5 Cara Cepat dan Tepat Memutihkan Kuku

responsive

Kulitwanita.com – Kuku merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang berperan untuk melindungi jari-jari mungil anda dari hantaman benda keras yang akan melukainya. Kuku mempunyai struktur yang kuat dan keras sama hal nya dengan tulang dan gigi.

Dibawah lapisan kuku, terdapat banyak sekali urat syaraf yang peka terhadap sentuhan selain itu juga terdapat pembuluh kapiler yang bertugas untuk mensuplai darah ke seluruh tubuh. Inilah salah satu sebabnya mengapa permukaan kuku tampak merah. Seperti rambut, kuku juga mengalami pertumbuhan, kuku jari tangan mengalami tingkat pertumbuhan sekitar 0,5 hingga 1,5 mm dalam seminggu.

Maka dari itu, kuku yang panjang sering diidentikkan dengan kuku yang kurang perawatan. Dan ini akan menjadi tempat keluar masuknya kuman dan kotoran kedalam tubuh, khususnya ketika kita sedang makan.

responsive

Karena kuku merupakan salah satu bagian tubuh terluar, ada baiknya jika anda juga memberikannya perawatan yang lebih. Beberapa wanita memaksimalkan tampilan kukunya dengan memaksimalkan perawatan pada kukunya, baik hanya sekedar memberikan kuteks ataupun manicure. Dan terkadang ini menghabiskan dana yang cukup banyak, namun hasilnya memang maksimal untuk menunjang sebuah penampilan yang cantik dan menawan.

Baca Juga :

Namun, sayangnya, sering bergonta-ganti cat kuku ternyata berefek terhadap warna asli kuku. Kuku menjadi kuning dan tentunya ini tidak akan cantik dilihat. Kuku yang sehat bisa kita lihat dari warnanya, warna putih segar menandakan bahwa kuku anda dalam keadaan sehat. Jika kuku anda berwarna kuning atau putih pucat, berarti kuku anda dalam keadaan yang tidak sehat dan anda harus segera memberikannya perawatan ekstra. Nah, berikut ini saya berikan beberapa cara memutihkan kuku untuk mengembalikan ke warna putih segar alaminya.

#1.  Lemon dan Garam

Buah kecil berwarna kuning dan mempunyai rasa asam ini ternyata sangat berguna untuk mencerahkan kuku. Lemon dengan kandungan asamnya yang tinggi bermanfaat sebagai pencerah alami kuku. Jika anda ingin mencerahkan kuku dengan lemon, cukup gosoklah secara rutin pada lapisan kuku. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa mengombinasikan lemon dengan garam dan menggosokkannya pada ujung kuku.

#2.  Pasta Gigi

Kuku termasuk bagian terkeras dalam tubuh dan memiliki struktur yang mirip dengan gigi. Nah, karena strukturnya yang mirip gigi, anda bisa menggunakan pasta gigi sebagai cara untuk memutihkan kuku. Caranya sama seperti anda menggunakannya untuk menggosok gigi. Ambillah sikat gigi, berilah pasta gigi dan gosokkan pada kuku anda secara rutin setiap kali mandi. Cara ini cukup efektif untuk membuat kuku terlihat mengkilap, cerah dan semakin putih.

#3.  Air Sabun

Selain kombinasi antara lemon dengan garam, anda juga bisa mengombinasikan lemon dengan semangkuk air sabun. Cukup rendam kuku anda sekitar 4-7 menit dalam air sabun yang sudah anda campur dengan lemon. Efek pertama yang akan terjadi dengan kuku anda adalah rasa sedikit kering. Setelah itu untuk memperlihatkan kuku yang sehat, oleskan lotion pada kuku.

Cara memutihkan kuku selain dengan lemon yaitu dengan mengombinasikan air sabun dan cuka putih. Rendamlah sekitar 8 menit dan warna putih alami kuku secara pelan tapi pasti akan kembali.

#4.  Baking Powder

Salah satu pemutih alami yang cukup terkenal dan ampuh adalah baking powder. Baking powder akan mengembalikan warna alami kuku anda ketika anda mendiamkan larutan ini pada kuku anda sekitar 30-60 menit.

#5.  Hindari Cat Kuku

Selain anda melakukan beberapa cara memutihkan kuku diatas, ada baiknya untuk mengistirahatkan penggunaan cat kuku. Mengistirahatkan penggunaan cat kuku berarti menghindarkan penggunaan aseton yang akan mengikis warna alami pada kuku. (Hanum Mentari)

responsive