5 Kebiasaan yang Harus Diwaspadai agar Rambut Tidak Rontok

responsive

Mempunyai rambut yang indah, lebat dan tergerai indah merupakan salah satu impian para wanita. Namun, kini sangat banyak sekali masalah-masalah rambut seperti rontok, lepek, bercabang, dll, yang menjadi penghalang bagi keindahan rambut.

Salah satu masalah yang sangat sering dialami oleh para wanita dengan rambutnya adalah rontok. Sebenarnya kerontokan rambut itu sendiri diakibatkan oleh banyak faktor, memang salah satunya adalah faktor genetik, tapi, ternyata tidak hanya faktor genetik yang membuat rambut rentan rontok, ada faktor lain yang dapat meningkatkan intensitas kerontokan, yaitu kebiasaan.

Artikel  Menarik Lainnya :

responsive

Jika anda tidak ingin kerontokan rambut anda menjadi semakin parah lagi, maka tentunya anda harus mengetahui dan menghilangkan kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan tanpa sadar dibawah ini.

Nah, untuk lebih jelasnya, kami merangkai kebiasaan-kebiasaan yang harus dihindari dalam cara mengatasi rambut rontok dibawah ini:

#1. Mandi air panas

Air panas yang diguyurkan ke kepala ternyata mampu menurunkan kadar produksi minyak alami dari rambut dan ini akan membuat pori-pori dan juga kulit kepala menjadi kering. Keringnya pori dan kulit rambut akan berakibat kepada kerusakan akar rambut dan nantinya akan membuatnya rambut menjadi rapuh dan kering.

Jika sudah seperti ini maka rambut akan lebih mudah rontok dan patah. Untuk mengatasi rambut rontok karena air panas, maka, jika anda mandi dengan air panas, hindarilah untuk mengguyur kepala dengan air panas, gunakan air biasa. Inilah cara yang mudah untuk mengatasi rambut rontok.

#2. Mengeringkan rambut yang tidak benar

Menggosok terlalu kencang dengan handuk ketika mengeringkan rambut bisa menjadi sumber kerusakan pada rambut. Kenapa? Ketika rambut dalam keadaan basah, lapisan kutikula pada rambut akan membesar dan kemungkinan rambut untuk rontok atau patah akan semakin besar.

Nah, untuk mengatasi rambut rontok karena kebiasaan ini mudah, cukup hindari menggosoknya dengan handuk, cukup menepuk nepuk rambut dan bungkus menggunakan handuk.

#3. Pola diet yang salah

Diet yang tidak tepat akan mengurangi nutrisi-nutrisi dalam tubuh serta mengambil nutrisi pada rambut. Ini akan membuat rambut kekurangan nutrisi dan akhirnya menjadi semakin tipis.

Nah, untuk itu ketika anda berada pada program diet, lebih baik jika anda tetap menghitung kadar asupan gizi yang dibutuhkan untuk tiap harinya. Kacang-kacangan dan ikan akan membantu untuk menambah kadar protein dalam tubuh dan juga rambut sehingga rambut tetap tebal dan tentunya akan terhindar dari masalah kerontokan.

#4. Mengikat rambut terlalu kencang

Perhatikanlah ketika mengikat rambut, memang ikatan rambut yang kencang akan membuat kuciran rambut tidak mudah lepas. Namun, disisi lain, mengikat rambut terlalu kencang mampu mengakibatkan kesehatan folikel pada rambut terganggu. Tekanan berlebih ini bisa saja membuat luka, namun yang terparah, tekanan berlebih pada folikel bersiko untuk merusak DNA dan ini akan membuat rambut tidak tumbuh lagi. Agar, ini tidak terjadi pada anda, lebih baik anda berhenti mengikat rambut terlalu kencang, dan hindari mengikat rambut ketika tidur dan dalam keadaan basah. Mengikat rambut dalam keadaan basah hanya akan memicu infeksi pada kulit kepala akibat tumbuhnya jamur.

Tekanan berlebih ini bisa saja membuat luka, namun yang terparah, tekanan berlebih pada folikel bersiko untuk merusak DNA dan ini akan membuat rambut tidak tumbuh lagi.

Agar, ini tidak terjadi pada anda, lebih baik anda berhenti mengikat rambut terlalu kencang, dan hindari mengikat rambut ketika tidur dan dalam keadaan basah. Mengikat rambut dalam keadaan basah hanya akan memicu infeksi pada kulit kepala akibat tumbuhnya jamur.

#5. Terlalu sering menggunakan alat penata rambut

jangan terlalu sering menggunakan penata rambutCatokan, pengering rambut, dan hair dryer ternyata tidak baik untuk rambut anda. Panas yang dihasilkan oleh alat-alat tersebut mampu merusak protein dalam rambut dan membuat kutikula rambut tidak terlindungi. Kutikula rambut yang rusak akan mengurangi kelembaban kulit dan rambut dan berakibat pada rusaknya akar sehingga rentan rontok. Jadi, cara yang paling tepat untuk mengatasi rambut rontok karena terlalu sering memakai alat ini adalah dengan mengurangi penggunaan alat-alat diatas dan gunakanlah vitamin rambut untuk melindungi rambut dari suhu panas yang berlebih.

responsive