata. Sama halnya dengan kaca mata, softlens juga ada yang netral. Namun dalam penggunaanya, akan sangat berbahaya jika tidak paham betul tentang beberapa pengetahuan penting yang harus Anda ketahui. Jika softlens tidak digunakan secara tepat, akan mengakibatkan mata Anda dalam bahaya, misalnya saja iritasi, infeksi bahkan kebutaan.

Baca Juga :

responsive

Untuk Anda yang memakai softlens berikut ini ada tujuh hal yang harus Anda ketahui agar aman dalam pemakaiannya.

Periksa Kondisi Mata.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan softlens, ada baiknya untuk mengetahui kondisi mata. Penting bagi Anda mengetahui kondisi mata saat akan memakai softlens, Aanda harus tahu baik atau tidaknya jika dipasang soft lens. Ada beberapa mata yang alergi ataupun iritasi terhadap penggunaan softlens. Untuk itu Anda harus datang ke dokter dan memastikan kondisi mata Anda. Dengan demikian Anda bisa menggunakan soft lens dengan tenang jika memang mata Anda dalam keadaan sehat.

Kualitas Softlens.

Karena banyaknya konsumen yang menginginkan pemakaian softlens, banyak produk yang tidak berlebel menawarkan softlens dengan harga yang murah. Jadi jangan cepat tergiur dengan harga yang murah tersebut. Bisa jadi softlens tersebut memiliki kualitas yang buruk dan dapat membahayakan mata Anda.

Menjaga Kebersihan.

Pastikan Anda menjaga kebersihan softlens Anda. Sebelum melepas atau memakai softlens, pastikan tangan dalam keadaan bersih. Agar tangan Anda benar – benar bersih, gunakan sabun anti kuman untuk mencuci tangan Anda. Selain itu, jangan sampai memiliki kuku yang panjang karena bisa merobek softlens. Setelah pemakaian, pastikan membersihkan softlens dengan cairan khusus softlens, lalu menyimpannya lagi.

Waktu Penggunaan.

Waktu pemakaian softlens paling lama adalah delapan jam dalam sehari. Pemakaian softlens yang lebih dari waktu tersebut akan membuat mata tidak nyaman dan juga akan membuat bakteri berkembang. Selain itu, softlens juga memiliki jangka waktu kadaluwarsa. Untuk itu pastikan Anda megganti dengan yang baru jika soft lens sudah kadaluarsa. Biasanya masa kadaluarsa softlens adalah 6 – 12 bulan. Meskipun ada jangka waktu terlama memakai soft lens, jika mata sudah merasa tidak nyaman, sebaiknya Anda segera melepasnya.

Lepaskan jika akan tidur dan berenang.

Saat berenang akan memungkin softlens Anda terkena air, ini bisa saja membuat sof lens terlepas. Selain itu, air kolam juga mengandung bakteri dan parasit yang berbahaya yang dapat masuk dalam soft lens. Sedangkan pemakaian saat tidur membuat Anda lebih lama memakai soft lens, jadi memungkinkan kuman untuk berkembang yang dapat membahayakan mata.

Membawa peralatan soft lens saat bepergian.

Peralatan yang dimaksut adalah obat tetes mata, cairan dan tempat soft lens, dengan demikian jika Anda merasa tidak nyaman, Anda langsung bisa bertindak.

Hindari tempat berdebu.

Jika Anda berada di tempat yang berdebu akan berbaya , karena debu akan menempel pada soft lens dan membuat mata iritasi. Jika terpaksa harus berada di tempat yang berdebu, bisa meggunakan pelindung berupa kaca mata biasa.

Pencarian Terkait:

responsive